11 Okt 2024

Cara Jakarta Smart City Merawat Bahasa

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

11 Okt 2024

Setiap Oktober, Indonesia merayakan Bulan Bahasa dan Sastra untuk memperingati pentingnya bahasa Indonesia sebagai identitas nasional serta merayakan kekayaan sastra sebagai bagian dari budaya kita. Jakarta Smart City, sebagai pelopor inovasi digital, turut mendukung pelestarian bahasa Indonesia dan pengembangan sastra melalui berbagai fitur dan layanan. Berikut ini inovasi Jakarta Smart City dalam melestarikan bahasa dan sastra Indonesia. 

Daftar Kunjungan ke PDS H.B. Jassin di JAKI

Dalam rangka mendukung pelestarian bahasa dan sastra Indonesia, Jakarta Smart City menyediakan daftar kunjungan online ke pusat dokumentasi sastra melalui aplikasi JAKI. Pusat dokumentasi sastra tersebut ialah Pusat Dokumen Sastra (PDS) H.B. Jassin, yang menjadi pusat arsip sastra Indonesia.

Apa itu PDS H.B. Jassin?

PDS H.B. Jassin didirikan oleh H.B. Jassin, seorang kritikus sastra Indonesia yang telah berjasa dalam mendokumentasikan karya-karya sastra Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga kini. Tempat ini berfungsi sebagai pusat penyimpanan lebih dari 170.000 koleksi berupa manuskrip, buku langka, naskah, korespondensi, tulisan tangan, dokumen prosa, puisi, drama, kliping, penelitian, lukisan, foto, dan buku-buku baru. Koleksi-koleksi ini merupakan bagian dari warisan sastra Indonesia yang sangat berharga.

PDS H.B. Jassin tidak hanya menjaga kelestarian karya sastra, tetapi juga menjadi sumber rujukan penting bagi peneliti, akademisi, dan pencinta sastra Indonesia. Pengunjung dapat menemukan manuskrip asli dan karya dari sastrawan besar Indonesia seperti Pramoedya Ananta Toer, Chairil Anwar, dan Sutan Takdir Alisjahbana, yang memberikan wawasan mendalam tentang perkembangan sastra Indonesia dari masa ke masa.

Dokumen Sastra di PDS H.B. Jassin dalam rangka Bulan Bahasa

PDS H.B. Jassin buka setiap hari, dari Senin hingga Kamis (09.00—17.00) dan Jumat hingga Minggu (09.00—20.00), melayani semua pengunjung yang tertarik mengeksplorasi khazanah sastra Indonesia. Selain itu, PDS H.B. Jassin juga memfasilitasi riset dan penelitian bagi mereka yang ingin menggali lebih dalam tentang sejarah dan perkembangan sastra. 

Baca juga: Jalan-jalan ke Perpustakaan H.B. Jassin

Langkah-langkah Daftar Kunjungan ke PDS H.B. Jassin via JAKI:

  1. Buka aplikasi JAKI; 
  2. Ketik ‘Perpustakaan’ pada bilah pencarian di Beranda;
  3. Pilih Perpustakaan Jakarta. 
  4. Smartcitizen akan langsung masuk ke JakLitera.
  5. Klik Akun.
  6. Login atau daftarkan akun;
  7. Klik Kode Anggota;
  8. Kamu akan dapatkan kode QR sebagai tiket kunjungan yang perlu kamu scan di perpustakaan tujuan. 

Cek Ketersediaan Dokumen Sastra Melalui JAKI

Perpustakaan-perpustakaan di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta menyimpan banyak koleksi sastra Indonesia. Melalui fitur Perpustakaan Jakarta di aplikasi JAKI, warga dapat mencari dan mengecek ketersediaan buku atau dokumen sastra yang ada di berbagai perpustakaan, termasuk buku-buku fiksi, nonfiksi, dan novel karya pengarang Indonesia.

