12 Jan 2022

Belanja Bahan Makanan Lebih Hemat dengan JakPangan

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

12 Jan 2022

Mengawali 2022, ini saatnya buat kamu eksplorasi resep makanan yang simpel dan hemat. Hmm, enaknya masak apa hari ini? Mungkin ayam goreng saus Korea atau ingin kentang balado kali, ya? Namun, sebelum itu, persiapkan bahan-bahannya dulu untuk dimasak. Nah, supaya lebih hemat buat belanja bahannya, ada sedikit tips nih untuk cek harga dulu lewat fitur JakPangan di JAKI. Hah, gimana tuh caranya? Yuk, eksplorasi bersama melalui artikel ini!


Yang Terdekat, yang Termurah

Melalui fitur JakPangan di JAKI, kita bisa loh cek dulu harga bahan-bahan makanan yang ada di seluruh pasar Jakarta. Misalnya, kamu ingin belanja ayam buat memasak ayam goreng saus Korea. Di halaman JakPangan, kamu bisa mengetik ayam dalam kolom komoditas. Setelah itu, akan terlihat harga ayam beserta lokasi pasar yang terdekat dengan rumah kita. 

Lalu, di sini kita juga bisa melihat perbandingan harga ayam yang ada di seluruh pasar Jakarta, dari harga tertinggi sampai terendah. Misalnya, untuk harga seekor ayam broiler, paling mahal berada di Pasar Pondok Labu dan termurah di Pasar Grogol. Namun, ada pula beberapa pilihan harga dari pasar lainnya. Kita bisa pilih membeli ayam yang lebih murah di pasar terdekat dengan rumah kita. Nah, kamu enggak perlu khawatir validitas informasi soal harga ini, karena berasal dari Informasi Pangan Jakarta PD Pasar Jaya.  

Oh iya, dalam fitur JakPangan ini pun tersedia informasi tentang nama-nama pasar, nomor kontak, dan daftar komoditasnya. Jadi, bisa lebih simpel buat melihat daftar harga bahan makanan secara lengkap di pasar yang ingin kita tuju. Misalnya, kamu ingin belanja ke Pasar Cipete, maka akan terlihat daftar harganya, dari yang harganya naik (tandanya merah), normal, hingga harganya turun (lihat tanda warna hijau). Berkat informasi mengenai harga ini, kita bisa mempertimbangkan apakah bisa lebih hemat untuk berbelanja bahan makanan di pasar tersebut. Selain itu, kita juga bisa tahu harga bahan makanan yang sedang mahal di pasar, sehingga dapat mempertimbangkan kembali ingin masak apa.  



 Pantau Harga Setiap Hari

Dengan fitur JakPangan di JAKI, kita dapat pula mengecek harga bahan makanan setiap hari, loh! Misalnya, kamu ingin masak kentang balado. Cara untuk mencari harga kentang sama seperti kita mencari harga ayam broiler tadi. Nanti akan tersedia informasi harga kentang berdasarkan hari dan tanggalnya.


 

Nah, seperti ini, kita bisa lihat harga kentang pada 5 dan 6 Januari 2022. Kemudian kita bandingkan harga kentang berdasarkan hari. Di sini bisa dilihat harga kentang per kilogram paling mahal di Pasar Mayestik dan yang termurah di Pasar Induk Kramat Jati. Selain itu, kita juga bisa melihat harga pada hari itu, ada yang naik, turun, dan tetap. Jadi, kita bisa pertimbangkan ingin beli bahan makanan pada hari apa dan di pasar yang terdekat dengan rumah kita. 

Jadi, lebih gampang kan buat mengecek harga dulu, sebelum membeli bahan makanan di pasar-pasar yang ada di Jakarta. Fitur cek informasi harga ini bisa jadi bahan pertimbangan kamu buat belanja bahan makanan. Lumayan kan dapat makanan lezat dan tetap hemat! Makanya, yuk coba masak dan beli bahan makanan bareng fitur JakPangan di JAKI, yang bisa kamu unduh di Google Play Storeatau Apple App Store

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!