30 Mei 2023

Catat Tanggal dan Rangkaian Acara HUT Jakarta Ke-496

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

30 Mei 2023

Juni sudah di depan mata! Bulan Juni selalu membawa momentum spesial di Jakarta. Yup, apa lagi kalau bukan ulang tahun DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni. Setiap tahun, selalu ada rangkaian acara yang digelar khusus untuk menyemarakkan momen ini, seperti pasar kreatif, festival, hingga Jakarta Fair Kemayoran.

Nah, ulang tahun Jakarta ke-496 tahun ini juga bakal diisi dengan rangkaian acara menarik, nih. Apa saja acaranya? Kita cari tahu sama-sama lewat artikel ini, ya. 

Rangkaian Acara HUT Jakarta Ke-496

Meski HUT Jakarta ke-496 pada bulan Juni, suasananya sudah mulai terasa sejak akhir Mei. Rangkaian acaranya pun telah mulai dilaksanakan sejak bulan ini. Berikut satu per satu acara yang akan digelar. 

Rangkaian Acara HUT Jakarta ke-496

Festival Jakarta Great Sale

Membuka rangkaian acara HUT Jakarta ke-496, Festival Jakarta Great Sale diadakan di 94 pusat perbelanjaan ibu kota pada 21 Mei sampai 21 Juli 2023. Festival ini sudah pernah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelum 2023, namun sempat terhenti saat pandemi Covid-19. Kini, setelah pandemi mereda, Festival Jakarta Great Sale kembali dihadirkan untuk warga Jakarta.

Festival Jakarta Great Sale menawarkan potongan harga untuk pelanggan di pusat-pusat perbelanjaan tertentu. Tahun ini, beberapa pusat perbelanjaan yang  menggelar Festival Jakarta Great Sale seperti:

  • Jakarta Pusat: Grand Indonesia, Senayan City, Senayan Park. Plaza Atrium, Mal Mangga Dua, dan lainnya;
  • Jakarta Selatan: Pacific Place, Pondok Indah Mall, Kota Kasablanka, Gandaria City, Plaza Blok M dan lainnya; 
  • Jakarta Utara: Summarecon Mall Kelapa Gading, Mall of Indonesia, PIK Avenue, Pluit Village, Mall Pluit Junction, dan lainnya;
  • Jakarta Timur: Cibubur Junction, AEON Mall Jakarta Garden City, Lippo Plaza Kramat Jati, Buaran Plaza, Mall @Bassura, dan lainnya. 

Kegiatan Literasi

Acara kedua yang digelar yakni Kegiatan Literasi pada 22 Mei-22 Juni 2023. Belum ada informasi mendetail mengenai aktivasi apa saja yang akan diadakan pada kegiatan literasi maupun pihak-pihak yang terlibat. Tapi, Smartcitizen bisa pantau terus beritanya lewat media sosial @dkijakarta, ya. 

Semasa

Beralih ke acara ketiga, yakni Semasa. Semasa merupakan sebuah pasar kreatif di Jakarta yang menaungi beragam produk lokal pilihan. Tahun ini, Semasa akan diadakan di Taman Lapangan Banteng pada 2-4 Juni 2023, jam 10.00-20.00. Untuk berkunjung ke Semasa, tidak dikenakan biaya alias gratis, ya. Ini beberapa kegiatan yang bisa kamu nikmati di sana.  

  • Pasar kreatif yang menyediakan 80+ pilihan brand asal Indonesia dan daerah;
  • Workshop yang dikelola oleh Bee App;
  • Pasar jajanan yang menjual makanan serta minuman dari 40+ tenant untuk menemani piknik pengunjung;
  • Jakarta City Sound by JxB;
  • Preloved Market oleh Persimmon yang menjual berbagai produk preloved;
  • Photobox dari Photomatix dengan dua tema, yakni Semasa dan Liunic on Things;
  • Walking Tour bersama Jakarta Good Guide dengan agenda mengeksplor Lapangan Banteng sekaligus menilik sejarahnya. 

