25 Nov 2021

Cara Cek Titik Banjir di JAKI

Oleh:-

Editor:Aditya Gagat Hanggara

25 Nov 2021

Musim hujan sudah tiba, jemuranmu mungkin sulit kering. Kamu juga mungkin khawatir terhadap risiko genangan dan banjir akibat curah hujan yang sangat tinggi. Titik-titik banjir bisa jadi mengancam tempat tinggalmu atau menghalangi perjalananmu di Jakarta. Kamu bingung, bagaimana caranya mengecek titik banjir di Jakarta, agar kamu bisa mempersiapkan diri saat hujan deras melanda. 

Smartcitizen, untuk menjawab kegundahanmu, JAKI sebagai superapp milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sudah memiliki fitur JakPantau yang dapat membantumu memantau genangan dan banjir di Ibu Kota. Fitur ini merupakan kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Dinas Sumber Daya Air (DSDA) DKI Jakarta, Jakarta Smart City (JSC), dan tentu laporan banjir dari warga yang masuk melalui sistem CRM (Cepat Respon Masyarakat). 

Mengenal Fitur JakPantau di JAKI

Jika kamu belum memiliki JAKI di smartphone-mu, unduh dan pasang terlebih dahulu JAKI melalui Google Play Storeatau Apple App Store. Setelah membuka JAKI dan memilih menu JakPantau, kamu akan dapat melihat tampilan peta Jakarta dengan berbagai fitur JakPantau. 

Pintu Air

Lewat fitur ini, kamu bisa mengecek berapa jumlah pintu air dan di mana saja lokasi pintu air yang ada di Jakarta. Pada menu dropdown Semua Aliran, kamu dapat melihat pintu air mana saja yang aktif di aliran tertentu. Terdapat pilihan Semua Aliran, Aliran Barat, Aliran Tengah, dan Aliran Timur. 

Pos Pengamatan

 

Dengan mengklik Pos Pengamatan, kamu dapat mengetahui titik lokasi pos pengamatan yang aktif pada hari dan tanggal pilihanmu. Kemudian, sama halnya dengan Pintu Air, kamu dapat mengubah opsi aliran yang ada. 

Pompa Air

Pada fitur Pompa Air, kamu dapat melihat persebaran pompa air di seluruh Jakarta. Di setiap titik, bisa terdapat lebih dari satu pompa air. Dalam fitur ini kamu juga dapat melihat berapa total pompa air di Jakarta, baik yang sedang beroperasi maupun yang disiagakan. 

Cek Titik Banjir di JAKI

Berbagai informasi seputar pengendalian banjir seperti pintu air, pos pengamatan, dan pompa air dapat kamu temukan di JakPantau. Lantas, bagaimana dengan info titik banjir di Jakarta? Enggak usah khawatir, kamu tetap bisa mengaksesnya lewat JakPantau, kok. Ikuti langkah di bawah ini untuk tahu cara melihat titik banjir dari tingkat RT di Jakarta: 

  1. Buka fitur JakPantau di aplikasi JAKI.

  1. Klik pilihan “Info Banjir”.

  1. Di bagian kanan atas tekan tombol “Info Banjir (RT)”.

  1. Kamu akan diarahkan kedashboard peta banjir.

Di dashboard pemantauan banjir berbasis RT DKI Jakarta ini, kamu akan dapat melihat titik-titik genangan/banjir di peta jika ada. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui informasi seperti jumlah RT terdampak banjir, luas wilayah terdampak banjir, daftar RT terdampak banjir, data pintu air, serta jumlah RT terdampak banjir per wilayah kota.


Data banjir yang ditampilkan bersumber dari BPBD DKI Jakarta, informasi pintu air didapat dari DSDA DKI Jakarta, sedangkan peta wilayah bersumber dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta. Selain kolaborasi tiga dinas tersebut, penyebaran informasi titik banjir di Jakarta juga tidak terlepas dari kolaborator di lapangan yang melaporkan titik-titik genangan dan banjir dengan detail. 

Jangan Lengah, Tetap Siaga

Dengan curah hujan yang tinggi selama musim hujan, kamu harus tetap waspada terhadap potensi genangan dan banjir di Jakarta. Untuk menghadapi risiko tersebut, fitur JakPantau di JAKI akan siap menemanimu agar tetap siaga. Selain itu, kamu bisa pula menjadi bagian dari pahlawan banjir di Jakarta dengan melaporkan genangan dan banjir yang kamu temukan lewat fitur JakLapor di JAKI. Dengan melaporkan genangan dan banjir lewat JAKI, kamu akan memudahkan petugas untuk menangani banjir dengan tepat serta cepat. Yuk, kita saling bantu dan jaga sesama!

Artikel JAKI Lainnya

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.