22 Nov 2021

Cara Mencari Ketersediaan Vaksin Covid-19 Berdasarkan Jenisnya

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

22 Nov 2021

Kamu belum vaksinasi Covid-19? Yuk, divaksin sekarang. Sebab, pandemi belum berakhir. Kita semua masih perlu mendapatkan dua dosis suntikan vaksin agar tubuh terlindungi dari virus. Saat ini pun masih banyak fasilitas kesehatan dan sentra vaksinasi di Jakarta yang menyediakan layanan vaksinasi untuk dosis 1 maupun dosis 2. 

Sebelum mendaftar vaksinasi, kamu harus memperhatikan ketentuan dari penerima masing-masing jenis vaksin terlebih dulu. Jangan sampai kamu mendapat suntikan vaksin yang tidak sesuai dengan kondisi kesehatan, usia, atau jenis vaksinmu pada dosis 1. Jika kamu sudah tahu syarat penerima dari masing-masing jenis vaksin, barulah kamu dapat mengecek ketersediaan vaksin tersebut di lokasi vaksinasi Jakarta. Kamu dapat cek informasi ketersediaan ini melalui website Jakarta Tanggap Covid-19.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara cek ketersediaan jenis vaksin lewat website tersebut? Apa pula syarat penerima masing-masing jenis vaksin? Yuk, cari tahu melalui artikel ini.

Syarat Penerima Jenis Vaksin Covid-19

Hingga saat ini, Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna masih menjadi vaksin yang digunakan di Jakarta. Terdapat persyaratan tertentu untuk menerima setiap vaksin tersebut. Persyaratan ini berlaku untuk penyuntikan dosis 1 maupun dosis 2. Berikut rinciannya. 

Syarat vaksinasi jenis Sinovac: 

  1. WNI ber-KTP Jakarta atau non-Jakarta maupun WNI berdomisili DKI Jakarta atau non-Jakarta (memiliki Kartu Keluarga bagi usia 18 tahun ke bawah);
  2. Berusia 12 tahun ke atas.

Syarat vaksinasi jenis AstraZeneca: 

  1. WNI ber-KTP Jakarta atau non-Jakarta maupun WNI berdomisili DKI Jakarta atau non-Jakarta;
  2. Berusia 18 tahun ke atas;
  3. Tidak sedang hamil.

Syarat vaksinasi jenis Pfizer:

  1. WNI ber-KTP Jakarta atau non-Jakarta maupun WNI berdomisili DKI Jakarta atau non-Jakarta (memiliki Kartu Keluarga bagi usia 18 tahun ke bawah);
  2. Berusia 12 tahun ke atas.

Syarat vaksinasi jenis Moderna:

  1. WNI ber-KTP Jakarta atau non-Jakarta maupun WNI berdomisili DKI Jakarta atau non-Jakarta;
  2. Berusia 18 tahun ke atas.

Selain persyaratan di atas, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu memenuhi syarat umum penerima vaksin, seperti tidak sedang sakit. Untuk kamu yang memiliki penyakit komorbid berat, autoimun, atau dalam terapi imunosupresi, wajib menyertakan surat rekomendasi dokter jika ingin mengikuti vaksinasi.

Cara Cek Ketersediaan Jenis Vaksin 

Mengecek ketersediaan vaksin sebelum kamu mendaftar vaksinasi sangat dianjurkan. Kamu enggak mau kan kehabisan kuota vaksin di lokasi vaksinasi yang diinginkan? Nah, untuk itu cek secara berkala dasbor Kuota Vaksinasi JAKI di website Jakarta Tanggap Covid-19, ya. Data kuota vaksinasi berdasarkan jenis vaksin selalu diperbarui di sana. 

Ada satu tips buat kamu nih agar lebih mudah mencari nama lokasi dan jadwal vaksinasi yang tersedia berdasarkan jenis vaksin. Kamu bisa menggunakan fitur filter Nama Vaksin. Caranya, klik filter Nama Vaksin. Ketika nama-nama jenis vaksin sudah muncul, kamu akan melihat semuanya dalam keadaan dicentang. Klik nama vaksin untuk menghapus tanda centang. Dengan begitu, jenis vaksin tersebut otomatis terhapus dari kuota vaksinasi yang akan ditampilkan, sehingga kamu bisa melihat kuota vaksinasi dari jenis-jenis vaksin lainnya yang diinginkan. Jika kamu hanya ingin melihat kuota vaksinasi dari satu jenis vaksin saja, maka klik ONLY di sebelah nama vaksin yang kamu inginkan. Selanjutnya, tabel hanya akan memperlihatkan kuota vaksinasi dari jenis vaksin tersebut. 

Mudah, bukan? Dengan kemudahan ini, semoga kamu jadi lebih bersemangat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Jangan lupa, setelah mengecek kuota vaksinasi, daftarkan langsung dirimu melalui aplikasi JAKIlewat fitur Pendaftaran Vaksinasi Covid-19. Aplikasi super-app milik Jakarta ini menawarkan layanan terintegrasi, salah satunya terkait penanganan Covid-19. Untuk mengunduh JAKI, kamu bisa kunjungi Google Play Storeatau Apple App Store. Semoga artikel ini membantu!

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.