Di Jakarta Aja: Rekomendasi Tempat Hits untuk Akhir Pekan

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

13 Apr 2022

Memulai tahun baru pada bulan yang baru, kamu mungkin masih merasakan suasana liburan yang tersisa. Sebelum benar-benar berkutat dengan rutinitas, kita butuh asupan energi baru. Salah satunya jalan-jalan ke tempat yang hits. Berhubung situasi masih pandemi, kali ini kita akan jalan-jalan di sekitar Jakarta saja. Kata siapa liburan harus naik pesawat atau pelesiran ke Bali? Jakarta menyimpan banyak ruang untuk dieksplor, kok!

Museum Date di Jakarta

Jakarta punya banyak museum dan sebagian sudah dibuka lagi untuk publik. Nah, kalau sebelumnya kamu tidak bisa ke museum karena masih ditutup, sekarang jadi saat yang tepat, nih, untuk berkunjung!

Museum MACAN

Sumber: Instagram @museummacan)


Museum MACAN (Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara) berada di Gedung AKR Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Supaya bisa sampai ke sini, kamu bisa naik Transjakarta dan turun di Halte Kebon Jeruk. Museum MACAN sering mengadakan pameran dengan tema yang beragam, jadi akan selalu ada suasana dan hal-hal baru yang dapat kamu lihat. Karya yang ditampilkan di sini merupakan karya seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan berbagai belahan dunia. Sebelum datang, kamu harus reservasi tiket terlebih dahulu melalui situs Museum MACAN atau mitra tiket Museum MACAN.

Galeri Nasional

Sumber: Instagram @galerinasional


Galeri Nasional menjadi rumah untuk ribuan koleksi karya seniman Indonesia seperti Raden Saleh, Affandi, dan Basuki Abdullah. Museum ini juga menyimpan karya seniman dari India, Vietnam, Myanmar, dan lain-lain. Galeri Nasional buka pada Senin-Jumat pukul 08.00-15.30. Nantikan pameran, pertunjukan seni, pemutaran film, dan agenda spesial lain yang diadakan Galeri Nasional supaya kunjunganmu makin seru!

Wisata Masa Lalu di Cikini dan Menteng 

Sumber: Dokumentasi Jakarta Smart City


Cikini bersolek. Jalan-jalan di daerah Cikini sekarang semakin nyaman. Selain dilalui rute Transjakarta, trotoar di wilayah ini baru selesai direvitalisasi dan diperlebar. Di Cikini, banyak bangunan-bangunan bersejarah sarat cerita yang asyik untuk dikunjungi. 

Gedung Joang 45

Pada masa lalu, gedung di Jalan Menteng Raya 31 ini berwujud hotel mewah bernama Hotel Schomper yang jejak-jejak kemewahannya masih bisa kita kenali melalui arsitektur dan lantai marmer yang menyelimutinya. Sekarang, cagar budaya ini menjadi tempat dokumentasi perjalanan kemerdekaan Indonesia. Deretan diorama-diorama, lukisan peristiwa proklamasi, tiga kendaraan kepresidenan yang digunakan Presiden dan Wakil Presiden pertama tersimpan di sini. Ada Bioskop Joang 45 yang menayangkan film dokumenter, kalau kamu lebih suka menyaksikan informasi audio-visual.

Bakoel Koffie

Sumber: Instagram @bakoel_koffie


Banyak kafe berjejer di Cikini, salah satunya Bakoel Koffie. Sudah ada sejak 1878, kafe ini terasa menenangkan karena atmosfernya yang teduh dan klasik. Area kafe terbagi dua: smoking room di lantai bawah dan non-smoking room di lantai atas. Lelah berkeliling Cikini, cocok sekali bila ditutup dengan secangkir besar kopi di sini. Ada latte, cappuccino, atau avocado frost, untuk dicoba. Kalau kamu bukan penggemar kopi, tenang, masih ada menu lain, kok!

Wisata Kuliner Naik Transportasi Umum

Rugi banget rasanya berada di Jakarta, tapi enggak naik transportasi umumnya. Selain murah, akses menuju transportasi umum juga semakin banyak. Jadi kian banyak pula lokasi yang bisa didatangi dengan transportasi umum, salah satunya tempat kuliner.

