24 Jul 2024

Bedah Data Laporan Januari-Juni dari CRM

Oleh:Eva Simorangkir, Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

24 Jul 2024

Dalam keseharian hidup di Jakarta, barangkali kamu akan menemukan masalah perkotaan, seperti sampah, gangguan ketertiban, dan lain-lain. Sebagai warga, kamu bisa melapor melalui 13 kanal pengaduanresmi. Sistem CRM atau Cepat Respon Masyarakathadir untuk mengintegrasikan 13 kanal aduan ini, agar petugas dapat menindaklanjuti dan menyelesaikan laporan di Jakarta dengan lebih efisien. 
 


 

Pada Januari-Juni atau tepat setengah tahun 2024, ada beragam laporan yang diterima oleh CRM dari warga Jakarta. Di bawah ini adalah data lengkap laporan yang ditindaklanjuti oleh CRM.

Jumlah Laporan Warga Januari-Juni 2024
 

Data laporan CRM Januari-Juni 2024 CRM

Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan

 

Semua laporan yang diajukan oleh masyarakat akan melewati proses konfirmasi, sebelum kemudian disampaikan kepada Perangkat Daerah (PD) yang bertugas untuk menindaklanjuti laporan. Lalu, Biro Pemerintahan melakukan verifikasi, setelah tindak lanjutnya ditangani dengan baik.  Berikut ini adalah jumlah data yang diterima oleh sistem CRM pada Jakarta–Juni 2024:

  • Laporan:
  • Januari: 17.261
  • Februari: 14.863
  • Maret: 15.985
  • April: 13.992
  • Mei: 18.122
  • Juni:15.581

Jumlah laporan: 95.804

  • Pelapor:
  • Januari: 6.107
  • Februari: 5.548 
  • Maret: 5.688
  • April: 5.087
  • Mei: 6.076
  • Juni: 5.768

Jumlah pelapor: 23.530
 

Dapat disimpulkan bahwa terdapat 95.804 laporan yang diterima dari 23.530 pelapor di Jakarta. Sedangkan sepanjang periode enam bulan terakhir, Mei menjadi bulan dengan jumlah laporan terbanyak dan Januari dengan jumlah pelapor terbanyak.  

CRM akan konsisten menindaklanjuti permasalahan yang dilaporkan oleh warga. PD yang bertugas pun segera melayani untuk menyelesaikan masalah yang dilaporkan masyarakat. Inilah data mengenai penyelesaian laporan pada Januari-Juni 2024:

  • Laporan selesai: 14.823 atau 98%
  • Rata-rata waktu penyelesaian: 144 jam atau 6 hari


 


 

Data laporan CRM Januari-Juni 2024 yang selesai

Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan


 

Warga dapat melaporkan permasalahan sesuai dengan beragam kategori. Saat ini, Jalan menjadi fokus perhatian untuk ditindaklanjuti. Dalam kategori Jalan, warga umumnya melapor tentang trotoar berlubang, kendaraan parkir secara ilegal yang mengganggu jalan umum, hingga ketidaknyamanan akibat lampu jalan padam. Lubang di jalan atau trotoar bisa terjadi karena faktor usia atau hujan. Maka, pemerintah akan selalu bersedia untuk menanganinya. Selain itu, untuk pelanggaran yang dilakukan oleh warga lain akan ditindaklanjuti dengan tegas. Berikut ini adalah lima kategori laporan terpopuler pada Januari-Juni 2024:

  1. Jalan: 13.642 laporan
  2. Parkir Liar: 10.212 laporan
  3. Pohon: 9.803 laporan
  4. Sampah: 8.334 laporan
  5. Keluhan Fasilitas Gedung Pemda (sekolah, kantor): 6.399 laporan
     

Data kategori laporan CRM Januari-Juni 2024

Sumber: crm.jakarta.go.id/data-bulanan

 

13 Kanal Pengaduan Resmi CRM

Melapor masalah yang ditemukan adalah salah satu cara untuk membuat Jakarta menjadi lebih baik. Kamu ingin berkontribusi? Gampang! Berikut ini adalah 13 kanal pengaduan resmi dalam CRM yang bisa kamu gunakan:

  1. JAKI
  2. Twitter @DKIJakarta
  3. Facebook Pemprov DKI Jakarta
  4. E-mail dki@jakarta.go.id
  5. Media sosial pribadi Gubernur atau Wakil Gubernur
  6. SMS/WhatsApp 08111272206
  7. Gedung Balai Kota
  8. Inspektorat
  9. Kantor Wali Kota
  10. Kantor Kecamatan
  11. Kantor Kelurahan
  12. Aspirasi Publik Melalui Media Massa
  13. LAPOR! 1708

Baca juga: 

Yuk, ikut buat Jakarta menjadi kota yang lebih nyaman! Jangan lupa ikuti media sosial @cepatresponjktdan @jsclabuntuk informasi lanjut tentang pelaporan masalah di Jakarta.

Penulis dan Editor

Artikel CRM Lainnya

Jika menemukan masalah di Jakarta, kamu bisa melaporkannya secara tatap muka atau digital. Silakan pilih kanal yang paling cocok. Cek di sini, ya!

Selama enam bulan pertama 2024, 13 kanal aduan Jakarta menerima lebih dari 95.000 laporan. Baca selengkapnya di sini.

CRM (Cepat Respon Masyarakat) Jakarta terus menindaklanjuti permasalahan yang dilaporkan. Inilah perjalanannya selama 2023.

Cepat Respon Masyarakat mengintegrasikan 13 kanal aduan Pemprov DKI. Mau dengar apa kata pelapor soal CRM? Baca di sini.

Selama tiga bulan terakhir, CRM menerima berbagai permasalahan publik dari pelapor-pelapor di Jakarta. Ayo, cek di sini!

Pakai Twitter atau Facebook untuk melapor, CRM atau Cepat Respon Masyarakat mengintegrasikan saluran yang sesuai untuk kamu. Ayo, cek di sini!