16 Nov 2022

Daftar Vaksinasi di JAKI Sudah Bisa Kembali!

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

16 Nov 2022

Dalam mendukung pencegahan dan penurunan kasus pandemi Covid-19 di Indonesia, Pemprov DKI Jakarta menggelar vaksinasi booster secara bertahap sejak Januari 2022, yang tertuang dalam Surat Edaran HK.02.02 Tahun 2022. Hal ini juga senada dengan program pemerintah pusat yang menjadikan vaksin booster sebagai salah satu syarat wajib melakukan perjalanan jauh. Kondisi ini sempat membuat stok vaksin menipis, bahkan habis pada akhir Oktober 2022 lalu. Kini stok vaksin sudah kembali tersedia, sehingga Smartcitizen bisa langsung cek jadwal atau kuota sekaligus daftar online. Bingung cara cek dan daftarnya? Yuk, simak penjelasannya!

Cek Kuota dan Jadwal Vaksinasi

Vaksin booster dapat diberikan tiga bulan setelah vaksinasi dosis kedua. Jadi, sebelum melihat jadwal vaksinasi booster-mu, pastikan kamu sudah melewati tiga bulan sejak vaksinasi dosis kedua. Untuk mengecek kuota dan jadwal vaksinasi booster bisa melalui dua cara, yaitu lewat aplikasi JAKI atau situs Jakarta Tanggap Covid-19. Berikut ini caranya.

Aplikasi JAKI

  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Klik banner “Pendaftaran Vaksinasi Covid-19”;
  3. Masukkan NIK, nama Lengkap sesuai KTP, dan klik “Periksa”;
  4. Jika kamu sudah boleh mendapatkan dosis booster, maka akan muncul tampilan “Anda Siap Divaksinasi”;
  5. Silakan klik “Daftar Ulang Vaksinasi Ketiga” untuk melihat jadwal dan lokasi vaksinasi yang Smartcitizen inginkan.

Website Jakarta Tanggap Covid-19

  1. Buka websitecorona.jakarta.go.id;
  2. Di bagian header, pilih menu “Vaksinasi” dan klik dropdown “Kuota Vaksinasi JAKI”;
  3. Kamu akan tiba di “Dashboard Monitoring Faskes Penjadwalan Vaksinasi Melalui JAKI”
  4. Dalam dashboard ini, scroll ke bawah, lalu kamu bisa melihat berbagai informasi mengenai dosis vaksin, kuota vaksin per wilayah atau lokasi, hingga statistik pendaftar lewat JAKI.
Dosis Vaksinasi

Namun, jika kamu belum boleh mendapatkan vaksin booster, maka tampilannya akan seperti ini:

Dosis Vaksinasi

Bila sudah mendapatkan jadwal dan kuotanya, Smartcitizen bisa langsung daftar juga lho.

Cara Daftar Vaksinasi lewat JAKI

Seperti dijelaskan sebelumnya, selain mengecek jadwal dan kuota vaksinasi, kamu juga bisa mendaftar langsung melalui aplikasi JAKI atau website corona.jakarta.go.id. Jadi, kamu enggak perlu repot keluar rumah untuk antre. Tapi, Smartcitizen bisa langsung sat-set daftar untuk divaksin. Cara daftarnya cukup mudah kok, seperti proses pendaftaran melalui aplikasi JAKI seperti yang dijelaskan di atas hingga selesai.

Dosis Vaksinasi

Daftar Vaksinasi Lewat Website Jakarta Tanggap Covid-19

Selain melalui aplikasi, daftar vaksinasi juga bisa melalui website corona milik Pemprov DKI Jakarta. Caranya juga relatif mudah, yaitu: 
1. Buka websitecorona.jakarta.go.id;

  1. Di bagian header pilih menu “Vaksinasi”, lalu klik dropdown “Daftar Vaksinasi”;

  1. Kamu akan melihat informasi tentang vaksin booster, mulai dari syarat sampai jenis dosisnya, kemudianscroll ke bawah di bagian “Tata Cara Mendaftar Vaksinasi COVID-19”;

  1. Klik “Daftar Vaksinasi Covid-19”, lalu isi NIK dan Nama sesuai KTP, kemudian lengkapi prosesnya hingga selesai.

Setelah mendaftar melalui aplikasi JAKI atau website corona.jakarta.go.id, kamu jangan lupa ya untuk mengunduh dan mencetak kartu vaksinasi maupun kartu kendalinya, untuk ditunjukkan kepada petugas di lokasi vaksinasi.

Nah, Smartcitizen sudah vaksinasi booster belum? Kuota vaksin telah terisi kembali nih, yuk buruan daftar vaksinasi booster untuk menjaga diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Jangan lupa juga download JAKI, supaya kamu enggak kehabisan kuota dan bisa mendaftar vaksinasi sesuai lokasi yang dinginkan. Kami tunggu kamu di lokasi vaksinasi ya!

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!