21 Sep 2022

Semarak Kolaborasi dalam Festival #IniJakarta

Oleh:Amira Sofa

Editor:Amira Sofa

21 Sep 2022

Festival Ini Jakarta selesai juga, Smartcitizen! Tahun ini, festival diadakan di Kota Tua pada 16-18 September 2022 pukul 15.00-20.00 WIB. Pemilihan Kota Tua sebagai lokasi acara bertujuan untuk mengubah wajah Kota Tua menjadi wadah kreativitas dan kolaborasi bagi anak muda. Nah, buat kamu yang belum tahu, Festival Ini Jakarta merupakan festival tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama relawan +Jakarta dan lebih dari 100 kolaborator. Dalam ajang ini, berbagai komunitas, pegiat seni, lembaga riset, hingga Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) turut berpartisipasi menampilkan karya dan produk terbaik mereka. Kepingin lihat keseruannya? Baca artikel ini, ya.  

Ajak Masyarakat Rasakan Pengalaman di Kota Jakarta

Mengusung tema Raya Rasa Kota Kita, Festival Ini Jakarta 2022 diharapkan dapat mengajak warga untuk merayakan dan merasakan pengalaman yang ada di Jakarta melalui ragam aktivasi acara. 

Hari Pertama

Pada hari pertama, acara dibuka dengan pertunjukan Palang Pintu dan Seni Silat Betawi dari Bale Buku Jakarta pukul 15.00-16.00 WIB di Pelataran Museum Wayang serta Penampilan Tari Betawi di Jalan Lada. Lalu, pukul 16.00-17.00 WIB, barulah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato pembukaan di Museum Sejarah Jakarta. Selepas magrib, sekitar pukul 19.00 WIB, acara dimeriahkan dengan penampilan musisi Adhitia Sofyan di depan Museum Sejarah Jakarta. Penampilan musik yang berakhir pada pukul 20.00 WIB menutup rangkaian acara Festival Ini Jakarta pada hari pertama. 

Hari Kedua

Keesokan harinya, acara semakin semarak dengan berbagai kegiatan dari komunitas di banyak spot yang berbeda-beda. Pada pukul 15.00-16.00, kamu bisa menemukan kegiatan Seminar: Sampahmu, Tanggung Jawabmu dari Jakarta Osoji Club di Museum Sejarah Jakarta, Bincang-bincang Satu Tahun Putusan Citizen Lawsuit tentang Polusi Udara oleh Vital Strategies di Ballroom MULA Kota Tua, #NyanyiBarengLebihSeru oleh Kancatala Ensemble di Jalan Lada, Workshop Fotografi yang diadakan AyomotretJakarta di Auditorium MULA Kota Tua, dan Dongeng Edukasi yang diselenggarakan Bale Buku Jakarta di Pelataran Museum Wayang.

Kemudian, pada 16.00-17.00 WIB, giliran komunitas lain yang melangsungkan agendanya masing-masing. Adapun aktivitasnya yakni Picnic at The Museum yang diselenggarakan Teman Piknikmu di Museum Sejarah Jakarta, Talkshow: Pengelolaan Sampah untuk Kesejahteraan Keluarga di DKI Jakarta di Ballroom MULA Kota Tua, Sweet-Talks: Diabetes Talkshow oleh Sobat Diabet di Jalan Lada, dan Pop-Up Game: Ruang Terbuka Jakarta di pelataran Museum Wayang. 

Sekitar satu jam sebelum kegiatan tersebut berlangsung, pada pukul 15.00-17.00 WIB, berlangsung talkshow Festival Ini Jakarta. Sesi pertama bertemakan Aku +Jakarta yang diadakan di Temu Kota Tua di Jalan Lada. Pada sesi pertama ini, talkshow diisi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Biro Kerja Sama Daerah, dan Plus Jakarta. Sementara, sesi kedua membahas tentang Kota Kolaborasi dan melibatkan Dinas Sumber Daya Air, Potopotokota, serta Sobat Air Jakarta sebagai narasumber. Adapun sesi kedua ini digelar di Temu Raya Irama di Jalan Lada. 

Memasuki pukul 17.00 WIB, pengunjung menikmati penampilan ukulele oleh komunitas Ukuiki di Museum Sejarah Jakarta. Penampilan dilanjutkan dengan Institut Musik Jalanan “Sinyo” pada pukul 18.10 WIB. Penampilan malam itu ditutup dengan penampilan grup musik LalaHuta yang menyemarakkan Kota Tua sedari pukul 19.00 hingga 20.00 WIB. 

