27 Okt 2023

Berwisata di Jakarta dengan Bus Monas Explorer

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara

27 Okt 2023

Hayo, siapa di antara Smartcitizen yang suka jalan-jalan di Jakarta? Buat kamu para pecinta wisata, ada yang baru dan cocok buatmu dari Transjakarta! Bus Transjakarta Monas Explorer namanya. Bus ini disediakan oleh PT Transjakarta untuk  warga Jakarta maupun turis yang ingin berwisata, terutama ke Monas. Mau tahu rute bus, jam operasional, dan informasi seputar Monas Explorer lainnya? Simak artikel ini, ya. 

Berwisata dengan Bus TransJakarta Monas Explorer

Sumber: situs TransJakarta

Sekilas Tentang Bus TransJakarta Monas Explorer 

Bus TransJakarta Monas Explorer dengan kode BW10 mulai beroperasi sejak 17 Oktober 2023 lalu. Bus ini melengkapi koleksi bus wisata Transjakarta yang sebelumnya telah ada, yakni Sejarah Jakarta (BW01), Pencakar Langit (BW04), dan Kota Tua-PIK (BW09). Bus Wisata TransJakarta sendiri beroperasi dengan menjelajahi tempat-tempat wisata dan ikonik di Jakarta. Untuk menunjang pengalaman berwisata, bus wisata terdiri dari dua tingkat dengan atap dari tingkat dua yang terbuka. Biasanya, bus juga disertai dengan fasilitas audio yang mendeskripsikan lokasi maupun tempat yang dilintasi bus kepada penumpang.

Sama dengan bus Sejarah Jakarta, Pencakar Langit, dan Kota Tua - PIK, Monas Explorer (BW10) beroperasi setiap hari pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB. Salah satu yang membedakan ketiga bus tersebut ialah rute bus. Sejarah Jakarta (BW01) melayani rute bus Juanda Istiqlal, Museum Bank Indonesia, dan Kali Besar Barat. Pencakar Langit (BW04) melayani rute bus IRTI, Karet, hingga Senayan. Kota Tua-PIK (BW09) melayani rute bus Kali Besar Barat 1, Buddha Tzu Chi, Gold Coast, Food Street, PIK 2 Pantjoran, Melody Golf, Pantai Maju, Melody Golf 2, Seberang Food Street, The Piano, Fresh Market PIK, PIK Avenue, dan Kali Besar Barat 1. Sementara Monas Explorer (BW10) melayani rute bus IRTI, Gambir, Juanda Istiqlal, dan Monas, yang artinya kamu bisa gunakan bus ini untuk pergi jalan-jalan ke Monas, wisata religi ke Masjid Istiqlal, maupun ketika akan berkelana ke luar kota lewat Stasiun Gambir. 

Untuk dapat menggunakan layanan bus Transjakarta Monas Explorer, kamu hanya perlu membawa Kartu Uang Elektronik (KUE). Meskipun begitu, kamu tak akan dikenai biaya apapun untuk naik bus TransJakarta wisata, termasuk Monas Explorer. 

Cek Rute Bus Transjakarta dengan JAKI 

Lepas dari bus wisata Transjakarta ataupun bus reguler, perjalananmu keliling Jakarta bisa lebih mudah lagi dengan aplikasi JAKI. Sebab, JAKI menyediakan fitur Transportasi Publik yang membantu kamu mengetahui jadwal, rute, dan tarif transportasi umum yang dikelola PT JakLingko, termasuk bus Transjakarta.
 

Cek Rute, Jadwal, dan Tarif TransJakarta di JAKI

Cara akses informasinya pun gampang. Kamu tinggal buka aplikasi JAKI, ketik “Transportasi” pada bilah pencarian di beranda, klik fitur Transportasi Publik, dan pilih Transjakarta. Selanjutnya, kamu bisa langsung cari informasi Transjakarta yang kamu mau, deh. Belum punya JAKI? Download aplikasinya di Google Play Storeataupun Apple App Store, gratis! 

Setelah tahu lebih banyak tentang bus TransJakarta Monas Explorer, apa kamu tertarik untuk mencoba? Kalau iya, semoga bisa jadi inspirasi kegiatanmu pada akhir pekan, ya. Untuk informasi lebih lanjut tentang bus Monas Explorer dan inovasi Transjakarta lainnya, pantau  situsTransjakarta atau @pt_transjakartadi Instagram.  

Artikel Smart People Lainnya

Lebaran makin dekat! Enggak perlu panik, ini fitur-fitur JAKI yang bisa bikin persiapan dan perayaanmu makin gampang.

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Sering naik Transjakarta? Catat halte-halte Transjakarta yang dilengkapi musala ini untuk memenuhi kebutuhan ibadahmu.

Bosan beli takjil di situ-situ saja? Coba deh, berburu takjil di pasar, masjid, hingga sekitar stasiun ini.

Kamu naik transportasi publik setiap hari? Mau berbuka puasa di Transjakarta atau MRT Jakarta? Boleh! Ikuti aturannya, ya.

Mau tetap produktif selama bulan Ramadan? Aplikasi JAKI punya fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, cek di sini.