Bedah Data Laporan Juli-September 2023 dari CRM
Jakarta dengan kompleksitas permasalahannya kerap menghadapi berbagai tantangan. Ada hal-hal yang membuat tidak nyaman dan karena itu harus diatasi. Maka, CRM atau Cepat Respon Masyarakat hadir untuk memudahkan tindak lanjut masalah-masalah. CRM mengintegrasikan 13 kanal pengaduan untuk melaporkan masalah di Jakarta yang dapat diselesaikan secara efisien.
Pada Juli–September 2023, ada segala macam laporan yang diterima oleh CRM dari warga Jakarta. Di bawah ini adalah data lengkap laporan yang ditindaklanjuti oleh CRM.
Jumlah Laporan Warga Juli–September 2023
Data Juli–September 2023 CRM. Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan
Semua laporan yang diajukan oleh masyarakat akan melewati proses konfirmasi, sebelum kemudian disampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertugas untuk menindaklanjuti laporan. Lalu, Biro Pemerintahan melakukan verifikasi, setelah tindak lanjutnya ditangani dengan baik. Berikut ini adalah jumlah data yang diterima oleh sistem CRM pada Juli–September 2023:
- Laporan:
Juli: 15.123
Agustus: 15.644
September: 13.999
Jumlah laporan: 44.766
- Pelapor:
Juli 2023: 5.067
Agustus: 5.273
September: 5.251
Jumlah pelapor: 12.429
Dapat disimpulkan bahwa terdapat 44.766 laporan yang diterima dari 12.429 pelapor di Jakarta. Sedangkan sepanjang periode tiga bulan terakhir, Agustus menjadi bulan dengan jumlah laporan dan pelapor terbanyak.
CRM akan konsisten menindaklanjuti permasalahan yang dilaporkan oleh warga. OPD yang bertugas pun segera melayani untuk menyelesaikan masalah yang dilaporkan masyarakat. Inilah data mengenai penyelesaian laporan pada Juli–September 2023:
- Laporan selesai: 14.823 atau 98%
- Rata-rata waktu penyelesaian: 95 jam atau empat hari
Data laporan Juli–September 2023 yang selesai. Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan
Warga dapat melaporkan permasalahan sesuai dengan beragam kategori. Saat ini, Jalan menjadi fokus perhatian untuk ditindaklanjuti. Dalam kategori Jalan, warga umumnya melapor tentang trotoar berlubang, kendaraan terparkir secara ilegal yang mengganggu jalan umum, hingga ketidaknyamanan akibat lampu jalan padam. Lubang di jalan atau trotoar bisa terjadi karena faktor usia atau hujan. Maka, pemerintah akan selalu bersedia untuk menanganinya. Selain itu, untuk pelanggaran yang dilakukan oleh warga lain akan ditindaklanjuti dengan tegas. Berikut ini adalah lima kategori laporan terpopuler pada Juli–September 2023:
- Jalan: 4.809 laporan
- Parkir Liar: 4.652 laporan
- Pohon: 3617 laporan
- Sampah: 3.318 laporan
- Keluhan Fasilitas Gedung Pemda (sekolah, kantor): 3.008 laporan
Data kategori laporan Juli–September 2023. Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan
13 Kanal Pengaduan Resmi CRM
Melapor masalah yang ditemukan adalah salah satu cara untuk membuat Jakarta menjadi lebih baik. Kamu ingin berkontribusi? Gampang! Berikut ini adalah 13 kanal pengaduan resmi dalam CRM yang bisa kamu gunakan:
- JAKI
- Twitter @DKIJakarta
- Facebook Pemprov DKI Jakarta
- E-mail dki@jakarta.go.id
- Media sosial pribadi Gubernur atau Wakil Gubernur
- SMS/WhatsApp 08111272206
- Gedung Balai Kota
- Kantor Inspektorat
- Kantor Walikota
- Kantor Kecamatan
- Kantor Kelurahan
- Aspirasi Publik Melalui Media Massa
- LAPOR! 1708
Baca juga:
Yuk, ikut buat Jakarta menjadi kota yang lebih nyaman! Jangan lupa ikuti media sosial @cepatresponjkt dan @jsclab untuk informasi lanjut tentang pelaporan masalah di Jakarta.