15 Mar 2024

Cepat Tanggap Tangani Laporan Banjir Januari-Februari

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

15 Mar 2024

Halo Smartcitizen, siapa yang akhir-akhir ini ngerasain cuaca lagi banyak mendung dan sering hujan? Ternyata kita sudah mulai masuk musim hujan, lho. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan 2024 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada Januari dan Februari 2024. Untuk persebarannya sebanyak 385 Zona Musim (ZOM), atau 55,08 persen wilayah yang mengalaminya.

Ketika musim hujan tiba, banjir menjadi suatu fenomena yang mengganggu kehidupan sehari-hari. Penanganan yang tepat dan cepat diperlukan, supaya kegiatan dapat berjalan kembali dengan normal. Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menangani banjir, lewat sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM). Berbagai laporan banjir dari masyarakat terintegrasi, sehingga penanganannya dapat lebih efektif dan efisien. Berikut rangkuman laporan maupun tindak lanjutnya sejak Januari hingga Februari 2024.

Laporan Banjir

Selama periode Januari-Februari 2024, laporan tentang banjir mencapai 1.218, dengan jumlah pelapor 491. Secara grafik, naik dari 585 laporan pada Januari menjadi 633 laporan pada Februari.

Jumlah Laporan dan Pelapor

Jumlah pelapor juga meningkat, dari 239 pada Januari menjadi 292 pada Februari, dengan rata-rata jumlah laporan 609 per bulan. Hal ini menunjukkan peningkatan curah hujan maupun kondisi banjir di lapangan.

Dalam melapor, warga lebih banyak lewat kanal aplikasi JAKI sejumlah 666 laporan. Sedangkan melalui kanal X sejumlah 513 laporan dan kanal e-mail sebanyak 13 laporan.

Tindak Lanjut Laporan

Persentase Laporan

Jumlah laporan selesai pada periode Januari-Februari 2024 mencapai 1.185 laporan dari total 1.218 laporan yang masuk, dengan persentase laporan selesai 97.3%.

Sedangkan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan laporan selama 2 hari dan 54 jam, dengan penyelesaian paling cepat dalam 1 jam.

Sebelum Tindak Lanjut
Sesudah Tindak Lanjut

Lapor Genangan

Memasuki musim hujan, kita tentu harus melakukan persiapan. Salah satu caranya dengan siap siaga melaporkan genangan yang mengganggu perjalanan. Laporkan saja lewat 13 kanal pengaduan yang saling terintegrasi:

  1. JAKI
  2. X @DKIJakarta
  3. Facebook Pemprov DKI Jakarta
  4. E-mail dki@jakarta.go.id
  5. Media sosial pribadi Gubernur atau Wakil Gubernur
  6. SMS/WhatsApp 08111272206
  7. Gedung Balai Kota
  8. Kantor Inspektorat
  9. Kantor Walikota
  10. Kantor Kecamatan
  11. Kantor Kelurahan
  12. Aspirasi Publik Melalui Media Massa
  13. LAPOR! 1708

Jalan-jalan naik busway keliling kota, jangan lupa menikmati pemandangan. Yuk, sama-sama kita jaga Jakarta, dengan melaporkan setiap genangan! Jangan lupa pula mengikuti media sosial JSC dan CRM, buat mendapatkan info penanganan laporan lainnya dari petugas.

Artikel Smart Governance Lainnya

Sehubungan dengan musim hujan, berikut laporan warga terkait banjir dan tidak lanjutnya periode Januari-Februari 2024.

Pada 2023, ada beberapa pencapaian yang diraih JSC. Lihat selengkapnya di Laporan Tahunan ini, yuk!

Jakarta Smart City mendapat sertifikasi SNI ISO/IEC 27001:2022 terkait pengelolaan keamanan informasi. Baca selengkapnya di sini.

Kota global Jakarta perlu kapasitas riset yang baik dan terus-menerus. Salah satunya penyajian open data melalui dashboard-dashboard ini.

Inilah smart governance, pilar smart city yang bersinergi dengan warga dan mendorong kota global. Baca selengkapnya di sini, ya!

Tahun ini, 30 tahun Jakarta dan Berlin bersinergi sebagai sister city. AsiaBerlin, merayakannya lewat acara Jakarta x Berlin.