Mau tahu lebih banyak tentang Semasa? Kunjungi Instagram @semasa_di.

Jakarta Fair Kemayoran 2023

Siapa yang tak kenal Jakarta Fair? Buat yang belum tahu, Jakarta Fair Kemayoran 2023 atau yang dulu dikenal dengan Pekan Raya Jakarta merupakan pameran tahunan yang diadakan untuk memperingati hari jadi kota Jakarta. Jakarta Fair biasanya diadakan selama satu bulan penuh. Tahun ini, Jakarta Fair diselenggarakan di Arena JIExpo Kemayoran pada 14 Juni-16 Juli 2023. 

Saat ini memang belum banyak informasi mengenai Jakarta Fair Kemayoran 2023. Tetapi, merujuk pada Jakarta Fair tahun sebelumnya, terdapat beberapa kegiatan yang bisa kamu lihat atau lakukan. Misalnya, mengunjungi berbagai tenant yang mempromosikan dan menjual produk dari berbagai sektor industri, seperti fashion, kerajinan tangan, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menengok gerai makanan dan minuman, menikmati konser musik, menyaksikan parade, dan mengunjungi booth dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jakarta . 

Turut memeriahkan Jakarta Fair Kemayoran 2023, Jakarta Smart City pun akan membuka booth lagi, loh! Nantinya, di sana kamu dapat mengikuti berbagai aktivasi dan mengenal lebih jauh lagi soal JSC serta JAKI. Bakal ada merchandise dan anekagames berhadiah pula, loh.

Enggak mau ketinggalan info booth JAKI di Jakarta Fair? Pantau terus Instagram @jsclab, ya. Sementara itu, informasi mengenai Jakarta Fair Kemayoran 2023 bisa kamu pantau di Instagram @jakartafairid

Indonesia Comic Con Pop Asia

Indonesia Comic Con Pop Asia merupakan sebuah platform menikmati budaya pop bagi penggemar komik, anime, dan mainan. Acaranya sendiri akan diadakan pada 23-25 Juni 2023. Saat ini, belum banyak informasi soal kegiatan apa saja yang bakal diselenggarakan. Tapi, kalau kamu penasaran atau pengen ikut acaranya, bisa pantau terus Instagram @indocomiccon, ya. 

Monas Week

Ikon Jakarta, Monumen Nasional (Monas), ikut jadi bagian dari rangkaian acara HUT Jakarta, loh. Monas Week akan diadakan pada 20-25 Juni 2023 di Monas. Media sosial @monumen.nasionalbelum menginformasikan lebih lanjut kegiatan apa saja yang bakal ada. Tapi melihat Monas Week sebelumnya, biasanya ada pentas seni seperti pertunjukan musik yang tak boleh kamu lewatkan. 

Parade Komunitas Kota Tua

Acara berikutnya yakni Parade Komunitas Kota Tua. Parade ini akan diadakan pada 24 Juni 2023 di Kota Tua. Belum ada informasi kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Namun, mengingat ini adalah parade, kemungkinan bakal ada iring-iringan di sekitar kawasan Kota Tua. Kalau mau cari tahu lebih lengkap tentang parade ini, kamu bisa cek berkala Instagram @kotatuajakarta.id

Pameran Arsip

Acara yang dibuka paling akhir yaitu Pameran Arsip. Pameran akan digelar pada 25-30 Juni 2023. Mungkin karena acaranya masih sebulan lagi, belum ada detail informasi tentang Pameran Arsip. Namun, tahun lalu, acara serupa juga pernah diadakan di Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki.

Itu tadi rangkaian acara HUT Jakarta ke-496. Dari sejumlah acara tersebut, beberapa memang belum mengumumkan agenda dan pengisi acaranya. Oleh karena itu, kita tunggu saja info selanjutnya, ya! 

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!