Fitur ini memudahkan warga untuk mengakses koleksi buku secara digital, memeriksa ketersediaan buku, dan bahkan melakukan reservasi untuk peminjaman fisik maupun digital. Pengguna hanya perlu memasukkan judul atau nama pengarang di kolom pencarian, kemudian fitur ini akan menampilkan perpustakaan mana saja yang menyimpan buku tersebut.

Cara Cek Ketersediaan Dokumen Sastra di JAKI:

  1. Buka aplikasi JAKI; 
  2. Klik ‘Perpustakaan’ pada bilah pencarian di Beranda;
  3. Pilih Perpustakaan Jakarta.
  4. Kamu akan diarahkan ke JakLitera. Pastikan kamu sudah login. Kalau belum daftarkan akun dengan klik Akun terlebih dulu.
  5. Setelah log in, klik Jelajahi pada Beranda JakLitera.
  6. Pilih fitur Dokumen Sastra;
  7. Klik dokumen sastra yang kamu inginkan. Keterangan lokasi perpustakaan yang menyediakan dokumen tersebut akan muncul. 
Cara cek ketersediaan dokumen sastra melalui JAKI dalam rangka Bulan Bahasa

Dengan adanya fitur ini, warga Jakarta dapat dengan mudah menemukan dan menikmati karya sastra Indonesia di perpustakaan-perpustakaan lokal, mendukung perkembangan literasi dan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Pinjam Buku di Perpustakaan Jakarta lewat JAKI

Lewat JAKI, Jakarta Smart City tidak hanya memberikan akses untuk daftar kunjungan, cek dokumen sastra, dan melihat katalog buku dan novel berbahasa Indonesia, tetapi juga memungkinkan warga Jakarta memesan buku yang ingin dipinjam dari perpustakaan-perpustakaan di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi DKI Jakarta. Warga dapat memilih perpustakaan tujuan yang memiliki koleksi buku yang mereka cari dan memesan buku tersebut untuk diambil langsung.

Cara Memesan Buku dari Perpustakaan Jakarta Melalui JAKI:

  1. Buka aplikasi JAKI di perangkat Anda.
  2. Pilih ikon Perpustakaan Jakarta di beranda aplikasi.
  3. Cari buku atau novel favorit menggunakan kolom pencarian.
  4. Klik Pinjam Buku Ini.
  5. Pilih perpustakaan tersedia. Klik Selanjutnya. Jika sudah, buku berhasil dipinjam. 
  6. Kunjungi perpustakaan tersebut untuk mengambil buku yang sudah dipesan.

Dengan adanya fitur ini, Jakarta Smart City mempermudah warga Jakarta dalam memesan buku yang ingin mereka baca tanpa harus langsung datang ke perpustakaan. Proses pemesanan yang mudah dan praktis ini mendukung budaya literasi serta memfasilitasi warga untuk lebih terlibat dalam dunia sastra Indonesia dengan membaca.

Kolaborasi dengan Komunitas Bahasa

Jakarta Smart City (JSC) aktif menjalin kerja sama dengan berbagai komunitas bahasa, salah satunya Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta I, untuk mendukung penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik serta memperkaya layanan Jakarta Smart City. Hubungan antara JSC dan Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta telah menghasilkan beberapa kerja sama signifikan sejak 2023. Salah satunya adalah program Abdi Bahasa Kepulauan Seribu yang berlangsung di Pulau Tidung. Program ini bertujuan untuk mendorong literasi digital di kalangan generasi muda, dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan keterampilan bahasa dan pengetahuan mereka.

Selain itu, JSC dan Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta I juga bekerja sama dalam audiensi khusus yang memperkenalkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) kepada penyandang disabilitas tunarungu dan tunawicara. Program ini dirancang untuk membantu mereka mengukur kemampuan berbahasa, sekaligus meningkatkan inklusivitas di Jakarta. 

Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta I juga menyediakan pembawa acara untuk setiap program dan kegiatan JSC, memanfaatkan keterampilan wicara publik unggul yang dimiliki anggota Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta I. Kolaborasi ini memastikan pesan-pesan JSC dapat tersampaikan dengan efektif dan profesional kepada masyarakat.

