14 Feb 2023

Daftar Vaksin Booster Sekarang Bisa Lewat JAKI!

Oleh:Teresa Simorangkir, Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Aditya Gagat Hanggara

14 Feb 2023

Setelah pemerintah resmi menyetujui pemberian vaksin booster untuk masyarakat, kini warga Jakarta akhirnya bisa mendaftar vaksinasi booster melalui JAKI. Sasaran vaksin booster adalah masyarakat berusia 18 tahun ke atas, dengan memprioritaskan masyarakat lanjut usia danpenderita masalah kekebalan tubuh(immunocompromised). Vaksin booster sudah tersedia mulai dari yang pertama hingga kedua sehingga makin melengkapi perlindungan kamu terhadap Covid-19. Yuk, simak penjelasan selanjutnya!

Daftar Vaksin Booster di JAKI

Mengapa Harus Vaksin Booster?

Vaksin booster merupakan vaksin tambahan yang diberikan setelah seseorang mendapatkan vaksin primer lengkap (dosis pertama dan dosis kedua).Vaksin booster diberikan untuk mempertahankan tingkat kekebalan tubuh kita, sebab kekebalan vaksin primer secara alami berkurang seiring perjalanan waktu. Sebagaimana vaksinasi primer, vaksinasi booster berpotensi menimbulkan efek samping seperti nyeri dan bengkak di daerah suntikan, demam, meriang, dan sakit kepala. Hal ini merupakan respons alami tubuh yang menandakan vaksin sedang bekerja, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Di Indonesia, jenis vaksin booster yang digunakan adalah Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Moderna, Janssen (J&J), dan Sinopharm.

Jenis Vaksin

Cara Mengecek Jadwal Vaksin Booster di JAKI

Hingga 4 Juli 2022, 4.091.936 warga Jakarta sudah mendapat vaksin booster. Seseorang boleh diberi vaksin booster tiga bulan setelah vaksinasi dosis kedua. Jadi, sebelum melewati tiga bulan, kamu tidak akan bisa melihat jadwal vaksin booster-mu. Vaksin booster kedua pun dapat diperoleh setelah melewati enam bulan dari vaksin booster pertama. Untuk mengecek jadwal vaksin booster di JAKI, ikuti langkah ini:

  1. buka aplikasi JAKI dan klik banner ‘Pendaftaran Vaksinasi Covid-19’;
  2. masukkan NIK, nama lengkap sesuai KTP, dan klik ‘Periksa’;
  3. baca syarat dan ketentuan, lalu klik ‘Ya, saya mengerti’;
  4. bila kamu sudah boleh mendapatkan dosis booster, maka akan terlihat keterangan ‘Siap divaksinasi dosis 4’. Silakan klik ‘Daftar Ulang Vaksinasi Dosis 4’ untuk memilih jadwal dan lokasi vaksinasi yang Smartcitizen inginkan.

Namun, jika kamu belum boleh mengikuti vaksin booster, tampilan yang muncul adalah seperti berikut:

Tampilan JAKI saat belum daftar

Bisa Pilih Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster

Serupa dengan pendaftaran vaksinasi sebelumnya, Smartcitizenbisa pilih tanggal dan lokasi vaksin booster lewat aplikasiJAKI. Jadi, kamu tidak perlu keluar rumah dan antre. Untuk memilih jadwal dan lokasi vaksinasi, Smartcitizen bisa melanjutkan proses pendaftaran seperti yang dijelaskan di atas hingga selesai. Jangan lupa unduh dan cetak Kartu Vaksinasi dan Kendali untuk ditunjukkan kepada petugas di lokasi vaksinasi.

Tampilan JAKI saat sudah dapat tiket

Tampilan aplikasi JAKI saat kamu sudah berhasil daftar vaksin booster

Lalu, apa saja syarat untuk menerima vaksin booster? Ini penjelasannya berdasarkanSurat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/II/1180/2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Masyarakat Umum:

  1. menunjukkan NIK dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga;
  2. berusia 18 tahun ke atas;
  3. sudah mendapatkan vaksin primer lengkap minimal 3 bulan sebelumnya.

Sedangkan untuk vaksin booster kedua, berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum terdapat beberapa penyesuaian sebagai berikut.

  1. Untuk penyintas Covid-19, baru bisa diberikan setelah menjalani perawatan selama tiga bulan atau setelah satu bulan mengalami gejala ringan.
  2. Ibu hamil boleh ikut vaksin setelah usia kehamilan diatas tiga minggu.
  3. Warga Negara Asing bisa mengikuti vaksin dengan syarat mengajukan permohonan melalui web Pedulilindungi serta menunjukkan Paspor dan Izin Tinggal (Sementara/Permanen).
  4. Sudah mendapatkan vaksin booster dosis pertama minimal 6 bulan sebelumnya.

Pantau Informasi Covid-19 Terkini Lewat JakWarta

Selain vaksinasi booster kedua, vaksinasi booster pertama juga masih terus bergulir di Jakarta, Smartcitizen. Seluruh informasi resmi dari Pemprov DKI Jakarta terkait Covid-19 bisa kamu dapatkan lewat fitur JakWarta di aplikasi JAKI. Mulai dari jadwal vaksinasi hingga data harian Covid-19, semuanya akan dikirim melalui notifikasi smartphone kamu! Jadi, jangan lupa untuk pantau JakWarta, supaya kamu enggak ketinggalan informasi seputar Jakarta ya, Smartcitizen!

Baca juga:Sebelum Vaksin Booster, Cobain Fitur-fitur JAKI Ini, Yuk!

Inilah informasi tentang pendaftaran vaksinasi booster melalui JAKI. Yuk, Smartcitizen, sebarkan informasi ini kepada keluarga dan teman-temanmu yang membutuhkan! Jangan lupa ajak mereka mendaftar lewat JAKI untuk proses pendaftaran vaksinasi yang ringkas dan instan. Kalau belum punya aplikasinya, JAKI bisa diunduh secara gratis lewatGoogle Play Store atauApple App Store. Stay safe dan tetap 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama), Smartcitizen!

 

 

Penulis dan Editor

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.