14 Mar 2023

Cek Harga Komoditas Pangan Ramadan di JakPangan

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Aditya Gagat Hanggara

14 Mar 2023

   “Hmmm, buka dan sahur apa, ya nanti?”

“Mau bikin ikan mas goreng, tapi harga ikan sekarang lagi mahal enggak, ya?

Menjelang bulan Ramadan gini udah mikirin nanti mau buka dan sahur pakai apa kayaknya sudah otomatis berputar di kepala ya, Smartcitizen. Jangankan sore, sejak pagi pun biasanya otakmu sudah sibuk memikirkan, mau makan apa ketika buka dan sahur. Ayo, ngaku! Tapi, jangan sampai pikiran itu terlalu memenuhi kepalamu, sampai lupa untuk melakukan berbagai amalan dan ibadah terbaik pada bulan Ramadan, ya. 

Selain mikirin menu buka dan sahur, cari tempat atau pasar yang jual bahan makanan sesuai kantong juga perlu jadi pertimbangan. Terlebih, menjelang Ramadan gini harga komoditas pahan cenderung fluktuatif.

Nah, biar kamu enggak galau dan bingung soal makanan, kamu bisa cek harga bahan pangan yang murah serta di mana kamu dapat berbelanja melalui fitur JakPangan di JAKI.

Pantau Harga Belanjaan dengan Satu Sentuhan

Sebagai warga Jakarta, pastinya kamu sudah kenal dengan aplikasi kebanggaan kita semua, yaitu JAKI. Menjelang bulan Ramadan ini, JAKI bisa jadi temanmu untuk menyiapkan masakan berbuka dan sahur dengan fitur JakPangan. 

Hal ini berguna banget, lewat fitur tersebut kamu bisa cek harga komoditas pangan yang mau dibeli tanpa harus keluar rumah dan cukup dengan satu sentuhan pada HPmu. 

Gimana caranya?

Kamu cukup buka aplikasi JAKI, dan klik fitur JakPangan pada beranda. 

Beranda JAKI

Kamu sudah bisa langsung melihat daftar komoditas pangan, lengkap dengan harga yang akan tampil di layarmu. Kamu juga bisa mengurutkan daftar tampilan bahan pangan berdasarkan harga atau alfabet.

Cek Harga di JakPangan

Setelah itu, tinggal pilih deh kira-kira bahan memasak mana yang pas untuk menu berbuka dan sahur nanti. Misalnya, kamu sudah menentukan ingin membuat ikan mas goreng crispy. Kamu bisa cari ikan mas di JakPangan dan klik gambar ikan mas yang tampil. 

Ikan Mas di JakPangan

Kemudian, di layarmu akan muncul harga tertinggi dan harga terendah ikan mas yang kamu cari beserta pasar yang menjualnya.

Selain dapat melihat harga tertinggi dan terendah, kamu juga dapat melihat berbagai harga ikan mas di berbagai pasar Jakarta, lho. Dengan begini, kamu bisa mencari harga termurah dan bisa lebih hemat saat berbelanja.

Cek Pasar Terdekat jadi Makin Cepat

Ketika sedang berpuasa, mungkin kamu tidak ingin jauh-jauh berbelanja. Kamu tentunya ingin mencari pasar yang dekat rumah, agar waktumu menjadi hemat dan bisa digunakan untuk hal bermafaat lainnya seperti beribadah. 

JakPangan bisa jadi solusinya. Ketika kamu masuk ke fitur JakPangan, secara otomatis JAKI akan menemukan lokasimu dan menampilkan harga pangan di pasar terdekat. 

Pilih tab “Pasar” di layar, maka akan tampil daftar pasar terdekat hingga terjauh dari lokasimu.

Cek Pasar di JakPangan

 

Daftar pasar yang muncul di layarmu juga dilengkapi dengan alamat, nomor telepon, dan jarak pasar dari lokasimu. Selanjutnya, jika kamu klik salah satu pasar di daftar, maka akan muncul daftar harga di pasar yang kamu pilih.

Daftar Harga Pasar Mayestik di JakPangan

Dengan begini, kamu tidak hanya dapat melihat harga yang paling murah, namun juga yang paling dekat dengan lokasi rumahmu.

Urusan Harga Pangan, Serahkan ke JakPangan

JakPangan di JAKI

Dengan adanya JakPangan, kamu enggak perlu bingung lagi urusan harga pangan di Jakarta. Berbagai masakan untuk berbuka puasa dan sahur dapat kamu rencanakan sebaik-baiknya. Terlebih lagi, kamu tidak perlu khawatir dengan validitas harga di JakPangan, karena berasal dari Informasi Pangan Jakarta PD Pasar Jaya. Dengan berbelanja ditemani JakPangan, kamu bisa lebih hemat uang, waktu, serta tenaga pada bulan puasa. Yuk, unduh JAKI sekarang dan nikmati fitur JakPangan pada bulan Ramadan!

Artikel JAKI Lainnya

PPDB 2024 punya beberapa jalur. Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK bisa memilih sesuai kondisi setiap CPDB. Baca ketentuannya di sini, ya!

Butuh nomor antrean faskes atau fasilitas kesehatan lainnya? JAKI bakal bikin gampang. Caranya? Baca di sini!

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!