15 Mar 2021

Cara Cek Jadwal Vaksinasi Covid-19 di JAKI

Oleh:Ary Chynthia, Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

15 Mar 2021

Proses vaksinasi di Jakarta sudah berjalan sejak 15 Januari 2021 lalu. Tahapan pelaksanaannya dibagi berdasarkan skala prioritas penerima vaksin Covid-19. Tiap penerima vaksin akan mendapatkan dua kali suntikan. Selang waktu antara pemberian suntikan vaksin dosis pertama dengan suntikan dosis kedua adalah 14 hari. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang belum tahu apakah mereka sudah terdaftar sebagai penerima vaksin atau belum.

Tidak perlu khawatir, sekarang kamu bisa cek, pilih, serta daftar jadwal vaksinasi lewat menu vaksinasi di situs web corona.jakarta.go.idatau melalui super-app Jakarta Kini (JAKI). Dengan menu dan fitur baru ini, kamu bisa melihat apakah nama kamu sudah terdaftar untuk suntik imunisasi vaksin Covid-19 atau belum. Selain itu, kamu juga bisa cek jadwal vaksinasi di unit pelayanan kesehatan terdekat. 

Siapa Saja Penerima Vaksinasi?

Dengan mempertimbangkan ketersediaan dan waktu kedatangan vaksin, pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi beberapa tahap. Sebelumnya, Jakarta sudah memasuki tahap vaksinasi yang dikhususkan untuk warga Jakarta berusia 18 tahun ke atas yang memiliki KTP DKI Jakarta, berdomisili di Jakarta, atau bekerja di Jakarta. Saat ini, Jakarta mulai memasuki tahap vaksinasi untuk warga Jakarta berusia 12 tahun hingga 17 tahun. Nah, bagi kamu yang belum memiliki KTP, bisa menggunakan Kartu Keluarga, ya. Perlu diperhatikan juga bahwa ada beberapa kelompok yang tidak boleh disuntik vaksin Covid-19, salah satunya orang yang memiliki penyakit penyerta yang tidak terkontrol seperti diabetes atau hipertensi.

[Yang perlu kamu tahu tentang vaksinasi Covid-19 Jakarta]

Apa Saja Syarat Vaksinasi?

Berikut ini beberapa persyaratan yang perlu dibawa saat  akan melakukan vaksinasi:

  1. Membawa KTP asli ke lokasi vaksinasi;
  2. Membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) untuk warga yang belum memiliki KTP;
  3. Bagi penerima vaksinasi yang mendaftar melalui JAKI atau website corona.jakarta.go.id, menunjukkan hasil pre-screening yang sudah dicetak sebagai bukti pendaftaran.

Cara Menemukan Faskes Terdekat untuk Vaksinasi Covid-19 

Mengacu pada petunjuk teknisdari Kementerian Kesehatan, vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes/Faskes) milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Vaksinasi juga bisa dilaksanakan di Faskes milik masyarakat/swasta yang memenuhi persyaratan. Adapun jenis Faskes yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebagai berikut:

  1. Puskesmas, puskesmas pembantu;
  2. Klinik;
  3. Rumah sakit; dan/atau
  4. Unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Untuk mengetahui lokasi vaksinasi terdekat, kamu bisa menggunakan Google Maps. Kamu hanya perlu mengetik kata kunci seperti “Vaksinasi Covid-19”. Google Maps akan seketika menampilkan titik-titik lokasi vaksinasi Covid-19, beserta informasi pengingat bahwa pelayanan vaksinasi di setiap RSUD atau puskesmas hanya dapat dilakukan dengan janji temu dan dibatasi untuk pasien tertentu (pasien yang sudah terdaftar).

[Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Lewat Google Maps]

Cara Cek Jadwal Vaksinasi Kamu

Untuk melihat apakah kamu sudah terdaftar sebagai calon penerima vaksinasi Covid-19 sangat mudah, begini caranya:

  1. Unduh JAKI lewat Google Play Storeatau App Storedi gawaimu.
  2. Buka aplikasi JAKI.
  3. Kemudian pilih banner “Pendaftaran Vaksinasi Covid-19”.
  4. Masukkan NIK dan nama lengkap kamu. Setelah itu, klik Periksa.

 

  1. Jika kamu sudah pernah mendaftar, maka akan muncul jadwal dan tempat pelaksanaan vaksinasi. Jika belum, kamu akan diminta untuk mendaftarkan diri (lihat gambar di bawah). 

  1. Kamu juga sangat dianjurkan untuk mengisi pre-screening sebelum menuju lokasi vaksinasi. Jangan lupa cantumkan nomor telepon agar petugas kesehatan dapat menghubungimu terkait jadwal vaksinasi. Dalam proses pre-screening ini, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan untuk mempercepat proses antrean di lokasi vaksinasi.

  1. Setelah selesai menjawab, kamu bisa meninjau kembali jawaban-jawabanmu sebelum dikirim. Kemudian, klik Kirim Jawaban Pre-Screening untuk mengirim jawaban kamu.

  1. Jika sudah, kamu dapat melihat jadwal dan tempat pelaksanaan vaksinasi. Jangan lupa unduh dan cetak hasil pre-screening sebagai salah satu syarat yang harus dibawa saat vaksinasi, serta screenshot kode QR untuk ditunjukkan kepada petugas vaksinasi pada hari pelaksanaan.

Informasi Vaksinasi Terkini di JAKI

Aplikasi JAKI selalu menyediakan informasi-informasi terbaru terkait pandemi Covid-19, termasuk pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat DKI Jakarta. Fitur yang baru diluncurkan ini diharapkan dapat melayani masyarakat agar bisa divaksinasi secepat mungkin. Meskipun sudah mendapatkan vaksinasi, Smartcitizen jangan lupa ya untuk menerapkan protokol kesehatan dan melakukan 5M: Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas. Demi memutus rantai penyebaran Covid-19, warga Jakarta bersiap yuk untuk vaksinasi!

Tunggu apa lagi? Ayo unduh JAKIdan cek nama kamu di daftar penerima vaksin sekarang!

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!