Hari Ketiga

Hari ketiga yang menjadi puncak rangkaian Festival Ini Jakarta menjadi hari yang ditunggu-tunggu kemeriahannya. Sejak pukul 15.00 WIB, pengunjung sudah dapat mengikuti kegiatan dari beberapa komunitas, seperti Ceria Bersama Cerita FGL dari Fun Garden of Literacy di Museum Sejarah Jakarta, Dongeng oleh Bale Buku Jakarta di Jalan Lada, Workshop Kriya oleh Ibu Ibukota Awards di Auditorium MULA Kota Tua, hingga Eat Bulaga oleh Marine Buddies di pelataran Museum Wayang. Seluruh kegiatan ini berlangsung selama satu jam, hingga pukul 16.00 WIB. 

Pada pukul 16.00-17.00 WIB, sejumlah komunitas berunjuk gigi dengan beragam aktivitas menarik. Ada Jejak Warna dengan Workshop Menulis Pemula yang digelar di Museum Sejarah Kita, Silang Hub yang mengadakan acara Deaf Talk: Semua Bisa Jadi Influencer di Jalan Lada, Teman Piknikmu dengan Seminar: Sampah Tanggung Jawabmu di Auditorium MULA Kota Tua, dan komunitas Pokemon Go Indonesia yang mengadakan Community Meet Up di pelataran Museum Wayang. 

Pengunjung juga bisa mengikuti Focus Group Discussion (FGD) untuk berdiskusi bersama aneka komunitas terkait implementasi ekosistem kota cerdas. FGD ini diadakan dalam tiga chamber pada pukul 15.00-17.00 WIB. Chamber pertama membahas mengenai Low Emission Zone (LEZ) dengan World Resources Institute (WRI)+ Jakarta sebagai pembicara. Chamber kedua bertema Ruang Ketiga yang diisi oleh Teman Taman Jakarta dan +Jakarta. Sementara chamber ketiga mendiskusikan tentang Literasi bersama Baca Jakarta dan +Jakarta. 

Pada jam yang sama, berlangsung pula talkshow Jelajah Kota Tua yang diadakan UTD berkolaborasi dengan AyoNgobrolinKota. Talkshow di Ballroom MULA Kota Tua ini turut diisi oleh Forum Diskusi Transportasi Jakarta, Jakarta Good Guide, Ayo ke Taman, dan Puan-Puan Bersepeda.. 

Seperti hari sebelumnya, baru pada pukul 17.00 WIB dimulai penampilan komunitas di Museum Sejarah Jakarta. Komunitas yang pertama tampil yakni Bale Buku Jakarta, dilanjutkan Institut Musik Jalanan “The Talk Band” pada pukul 18.00 WIB. Menutup rangkaian acara Festival Ini Jakarta, Reality Club memeriahkan panggung dengan musiknya yang membuat pengunjung ikut bernyanyi bersama. 

BoothUMKM dan Instalasi Seni 

Selama Festival Ini Jakarta berlangsung, ada pula keterlibatan dalam bentuk selain penampilan dan kegiatan komunitas. Sebut saja booth UMKM yang mempromosikan dan menjual produknya. Mereka menjual dari pakaian hingga makanan dan minuman. Selain itu, beberapa spot di Kota Tua juga memajang instalasi para pegiat seni yang menunjukkan kreativitas tanpa batas anak-anak muda Jakarta. 


 

Jakarta Smart City Ramaikan Festival Ini Jakarta

Sebagai wadah berbagai inovasi kota cerdas di Ibu Kota, Jakarta Smart City turut meramaikan Festival Ini Jakarta. Pengunjung mendatangi booth JSC di depan Kantor Pos Indonesia. Di sana pengunjung dapat bertanya langsung kepada tim JSC, sehingga tahu lebih banyak tentang Jakarta Smart City dan ekosistem kota cerdas, ikut main games, serta mendapatkan merchandise eksklusif. 

Gimana, seru kan Festival Ini Jakarta 2022? Buat kamu yang sudah menyempatkan diri datang, terima kasih, ya! Kalau belum sempat datang, tapi ingin tahu lebih lanjut gambaran acaranya, bisa cek  postinganmedia sosial Jakarta Smart City. Sampai jumpa di acara Jakarta berikutnya!

Artikel Smart Branding Lainnya

Festival Ini Jakarta 2022 diselenggarakan pada 16-18 September 2022 di Kota Tua. Kamu sempat datang gak? Baca artikel ini buat tahu keseruannya, ya.

Jakarta International Stadium telah diresmikan! Intip kemeriahan acara grand launching-nya di sini!

Jakarta Fair resmi ditutup 17 Juli 2022. Ada banyak kegiatan serta aneka booth. Gak sempat berkunjung? Jangan khawatir, baca rangkuman di sini.

Bingung ke mana di Jakarta Fair? Wajib banget nih kamu ke anjungan Pemprov DKI Jakarta. Ada apa aja, ya? Baca di sini!

Bertajuk Jakarta Hajatan, sederet rangkaian acara menarik untuk merayakan HUT Jakarta akan berlangsung. Intip daftarnya di sini!

Mal Sarinah telah dibuka kembali. Ia hadir dengan konsep community mall yang menjual 100% produk lokal. Yuk, telusuri Sarinah lewat artikel ini!