10 Mar 2023

Begini Alur Mengikuti Vaksinasi Booster Kedua

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

10 Mar 2023

Smartcitizen, siapa yang sudah dapat asupan vaksin booster kedua? Kalau kamu salah satunya, selamat! Kamu selangkah lebih maju untuk melindungi diri dari Covid-19. Tapi, jangan lalai dan tetap ikuti protokol kesehatan, ya. Buat kamu yang belum vaksinasi booster kedua, ada beberapa hal nih yang perlu kamu ketahui sebelum mengikutinya. Simak berikut ini, ya. 

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Vaksinasi Booster Kedua

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum vaksinasi booster kedua, meliputi persyaratan administrasi hingga kesiapan fisik dan mental. 

  1. Pastikan kamu memenuhi kriteria penerima vaksin

Untuk mendapatkan vaksin booster kedua, seorang calon penerima vaksin wajib memenuhi beberapa syarat berikut.

  • Berusia 18 tahun ke atas;
  • memiliki KTP bagi WNI atau tiket vaksin Covid-19 bagi WNA;
  • sudah divaksin booster pertama (dosis ketiga);
  • sudah lewat tiga bulan sejak dirawat atau satu bulan setelah sembuh dari gejala ringan jika merupakan penyintas Covid-19;
  • sudah lewat 14 hari dari vaksinasi dosis berapa pun dengan merk vaksin berbeda;
  • kandungan sudah di atas usia 13 minggu bagi ibu hamil;

Jangan lupa juga untuk membawa KTP atau tiket vaksinasi yang menjadi syarat vaksinasi ke lokasi, ya. 

  1. Siapkan diri agar tetap dalam kondisi sehat 

Saat vaksin booster disuntikkan ke dalam tubuh, antigen yang terdapat dalam vaksin akan membentuk antibodi. Antibodi inilah yang akan melatih sistem imun seorang penerima vaksin dalam mengenali virus. Ketika penerima vaksin tersebut terjangkit Covid-19, efeknya lebih ringan karena tubuhnya sudah mengenali virus SARS-CoV-2. 

Nah, orang yang sedang dalam kondisi sakit, sistem imun tubuhnya sedang berupaya melawan infeksi yang diderita. Jika kamu divaksinasi dengan kondisi sedang sakit, dikhawatirkan vaksin tersebut akan menimbulkan penyakit lainnya. Oleh karena itu, pastikan kondisimu sehat sebelum mengikuti vaksinasi, ya. Beberapa gejala yang perlu kamu perhatikan seperti flu, batuk, dan gejala penyakit lainnya. 

  1. Atur pola makan dan tidur yang cukup

Agar kebugaran tubuhmu lebih maksimal, kamu dianjurkan untuk mengatur pola makan dan tidur yang cukup menjelang vaksinasi. Mulailah dengan memperhatikan asupan nutrisi dari makanan. Bisa dengan mengonsumsi protein, vitamin, dan mineral setidaknya selama seminggu sebelum mendapatkan vaksin. Upayakan juga untuk mempertahankan asupan nutrisi ini seminggu setelah vaksin, ya. Ada beberapa pula yang perlu kamu hindari agar tidak mengganggu kerja imun, seperti alkohol, selama dua hari menjelang vaksinasi hingga dua minggu setelahnya.

Kemudian, perhatikan pula waktu tidurmu. Cukupi waktu tidur selama 7-9 jam setiap malam dan usahakan tidak begadang setidaknya beberapa hari menjelang disuntik vaksinbooster kedua. Kalau kamu melakukan dua hal ini sebelum vaksinasi, sistem kekebalan tubuh akan bekerja lebih baik untuk melawan Covid-19. 

  1. Tidak Berolahraga Terlalu Berat

Mungkin banyak yang mengira, menjaga kesehatan tubuh sebelum vaksinasi dapat dicapai dengan berolahraga intens. Rutin berolahraga boleh saja, tetapi menjelang vaksinasi upayakan untuk tidak olahraga berlebihan, ya. Kegiatan fisik berlebihan justru berpotensi untuk menurunkan daya tahan tubuh, sehingga dikhawatirkan kondisi kesehatan menurun, yang akan berimbas pada efek vaksin, atau bahkan tidak dapat divaksinasi jika jatuh sakit. 

  1. Hindari Stres

Selain kesehatan fisik, kondisi mental kamu pun perlu diperhatikan lho sebelum vaksinasi. Sebab, kondisi mental dapat berefek pada kesehatan fisikmu. Stres dapat memicu penyakit fisik, seperti sakit kepala, maag, dan lain-lain. Karena itu, menjelang vaksinasi booster kedua, jauhi hal-hal yang dirasa dapat memicu stres kamu, ya. 

Di Mana Lokasi Terdekat untuk Vaksin Booster Kedua?

Setelah semua checklist untuk mendapatkan vaksin booster kedua telah disiapkan, kamu bisa langsung mengikuti vaksinasi. Agar mendapatkan vaksin booster kedua, kamu enggak perlu mendaftar sebelumnya, loh. Tinggal datang ke lokasi vaksinasi terdekat di Jakarta, bawa KTP seluruh Indonesia atau tiket vaksinasi, dan ikuti arahan dari petugas. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sudah menyiapkan layanan vaksinasi sebagai berikut.

Layanan Senin-Jumat sampai dengan 30 Juni 2023:

  • Pukul 08.00-20.00 WIB; dan
  • Lokasi di seluruh Puskesmas Kecamatan serta RSUD terdekat.

Layanan Sabtu-Minggu dengan rincian lokasi dan jadwal sebagai berikut: 
 

Berikut lokasi vaksinasi booster kedua di Jakarta.

Berikut lokasi vaksinasi booster kedua di Jakarta.

Berikut lokasi vaksinasi booster kedua di Jakarta.

Berikut lokasi vaksinasi booster kedua di Jakarta.

Berikut lokasi vaksinasi booster kedua di Jakarta.

Berikut lokasi vaksinasi booster kedua di Jakarta.

Berikut lokasi vaksinasi booster kedua di Jakarta.

Mengingat jenis vaksin yang tersedia di Jakarta sekarang adalah Pfizer dan Zifivax, berikut regimen vaksin booster kedua. Ini akan menjadi acuan untuk jenis vaksin booster kedua yang akan kamu terima. 
 

Ini regimen vaksin booster kedua.

Gimana, kamu sudah lebih paham tentang persiapan serta alur mendapatkan vaksin booster kedua di Jakarta? Tak hanya membantu upaya persiapan Covid-19 menjadi endemi,  vaksinasi booster kedua ini juga pentingsekali loh untuk diri kita. Dengan vaksinasi booster kedua, tubuh kita akan mendapatkan perlindungan yang baik, bahkan jauh lebih maksimal daripada dosis-dosis sebelumnya. Karena itu, yuk vaksinasi booster kedua sekarang! Kalau kamu butuh informasi tentang vaksinasi booster kedua, kunjungi media sosialJakarta Smart City, ya. 

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.