05 Feb 2024

Daftar Lengkap Rute Transjakarta untuk 2024

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

05 Feb 2024

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menyesuaikan rute bus baru. Smartcitizen sudah tahu, kan? Kalau belum tahu, bisa cek informasinya di blog  Jakarta Smart City, ya.

Bus Transjakarta. Sumber: Jakarta Smart City

Bus Transjakarta. Sumber: Jakarta Smart City

 

Sejauh ini, bus Transjakarta memiliki 14 koridor. Koridor-koridor inilah yang beroperasi untuk melayani seluruh halte bus. Nah, di bawah ini ada daftar 14 koridor beserta nama-nama terbaru halte Transjakarta. Supaya kamu enggak kesasar, yuk, kita simak!

Baca juga

Koridor 1 dan 2

Rute koridor 1 Transjakarta melayani dari Halte Kali Besar hingga Halte Blok M. Koridor ini pun melewati Halte Bendungan Hilir. Namun, sampai saat ini, halte tersebut masih direvitalisasi. Jadi, sebagai alternatifnya, kamu bisa menaiki Halte Polda Metro Jaya atau Halte Karet Sudirman. Jika kamu sedang bepergian dan mau melanjutkan perjalanan dengan LRT Dukuh Atas, silakan turun di Halte Dukuh Atas, ya. Kalau kamu mau ke Monas, pilih juga rute koridor ini dan turun di Halte Monumen Nasional. Ada rencana jalan-jalan ke Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah) dan museum-museum di sekitarnya? Nah, kamu bisa naik Transjakarta saja, lalu turun di Halte Museum Sejarah Jakarta, deh!

Monas. Sumber: Jakarta Smart CityMuseum Sejarah Jakarta/Museum Fatahillah. Sumber: Jakarta Smart City

Monas (kiri) dan Museum Sejarah Jakarta/Museum Fatahillah (kanan). Sumber: Jakarta Smart City

 

Kalau naik koridor 2, kamu bisa singgah di Pasar Senen dengan turun di Halte Pasar Senen. Di sana, ada Pasar Kue Subuh Senen yang menjual beragam jajanan enak. Udah pernah nyobain, belum? Cek gambar di bawah ini untuk melihat rute koridor 1 dan 2 yang dilayani Transjakarta, ya.

Rute koridor 1 dan koridor 2 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

Rute koridor 1 dan koridor 2 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

 

Koridor 3 dan 4

Dari Halte Kalideres, koridor 2 Transjakarta membawa penumpangnya ke Halte Monumen Nasional melalui Veteran. Koridor ini juga melewati Halte Damai yang masih direvitalisasi

Lagi butuh belanja barang-barang elektronik? Kamu bisa turun di Halte Roxy yang termasuk koridor 2, lalu mampir di ITC Roxy Mas, deh. 

Rute koridor 4 Transjakarta mencakup Halte Pulo Gadung sampai Halte Galunggung. Untuk saat ini, Halte Halimun yang termasuk di koridor ini sedang direvitalisasi. Buat yang ngampus di UNJ (Universitas Negeri Jakarta), kamu pastinya bisa berangkat naik bus Transjakarta juga. Jangan lupa turun di Halte Rawamangun biar enggak telat isi daftar hadir, ya! Inilah gambar daftar rute koridor 3 dan 4.

Rute koridor 3 dan koridor 4 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

Rute koridor 3 dan koridor 4 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

 

Koridor 5 dan 6

Kalau kamu perlu rekreasi di Taman Lapangan Banteng, berarti kamu harus naik rute koridor ini. Silakan naik Transjakarta, kemudian turun di Halte Lapangan Banteng yang ada di koridor 5. Tempatnya nyaman buat piknik, lo!

Taman Lapangan Banteng. Sumber: Jakarta Smart City


Ada beberapa halte Transjakarta yang terintegrasi dengan stasiun LRT. Di koridor 6, contohnya adalah Halte Rasuna Said dengan Stasiun LRT Rasuna Said. Letaknya persis di bawah stasiun itu, lo. Jadi, kamu bisa gampang melanjutkan perjalanan dengan naik LRT. Yuk, lihat daftar lengkap rute koridor 5 dan 6 Transjakarta di bawah ini.

Rute koridor 5 dan koridor 6 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

Rute koridor 5 dan koridor 6 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

 

Koridor 7 dan 8

Halte Cawang sudah terintegrasi dengan Stasiun LRT Cawang yang beratap oranye. Jadi, kalau mau melanjutkan perjalanan dengan LRT, kamu butuh turun di Halte Cawang yang ada di koridor 7. 

