09 Okt 2023

Bedah Data Laporan Juli-September 2023 dari CRM

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

09 Okt 2023

Jakarta dengan kompleksitas permasalahannya kerap menghadapi berbagai tantangan. Ada hal-hal yang membuat tidak nyaman dan karena itu harus diatasi. Maka, CRM atau Cepat Respon Masyarakat hadir untuk memudahkan tindak lanjut masalah-masalah. CRM mengintegrasikan 13 kanal pengaduan untuk melaporkan masalah di Jakarta yang dapat diselesaikan secara efisien.

Bedah Data Laporan Juli-September 2023 dari CRM

Pada Juli–September 2023, ada segala macam laporan yang diterima oleh CRM dari warga Jakarta. Di bawah ini adalah data lengkap laporan yang ditindaklanjuti oleh CRM.

Jumlah Laporan Warga Juli–September 2023

Data Juli–September 2023 CRM

Data Juli–September 2023 CRM. Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan

Semua laporan yang diajukan oleh masyarakat akan melewati proses konfirmasi, sebelum kemudian disampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertugas untuk menindaklanjuti laporan. Lalu, Biro Pemerintahan melakukan verifikasi, setelah tindak lanjutnya ditangani dengan baik. Berikut ini adalah jumlah data yang diterima oleh sistem CRM pada Juli–September 2023:

  • Laporan:

Juli: 15.123

Agustus: 15.644

September: 13.999

Jumlah laporan: 44.766

  • Pelapor:

Juli 2023: 5.067

Agustus: 5.273

September: 5.251

Jumlah pelapor: 12.429

Dapat disimpulkan bahwa terdapat 44.766 laporan yang diterima dari 12.429 pelapor di Jakarta. Sedangkan sepanjang periode tiga bulan terakhir, Agustus menjadi bulan dengan jumlah laporan dan pelapor terbanyak.

CRM akan konsisten menindaklanjuti permasalahan yang dilaporkan oleh warga. OPD yang bertugas pun segera melayani untuk menyelesaikan masalah yang dilaporkan masyarakat. Inilah data mengenai penyelesaian laporan pada Juli–September 2023:

  • Laporan selesai: 14.823 atau 98%
  • Rata-rata waktu penyelesaian: 95 jam atau empat hari
Data laporan Juli–September 2023 yang selesai

Data laporan Juli–September 2023 yang selesai. Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan

Warga dapat melaporkan permasalahan sesuai dengan beragam kategori. Saat ini, Jalan menjadi fokus perhatian untuk ditindaklanjuti. Dalam kategori Jalan, warga umumnya melapor tentang trotoar berlubang, kendaraan terparkir secara ilegal yang mengganggu jalan umum, hingga ketidaknyamanan akibat lampu jalan padam. Lubang di jalan atau trotoar bisa terjadi karena faktor usia atau hujan. Maka, pemerintah akan selalu bersedia untuk menanganinya. Selain itu, untuk pelanggaran yang dilakukan oleh warga lain akan ditindaklanjuti dengan tegas. Berikut ini adalah lima kategori laporan terpopuler pada Juli–September 2023:

  1. Jalan: 4.809 laporan
  2. Parkir Liar: 4.652 laporan
  3. Pohon: 3617 laporan
  4. Sampah: 3.318 laporan
  5. Keluhan Fasilitas Gedung Pemda (sekolah, kantor): 3.008 laporan
Data kategori laporan Juli–September 2023. Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan

Data kategori laporan Juli–September 2023. Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan

13 Kanal Pengaduan Resmi CRM

Melapor masalah yang ditemukan adalah salah satu cara untuk membuat Jakarta menjadi lebih baik. Kamu ingin berkontribusi? Gampang! Berikut ini adalah 13 kanal pengaduan resmi dalam CRM yang bisa kamu gunakan:

  1. JAKI
  2. Twitter @DKIJakarta
  3. Facebook Pemprov DKI Jakarta
  4. E-mail dki@jakarta.go.id
  5. Media sosial pribadi Gubernur atau Wakil Gubernur
  6. SMS/WhatsApp 08111272206
  7. Gedung Balai Kota
  8. Kantor Inspektorat
  9. Kantor Walikota
  10. Kantor Kecamatan
  11. Kantor Kelurahan
  12. Aspirasi Publik Melalui Media Massa
  13. LAPOR! 1708

Baca juga:

Yuk, ikut buat Jakarta menjadi kota yang lebih nyaman! Jangan lupa ikuti media sosial @cepatresponjkt dan @jsclab untuk informasi lanjut tentang pelaporan masalah di Jakarta.

Penulis dan Editor

Artikel CRM Lainnya

Jika menemukan masalah di Jakarta, kamu bisa melaporkannya secara tatap muka atau digital. Silakan pilih kanal yang paling cocok. Cek di sini, ya!

Selama enam bulan pertama 2024, 13 kanal aduan Jakarta menerima lebih dari 95.000 laporan. Baca selengkapnya di sini.

CRM (Cepat Respon Masyarakat) Jakarta terus menindaklanjuti permasalahan yang dilaporkan. Inilah perjalanannya selama 2023.

Cepat Respon Masyarakat mengintegrasikan 13 kanal aduan Pemprov DKI. Mau dengar apa kata pelapor soal CRM? Baca di sini.

Selama tiga bulan terakhir, CRM menerima berbagai permasalahan publik dari pelapor-pelapor di Jakarta. Ayo, cek di sini!

Pakai Twitter atau Facebook untuk melapor, CRM atau Cepat Respon Masyarakat mengintegrasikan saluran yang sesuai untuk kamu. Ayo, cek di sini!