Cari Tahu Tentang Banjir Jakarta Lewat Situs Web Pantau Banjir

Oleh:-

Editor:

24 Feb 2021

Smartcitizen, sudah tahu belum kalau Jakarta punya situs web Pantau Banjir yang kamu bisa akses 24 jam? Ya, Jakarta sekarang sudah punya portal pantaubanjir.jakarta.go.idyang bisa kamu akses kapan saja dan di mana saja. Portal ini ditujukan agar warga Ibu Kota dapat mengetahui berbagai informasi terkait banjir dan cuaca di Jakarta secara lengkap.

Apa saja sih yang ada di portal pantaubanjir.jakarta.go.id? Simak penjelasan berikut ya!

Info Terkini tentang Cuaca dan Banjir Jakarta

Ketika membuka portal pantaubanjir.jakarta.go.iduntuk pertama kali, kamu akan disajikan beranda portal yang memuat berbagai informasi terkait berita banjir terkini, sehingga Smartcitizen selalu up-to-date dengan perkembangan mitigasi atau penanganan banjir di Jakarta. Kemudian, yang tidak kalah penting adalah ada peringatan dini cuaca di Jakarta dan prakiraan cuaca. Dua hal ini dapat membantumu untuk tetap siaga menghadapi cuaca di Jakarta, terlebih ketika akan turun hujan dengan intensitas yang tinggi. 


 

Data Pemantauan, Modeling, dan Prediksi Banjir

Pada menu “Data” di portal Pantau Banjir, kamu dapat menemukan Dasbor Pantau Banjir Jakarta yang memuat data pengamatan, modeling, hingga prediksi banjir Jakarta.

Dasbor Skenario Banjir: RW Berpotensi Genangan

Dasbor skenario banjir ini menampilkan prediksi dan modeling dari RW-RW berpotensi genangan di Jakarta. Modeling potensi banjir ini dibagi menjadi tujuh skenario, yaitu akibat hujan di hulu; akibat hujan lokal; rob di utara; hujan di hulu dan hujan lokal; hujan lokal dan rob; hujan di hulu dan rob; hujan di hulu, hujan lokal, dan rob. 

Dasbor Pantau Banjir Jakarta

Dasbor ini dibuat agar publik dapat memantau informasi terkait banjir di Jakarta. Kamu bisa menemukan data kondisi pompa dan jumlah pompa yang aktif di Jakarta, data terkait pintu air yang beroperasi di Jakarta, hingga laporan warga yang masuk terkait banjir ke Cepat Respon Masyarakat (CRM). 

Dasbor Dinas Sumber Daya Air Jakarta

Pada Dasbor DSDA, kamu dapat mengetahui lebih lengkap lagi terkait fasilitas yang dimiliki Dinas Sumber Daya Air. Tidak hanya pompa dan pintu air saja, kamu juga bisa tahu terkait nama, sistem aliran, dan panjang sungai/kali di Jakarta, juga jumlah dan volume masing-masing waduk di Jakarta, sumur resapan, saluran PHB (penghubung), Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Instalasi Pengolahan Air (IPA), alat berat, dump truck, dan CCTV. 

Berbagai Peta Banjir Jakarta

Smartcitizen, kamu bisa memantau peta banjir Jakarta, dari mulai peta informasi banjir, peta banjir berbasiskan RT, peta skenario banjir, dan peta riwayat banjir. Dengan bentuk visualisasi peta seperti ini, kamu akan dapat melihat dengan jelas titik-titik pompa air, lokasi banjir, hingga peta riwayat banjir dari tahun 2010 sampai 2020. 

Serba-serbi Info Banjir Jakarta

Mau tahu faktor penyebab hingga jenis-jenis banjir di Jakarta? Semua informasi tentang banjir di Jakarta terangkum dalam menu “Info Banjir”. Pilih sub menu “Tentang Banjir Jakarta”, maka kamu akan temukan serba-serbi info banjir di Jakarta. Kemudian, di sub menu “Data Banjir Lintas Tahun” kamu dapat mengetahui riwayat banjir dari tahun ke tahun di Jakarta, seperti berapa titik yang terdampak, berapa curah hujan, berapa jumlah korban, dan berapa titik pengungsian.

Media terkait Banjir Jakarta

Di menu “Media”, kamu dapat melihat dan mengunduh berbagai rilis pers dan peraturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai banjir, juga berbagai macam infografis banjir. Selain itu, kamu pun bisa membaca berita resmi terkait banjir di Jakarta di sub menu “berita” dan melihat galeri foto banjir di Jakarta dari tahun ke tahun.

Tanya Jawab tentang Banjir Jakarta

Berbagai pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan terkait banjir di Jakarta terangkum dalam menu FAQ (Frequently Asked Questions). Kamu bisa mencari topik apa yang jadi pertanyaan di benakmu, dan temukan jawabannya di sini.

Kontak Darurat

Jika kamu memerlukan informasi atau kontak terkait kebencanaan di Jakarta, kamu bisa memilih menu “Kontak”. Di menu tersebut tertera nomor telepon yang bisa dihubungi, lengkap dengan nama dinas dan alamatnya. 

Tetap Siaga, Pantau Banjir di Jakarta

Kita masih berada di tengah musim penghujan. Menghadapi hujan yang datang dan pergi serta ancaman banjir di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan upaya-upaya mitigasi banjir dengan program gerebek lumpur, naturalisasi sungai, pembangunan waduk dan sumur resapan, dan mitigasi lainnya. Pemprov DKI Jakarta juga membuka informasi seluas-luasnya terkait banjir di Jakarta. Yuk, kita sama-sama siaga. Pantau banjir lewat portal pantaubanjir.jakarta.go.iddan fitur JakPantau di JAKI. Bantu petugas pula untuk menangani banjir dengan melaporkan banjir dan genangan di sekitarmu lewat JakLapor. Yuk kita sama-sama hadapi banjir di Jakarta!

Artikel Smart Environment Lainnya

Bertransformasi menjadi kota global, Jakarta perlu terus menjaga lingkungannya. Inilah hal-hal yang dilakukan supaya emisi karbon berkurang.

Musim hujan di Jakarta bikin lingkungan rentan terhadap banjir. Inilah yang dilakukan Pemprov DKI supaya warganya tetap aman.

Curah hujan yang tinggi berpotensi mengakibatkan banjir. Memasuki musim hujan, ini cara mencegah banjir yang perlu kamu tahu.

Tata kelola suatu smart city berjalan berkat salah satu pilarnya, Smart Environment. Dari sini, lahir pula inovasi-inovasi yang membantu warga.

Ada alasan ilmiah di balik cuaca panas saat ini. Simak penyebab dan cara menghadapinya, yuk!

Bakar sampah bisa menjadi tindakan ilegal dan kamu bisa melaporkannya. Namun, bagaimana caranya ya? Bahas di sini, yuk!