22 Mei 2024

Cara Live Tracking Posisi Bus Transjakarta

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

22 Mei 2024

Kabar baik buat kamu pengguna setia Transjakarta! PT Transjakarta kini menghadirkan sistem live tracking, sehingga kamu bisa lacak secarareal-time posisi bus Transjakarta di Google Maps. Ini akan membantu kamu untuk mengetahui kapan bus tiba di halte keberangkatan dan sampai di halte tujuan. Selama perjalanan di bus Transjakarta, pengguna juga bisa melihat posisi terkini dalam rute yang dituju. Selain Transjakarta, fitur live tracking ini pun berlaku untuk melacak jadwal keberangkatan Mikrotrans. 

 

Baca juga

 

Keuntungan Live TrackingTransjakarta 

Mengetahui jadwal keberangkatan bus lewat live tracking di Google Maps membuat kamu bisa merasakan manfaat berikut:

  1. Akurasi waktu kedatangan

Informasi real-time tentang posisi bus memberikan estimasi waktu kedatangan yang lebih akurat, serta membantu pengguna untuk memutuskan apakah mereka perlu menunggu atau mencari alternatif transportasi.


  1. Peningkatan efisiensi

Bagi penumpang yang sering berpindah antarmoda transportasi, fitur ini sangat membantu dalam mengatur waktu perjalanan antara Transjakarta dan Mikrotrans. 

Cara Live TrackingTransjakarta 

Ingin mencoba live tracking bus-bus Transjakarta? Ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Buka Google Maps di smartphone kamu; 
  2. Zoom in peta. Cari halte keberangkatanmu yang ditandai dengan ikon bus bewarna biru. Atau kamu bisa ketik nama halte Transjakarta keberangkatanmu;
  3. Pilih rute Transjakarta atau Mikrotrans yang ingin kamu tuju; 
     
Cara Live Tracking Transjakarta

 

  1. Zoom in peta. Ikon bus yang ada di peta menunjukkan posisi bus Transjakarta kamu. 

Dalam bagian deskripsi di bawah peta, kamu juga dapat melihat berapa lama lagi bus akan sampai ke setiap halte yang dilalui rutenya, platform, dan jam ketibaan. 

Cara Live Tracking Transjakarta

Saat melakukan live tracking, pastikan pula koneksi internet stabil agar bisa mendapatkan update posisi bus secara real time. Kamu juga dianjurkan untuk menggunakan live tracking ini bersamaan dengan informasi dari sumber lain untuk informasi yang lebih komprehensif. Informasi seputar Transjakarta bisa kamu dapatkan melalui Instagram @infotije dan @pt_transjakarta. 

Cek Rute Transjakarta di JAKI

Ketika berjalan-jalan menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta, ada kemungkinan kamu akan kebingungan dengan rute bus. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu rute Transjakarta. Salah satunya melalui fitur Transportasi Publik di JAKI. Selain rute, lewat fitur ini kamu juga bisa cari tahu informasi jadwal keberangkatan, jam operasional, dan tarif maksimal tak hanya dari Transjakarta, tapi juga MRT, LRT, dan Mikrotrans. Aplikasi JAKI bisa kamu unduh di Google Play Store atau Apple App Store.

Fitur Transportasi Publik di JAKI untuk cek rute transportasi umum

Sudah paham kan caranya live tracking Transjakarta? Nikmati perjalanan yang lebih terencana dan efisien dengan fitur ini.

Artikel Smart Mobility Lainnya

Jakarta punya 32 bus sekolah rute reguler dan 15 bus sekolah rute zonasi, loh. Ini daftar rute, waktu operasi, dan sekolah yang dilewati.

Mau ke Jakarta Fair Kemayoran? Perhatikan dulu panduan transportasi ini supaya memudahkanmu berkunjung.

Transjakarta sekarang bisa dilacak secara live di Google Maps! Yuk, ketahui cara live tracking, supaya perjalananmu lebih menyenangkan.

Walaupun berhubungan, JakLingko dan Mikrotrans adalah dua hal yang berbeda. Jangan sampai keliru, ya!

Rute Transjakarta dan JakLingko mengalami penyesuaian. Buat kamu pengguna setia moda transportasi publik ini, yuk cek rute terkininya!

MRT Jakarta sudah lima tahun beroperasi. Baru mau mencoba? Ini cara beli tiket dan tarifnya.