19 Nov 2021

Cek Titik Banjir Jakarta di Peta Banjir Berbasis RT

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

19 Nov 2021

Langit mendung serta hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sudah menyelimuti Jakarta. Itu artinya kita sudah harus mulai bersiaga terhadap genangan-genangan air di sekitar kita. Untuk memudahkan warga Jakarta memantau kondisi ini, Pemprov DKI Jakarta menghadirkan Peta Banjir Berbasis RT. Peta Banjir Berbasis RT ini dihadirkan sesuai arahan Gubernur Anies Baswedan bahwa titik-titik banjir di Jakarta harus diinfokan mulai dari satuan wilayah terkecil, yaitu Rukun Tetangga (RT). Peta Banjir Berbasis RT dapat dengan mudah Smartcitizen akses di pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

Ada Apa Saja di Peta Banjir Berbasis RT?

Peta Banjir Berbasis RT terdiri dari beberapa kolom informasi yang tersaji di dalamnya. Melalui informasi lengkap yang tersedia, warga bisa memanfaatkannya sebagai acuan untuk melakukan mitigasi apabila sudah terlihat genangan.

Jumlah RT Terdampak Banjir

Di kolom informasi ini, Smartcitizen bisa melihat RT mana saja yang terdampak banjir dari total 30.385 RT di Jakarta.Data-data yang disajikan merupakan data terkini yang selalu diperbarui setiap tiga jam sekali.

Luas Wilayah Terdampak Banjir

Bila informasi sebelumnya menyajikan informasi RT yang tergenang banjir, maka di kolom ini kamu akan melihat luas area-area yang terkena banjir dari 661,5 km² luas Jakarta.

Daftar RT Terdampak Banjir

Kamu bisa melihat informasi yang lebih rinci mengenai RT terdampak banjir di kolom Daftar RT Terdampak Banjir. Untuk melihat lokasi RT lebih dekat, klik daftar RT.

Data Pintu Air

Informasi ketinggian air di pintu-pintu air Jakarta menjadi salah satu elemen penting dalam pengendalian genangan atau banjir. Status ketinggian pintu air terbagi menjadi empat: siaga 1, siaga 2, siaga 3, dan normal. Bila tinggi air di sekitar pintu air sudah meninggi, besar kemungkinan wilayah tempat tinggal warga akan tergenang. Dengan adanya informasi ini, pemerintah serta warga bisa melakukan mitigasi dini.

Jumlah RT Terdampak Banjir per Wilayah Kota

Kolom informasi ini menyediakan informasi banyaknya RT yang terkena banjir di tiap wilayah kota administrasi Jakarta.

Kolaborator di Balik Peta Banjir Berbasis RT

Di tengah musim hujan yang semakin intens, dibutuhkan kerja sama yang solid untuk mitigasi yang optimal. Di balik website Pantau Banjir, ada kolaborator yang berperan penting. Bekerja sama dengan Jakarta Smart City, kolaborator inilah yang bertanggung jawab melaporkan kondisi terkini kepada warga Jakarta. Sumber data banjir merupakan hasil laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta, informasi data pintu air di seluruh Jakarta dilaporkan oleh Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, serta peta wilayah yang digunakan dalam website Pantau Banjir adalah hasil data yang dikelola oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta.

Peta Banjir Berbasis RT akan membantu kamu melihat pemetaan kondisi tinggi air di Jakarta secara aktual. Informasi yang ditampilkan pun mudah dibaca, karena tampilannya yang sederhana dan mudah dipahami. Selain Peta Banjir Berbasis RT, Smartcitizen juga bisa memanfaatkan fitur JakLapor di aplikasi JAKI bila menemukan genangan yang mengganggu. Kalau kamu menghadapi kondisi darurat, silakan hubungi 112 yang tersedia pula di fitur JakSiaga. Aplikasi JAKI bisa kamu unduh di Play Store dan App Store. Tetap siaga serta stay safe ya, Smartcitizen!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!