Rencana kemitraan Jakarta Smart City dengan komunitas bahasa di masa depan masih terus berlanjut. Selain tetap bekerja sama dengan Ikatan Duta Bahasa DKI Jakarta dan komunitas yang sudah dalam jejaring, seperti I Am Polyglot dan Polyglot Indonesia, Jakarta Smart City juga berencana untuk menjalin kemitraan dengan komunitas bahasa lainnya. Maupun memperbanyak ragam kerja sama, seperti menyediakan layanan subtitle dalam Bahasa Indonesia dan bahasa asing untuk produk dan konten digital Jakarta Smart City untuk meningkatkan aksesibilitas dan pemahaman informasi bagi warga. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem bahasa dan literasi di Jakarta, serta mendukung program kebahasaan di tingkat lokal dan nasional.

Fitur Moda Suara untuk Disabilitas di Website Jakarta Smart City

Sebagai pusat inovasi teknologi, Jakarta Smart City berkomitmen untuk menghadirkan layanan digital yang tidak hanya canggih, tetapi juga mendukung bahasa dan literasi bagi semua lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas. Dengan mengembangkan fitur disabilitas dwibahasa dengan Bahasa Indonesia di berbagai website yang dikelola Jakarta Smart City, seperti websitekorporasi JSC, websiteCepat Respon Masyarakat, dan websitePantau Banjir, Jakarta Smart City memastikan bahwa setiap pengguna dapat mengakses informasi dengan nyaman dan mudah.

Terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan pada fitur disabilitas tersebut. Namun, mode Bahasa Indonesia secara spesifik digunakan pada Moda Suara, yang memungkinkan pengguna dengan keterbatasan pendengaran untuk mendapatkan informasi secara audio, termasuk dalam Bahasa Indonesia. Dengan menggabungkan teknologi dan bahasa, Jakarta Smart City memperkuat penggunaan Bahasa Indonesia sekaligus mendukung literasi digital yang lebih luas. Inovasi ini menjadikan teknologi sebagai alat yang memberdayakan semua warga untuk berinteraksi lebih baik dalam dunia digital.

Fitur moda suara berbahasa Indonesia untuk penyandang disabilitas di website Jakarta Smart City dalam rangka Bulan Bahasa

Baca juga: Upaya-upaya Jakarta Inklusi Disabilitas

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan Jakarta Smart City memainkan peran penting dalam mendukung penggunaan bahasa Indonesia dan pengembangan sastra melalui berbagai fitur digital yang inovatif. Mulai dari akses kunjungan PDS H.B. Jassin, cek ketersediaan dokumen sastra, hingga fitur disabilitas berbahasa Indonesia pada website yang dikelola JSC, semua ini merupakan langkah penting dalam menjaga bahasa dan sastra Indonesia tetap relevan di era modern. Sebagai warga Jakarta, yuk ikut merayakan Bulan Bahasa dan Sastra dengan lebih aktif menjelajahi kekayaan literatur dan budaya kita!

Artikel Smart Living Lainnya

Bulan bahasa jadi momen kita mengeksplorasi kekayaan bahasa dan sastra. Beberapa inovasi di bidang bahasa milik di Jakarta ini bisa kamu coba.

Pelayanan kesehatan gratis mudah diakses di Jakarta. Yuk, simak apa saja jenis pelayanan yang bisa dimanfaatkan!

Semua orang bisa mengikuti konsultasi psikologi, termasuk kamu. Dengan menggunakan layanannya, kamu bisa sehat secara mental. Yuk, bahas di sini!

CCTV Jakarta bisa dimanfaatkan untuk memantau hujan dan lalu lintas. Cari tahu cara aksesnya di sini.

Hati-hati dalam menggunakan listrik di rumah! Langkah-langkah ini perlu kamu ketahui untuk mencegah kebakaran.

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.