20 Okt 2022

Cuaca Ekstrem Datang! Tenang, Ikuti Tips Berikut

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

20 Okt 2022

Hujan dengan payungAkhir-akhir ini pasti Smartcitizen merasakan perubahan cuaca secara tiba-tiba, kan? Yap, ternyata itu diakibatkan Indonesia yang sudah mulai memasuki peralihan ke musim hujan, nih. Analisis BMKG terkini menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer di Indonesia masih tinggi, sehingga meningkatkan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, termasuk Jakarta. Sebagai Smartcitizen yang sering beraktifitas di luar ruangan, berikut beberapa hal-hal yang harus diwaspadai dan tips yang dapat diterapkan dalam menghadapi cuaca ekstrem ini.

Lapor Genangan/Banjir Pakai JAKI

JakLapor

Berkaitan tentang cuaca dan hujan, bukan hanya kenangan yang mampir, tapi juga genangan. Penyebab utama banjir ataupun genangan tak jauh berbeda, yaitu curah hujan. Akibat curah hujan yang tinggi, genangan pun dapat muncul apabila drainase sedang bermasalah. Jika berlangsung lama, maka overcapacity akan terjadi yang dapat berlanjut menjadi banjir.

Genangan dan banjir ini perlu diwaspadai oleh Smartcitizen, karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Segera laporkan jika menemukan genangan dan banjir, caranya dengan membuka aplikasi JAKI. Klik fitur JakLapor, kemudian pillih mau laporan secara privat atau publik lalu. Foto genangan atau banjirnya, kemudian lengkapi informasinya secara detail. Laporan pun akan segera diteruskan ke dinas terkait untuk ditangani, simpel kan? Yuk, dicoba!

Jaga Kesehatan

Cuaca yang ekstrem dan kerap kali berubah, apalagi di tengah banyak aktivitas, membuat tubuh harus menyesuaikan serta imunitas tubuh cenderung menurun. Hal ini akan mengakibatkan tubuh menjadi rentan berbagai penyakit, karena jenis mikroba akan lebih mudah berkembang biak dan masuk ke tubuh manusia. Daya tahan tubuh yang tak prima akan semakin membuat bakteri dan virus berkembang, sehingga menyebabkan penyakit. Dengan demikian, tubuh harus waspada terhadap serangan penyakit yang datang ketika musim hujan.

Menyediakan vitamin C sebagai penguat daya tahan tubuh merupakan salah satu solusi yang tepat. Selain itu, diperlukan pula pola hidup yang sehat, seperti olahraga rutin agar daya tahan tubuh tetap seimbang. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga penting lho, terutama makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan.

Jika Smartcitizen merasa kurang sehat atau sedang dalam kondisi yang membutuhkan pertolongan medis darurat, cek berbagai macam layanan kesehatan di JakSehat melalui aplikasi JAKI agar kamu bisa kembali beraktivitas dengan normal lagi.

Segera Mandi dan Keramas Jika Kehujanan

Tips ini mungkin sedikit unik, tapi tanpa disadari punya banyak manfaat lho. Hal ini karena ada partikel polusi pada air hujan yang tak dapat dilihat oleh kita. Dengan mandi dan keramas setiap terkena air hujan, kamu dapat mengusir infeksi atau kuman.

Tidur Cukup dan Hindari Begadang

Tidur merupakan salah satu fase tubuh untuk memperbaiki daya tahan dan meningkatkannya ketika turun, apalagi setelah kamu harus menerjang hujan. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7–9 jam setiap hari. Tidur yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuh, sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Manfaat tidur yang cukup lainnya adalah dapat meningkatkan konsentrasi, kedamaian hati, sampai produktivitas.

Update Informasi Terkini

Pantau Banjir

JakWarta

Informasi merupakan salah satu hal yang berharga. Banyak hal yang dapat terjadi dan berubah seiring dengan pemberian atau perubahan informasi tersebut. Termasuk yang terkat dengan diri kita. Terlebih dalam kondisi cuaca ekstrem seperti ini, mengecek informasi begitu diperlukan. Pastikan kamu mempunyai informasi yang tepat terkait perubahaan cuaca di lingkunganmu. Smartcitizen dapat menggunakan JAKI melalui fitur JakWarta, untuk mengetahui berita terbaru dan mendapatkan peringatan dini terkait curah hujan tinggi. Kamu juga bisa mengklik fitur Pantau Banjir, untuk mengetahui kondisi banjir atau genangan secara realtime.

Cara mengaksesnya relatif mudah kok, cukup dengan membuka aplikasi JAKI. Lalu pilih fitur JakWarta untuk melihat berita terbaru tentang cuaca dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta laporan tindak lanjut pengelolaan saluran air dari Dinas Sumber Daya Air (DSDA). Atau pilih fitur Pantau Banjir yang juga tersedia, untuk melihat informasi yang kamu butuhkan seperti kondisi pintu air, pompa air, dan potensi banjir dari sensor yang terpasang. Hal ini akan membantumu untuk mempersiapkan apa yang dibutuhkan ketika akan beraktivitas di luar ruangan.

Siapkan Payung dan Jaket

Curah hujan tinggi

Cuaca ekstrem akan membuat tubuh sering terkena suhu dingin secara terus menerus. Hal ini berdampak pada daya tahan tubuh yang menurun. Karena itu, suhu tubuh perlu dijaga agar tetap hangat. Salah satu cara menghangatkan tubuh dengan menggunakan jaket atau sweater, sehingga badan akan terasa lebih hangat dan daya tahan tubuh terjaga.

Ada pepatah yang bilang, ‘sedia payung sebelum hujan’. Dalam menghadapi cuaca ekstrem ini, selalulah membawa payung dan jaket di dalam tas. Tentu persiapan yang sangat dibutuhkan, untuk melindungi kamu dari hujan deras..

Nah, itulah hal-hal yang harus kamu waspadai beserta tipsnya dalam menghadapi cuaca yang ekstrem ini. Yuk, sama-sama istirahat yang cukup dan download JAKI yang sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store, untuk update terkini mengenai cuaca di wilayahmu!

Artikel Smart People Lainnya

Selain mendapat pengalaman, para peserta Data Science Trainee bisa membantu Jakarta menjadi lebih baik. Bahas keseruannya di sini!

Kamu yang suka eksplor Jakarta, mari merapat! Ada bus wisata Transjakarta Monas Explorer baru yang cocok untukmu. Simak selengkapnya di sini.

Abdi Bahasa Kepulauan Seribu menjadi kolaborasi Jakarta Smart City dan Kemendikbudristek untuk berbagi literasi digital di Pulau Tidung. Cek di sini!

Di JSCLab Sharing #7, kita belajar tentang kekuatan yang dimiliki oleh SEO. Ayo, bahas sekarang!

Pengguna transportasi umum, mari merapat! Ada protokol kesehatan baru di transportasi umum, termasuk penggunaan masker. Baca selengkapnya di sini.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2023 sudah dimulai! Ini syarat, mekanisme, hingga jadwal untuk tiap jenjang pendidikan.