Mau nge-mall? Nah, warga koridor 8 bisa nih, turun di Halte Pondok Indah. Lokasinya sudah terintegrasi dengan Pondok Indah Mall, lo! Oh ya, kalau Halte Juanda menjadi tujuan kamu, kamu pun bisa langsung melanjutkan perjalanan dengan Stasiun Juanda. Keduanya sudah terintegrasi! Oh ya, ada yang harus diperhatikan, nih. Untuk Halte Grogol Reformasidan Halte Damai, keduanya sedang direvitalisasi. Di bawah ini adalah rute koridor 7 dan 8.

Rute koridor 7 dan koridor 8 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

Rute koridor 7 dan koridor 8 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

 

Koridor 9 dan 10

Kamu masih butuh tempat rekreasi lainnya yang asri? Berarti, kamu perlu telusuri rute koridor 9 supaya bisa ke Tebet Eco Park, lalu turun di Halte Tebet Eco Park. Untuk cara berkunjung, cek di sini, ya! Selain itu, ada beberapa halte di koridor ini yang sedang direvitalisasi, yaitu Halte Semanggi, Halte Denpasar, dan Halte Pancoran.

Tebet Eco Park. Sumber: Jakarta Smart City

 

Koridor 10 melayani bus Transjakarta yang menuju Halte PGC. Halte ini pun terintegrasi dengan Mal PGC itu sendiri. Jadi, kalau lagi mood belanja di sana, kamu bisa naik koridor ini. Supaya lebih jelas, di bawah ini adalah rute koridor 9 dan 10.

Rute koridor 9 dan koridor 10 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

Rute koridor 9 dan koridor 10 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

 

Koridor 11 dan 12

Selain halte-halte di koridor sebelumnya, Halte Jatinegara di koridor 11 pun mengintegrasikan dirinya dengan moda transportasi lain. Terbentang luas, kamu bisa langsung ke Stasiun Jatinegara dari halte ini.

Di rute koridor 12 Transjakarta, kamu bisa ke ITC Mangga Dua dengan gampang. Silakan turun di Halte Mangga Dua, jalan kaki beberapa menit, lalu kamu bisa langsung berbelanja, deh. Koridor ini juga melayani Halte Museum Sejarah Jakarta, ya. Inilah rute lengkap koridor 11 dan 12.

Rute koridor 11 dan koridor 12 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

Rute koridor 11 dan koridor 12 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

 

Koridor 13 dan 14

Ada yang mau berburu “harta karun” jadul? Coba ke Pasar Santa. Dari makanan, baju, buku, hingga koleksi album musik, di sana ada semua. Naiki koridor 13, lalu kamu tinggal turun di Halte Pasar Santa, deh!

Kalau kamu mau ke JIS(Jakarta International Stadium), pastinya kamu harus naik koridor 14. Jangan lupa untuk turun di Halte Jakarta International Stadium, ya. Jangan lupa cek rute koridor 13 dan 14 di bawah ini.

Rute koridor 13 dan koridor 14 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

Rute koridor 13 dan koridor 14 Transjakarta. Sumber: @pt_transjakarta

 

Mudah Naik Transportasi Umum di Jakarta

 

Jakarta telah mengimplementasikan Transit-Oriented Development. Implementasi ini terbukti membantu warga Jakarta untuk berpindah antarmoda transportasi ke moda yang lain. Kalau mau menikmati kemudahannya, kamu bisa cek Peta Integrasi Transportasi Umum Jakarta di bawah ini. Mulai dari bus Transjakarta hingga LRT, kamu bisa melihat rute apa saja yang terintegrasi satu sama lain.

Peta Integrasi Transportasi Umum Jakarta. Sumber: transjakarta.co.id

Peta Integrasi Transportasi Umum Jakarta. Sumber: transjakarta.co.id


Mari dukung transportasi umum di Jakarta, yuk! Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi, tetapi kamu juga bisa mendukung perkembangan kota secara keseluruhan. Kamu bisa ikut mengurangi kemacetan dan polusi udara. Kalau kamu butuh informasi terbaru tentang Transjakarta, silakan ikuti media sosial @pt_transjakarta@infotj, dan @jsclab, ya!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Mobility Lainnya

Transjakarta sekarang bisa dilacak secara live di Google Maps! Yuk, ketahui cara live tracking, supaya perjalananmu lebih menyenangkan.

Walaupun berhubungan, JakLingko dan Mikrotrans adalah dua hal yang berbeda. Jangan sampai keliru, ya!

Rute Transjakarta dan JakLingko mengalami penyesuaian. Buat kamu pengguna setia moda transportasi publik ini, yuk cek rute terkininya!

MRT Jakarta sudah lima tahun beroperasi. Baru mau mencoba? Ini cara beli tiket dan tarifnya.

Selamat Hari MRT! Diperingati setiap 24 Maret, ternyata ada kisah perjalanan yang panjang, lo. Cek di sini!

Kamu pengguna setia Transjakarta? Ini rute Transjakarta 2024 untuk bus listrik yang perlu kamu catat.