Pos Bloc

Sumber: Instagram @posblocjkt


Resmi dibuka pada Oktober 2021 lalu, tempat ini ramai diperbincangkan warganet karena tampilannya yang estetik. Sebelumnya, Pos Bloc adalah Gedung Filateli Jakarta yang kemudian dialihfungsikan menjadi ruang kreatif publik. Di area seluas 7.000 m2 ini hadirlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) dalam negeri di bidang kuliner, musik, film, fashion, hingga kriya. Kuliner Pos Bloc cocok untuk makan-makan cantik ditemani areaoutdoor yang asri. Berada di kawasan Pasar Baru, Pos Bloc bisa dicapai dengan bus Transjakarta yang  berhenti di Halte Pasar Baru.

Thamrin 10 Food & Creative Park

Terletak di pusat kota dengan posisi yang strategis, Thamrin 10 jadi favorit untuk dikunjungi. Di Thamrin 10, kamu bisa menikmati makanan lokal mulai dari cemilan hingga makanan berat buatan UMKM dengan harga yang bersahabat. Area yang terawat serta bangku dan meja yang tersusun rapi, membuat banyak orang menilai tempat ini nyaman untuk nongkrong bersama teman dan keluarga. Pada malam hari, tempat ini dihiasi lampu-lampu cantik yang membuat suasana sekitarnya terasa lebih hidup, cocok buat mengisi insta story kamu. Thamrin 10 buka mulai pukul 15.00 hingga 21.00. Untuk mencapai Thamrin 10, kamu bisa naik Transjakarta dan turun di halte Bank Indonesia. Oh iya, di sini tidak menerima pembayaran tunai, jadi siapkan dompet digitalmu, ya.

Keliling Jakarta Ditemani JakPeta

Ada fitur baru di JAKI untuk menemanimu menjejaki Jakarta, namanya JakPeta. JakPeta berisi informasi titik-titik fasilitas umum (taman, RPTRA/Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, sarana olahraga), transportasi (halte bus, halte Transjakarta, stasiun MRT, dan stasiun LRT), serta fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, klinik, dan laboratorium kesehatan). Kalau kamu berada di daerah yang masih asing, kamu bisa banget menggunakan JakPeta untuk menemukan lokasi-lokasi penting tadi. Untuk mengakses JakPeta, ikuti langkah ini:

  1. Buka JAKI, pilih ‘Lainnya’, kemudian klik ‘JakPeta’.
  2. Setelah JakPeta terbuka, klik ‘Kategori’.
  3. Pilih jenis lokasi yang ingin kamu temukan (misalnya halte Transjakarta), lalu klik ‘Lihat peta’. Kamu akan melihat sebaran halte Transjakarta.
  4. Klik pada pin untuk melihat informasi halte seperti nama halte dan titik koordinat.


Itulah rekomendasi tempat-tempat hits di Jakarta untuk refreshing pada awal tahun baru ini. Tetap terapkan protokol kesehatan dan jangan lupa check-in dan check-out saat memasuki ruang publik ya, Smartcitizen!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Environment Lainnya

Bertransformasi menjadi kota global, Jakarta perlu terus menjaga lingkungannya. Inilah hal-hal yang dilakukan supaya emisi karbon berkurang.

Musim hujan di Jakarta bikin lingkungan rentan terhadap banjir. Inilah yang dilakukan Pemprov DKI supaya warganya tetap aman.

Curah hujan yang tinggi berpotensi mengakibatkan banjir. Memasuki musim hujan, ini cara mencegah banjir yang perlu kamu tahu.

Tata kelola suatu smart city berjalan berkat salah satu pilarnya, Smart Environment. Dari sini, lahir pula inovasi-inovasi yang membantu warga.

Ada alasan ilmiah di balik cuaca panas saat ini. Simak penyebab dan cara menghadapinya, yuk!

Bakar sampah bisa menjadi tindakan ilegal dan kamu bisa melaporkannya. Namun, bagaimana caranya ya? Bahas di sini, yuk!