04 Jul 2023

Beda LRT Jakarta dengan LRT Jabodebek

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Aditya Gagat Hanggara

04 Jul 2023

Ada yang baru, nih! Warga Jabodebek akan menikmati pelayanan LRT (Light Rail Transit) sebentar lagi. Uji coba atau soft launch LRT Jabodebek akan dilakukan pada 12 Juli–15 Agustus 2023 dan beroperasi pada 18 Agustus 2023. Sementara, LRT Jakarta sudah beroperasi sejak 2019. Jadi, beda LRT Jakarta dengan LRT Jabodebek apa, ya? Yuk, mari kita temukan jawabannya!

Kereta

LRT Jakarta dan LRT Jabodebek masing-masing memiliki spesifikasi menarik. Jika dilihat sekilas, maka perbedaan yang paling mencolok dari kedua LRT tersebut adalah jenis kereta yang digunakan untuk melayani penumpang. Mari kita lihat bagaimana kedua rangkaian kereta ini bekerja.

Spesifikasi LRT Jakarta

Asal : Hyundai Rotem, Korea Selatan

Kecepatan : rata-rata 50 km/jam, maksimum 90 km/jam

Kapasitas : 270 penumpang

Beda LRT Jakarta dengan LRT Jabodebek

Sumber: www.lrtjakarta.co.id

Spesifikasi LRT Jabodebek

Asal : PT INKA, Madiun, Indonesia

Kecepatan : kecepatan desain 90 km/jam, kecepatan operasi maksimum

maksimal 80 km/jam

Kapasitas : 740 penumpang (beban normal), 1.480 penumpang (penuh)

Beda LRT Jakarta dengan LRT Jabodebek

Sumber: www.inka.co.id

Rute

Sesuai namanya, rute LRT Jakarta dan LRT Jabodebek pun berbeda-beda. LRT Jakarta beroperasi di Jakarta, sedangkan LRT Jabodebek melewati wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Rute LRT Jakarta

LRT Jakarta melintasi enam stasiun, dari Pegangsangan Dua hingga Velodrome. Kamu pun dapat menggunakan fitur JakLingko di aplikasi JAKI untuk melihat jadwal LRT Jakarta.

Rute LRT Jakarta di JAKI

Sumber: JAKI

Rute LRT Jabodebek

LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun dengan lin:

  • LRT Jabodebek Lin Cibubur
  • LRT Jabodebek Lin Bekasi
Rute LRT Jabodebek

Sumber: @lrt_jabodebek

Tarif

Sebelum berangkat, sebaiknya Smartcitizen siapkan diri untuk membeli tiketnya, nih. Metode pembayarannya pun berbeda-beda, dapat disesuaikan dengan preferensimu.

Tarif LRT Jakarta

  • Rp5.000 untuk jarak jauh atau dekat, bisa dibeli secara tunai di loket atau Ticket Vending Machine;
  • dapat menggunakan kartuSingle Journey Trip dengan deposit Rp20.000 dan sisa saldo Rp15.000. Sisa saldo ini dapat diambil hingga tujuh hari setelah perjalanan; dan
  • dapat menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE): e-money (Bank Mandiri), Flazz (BCA), Tap-Cash (BNI), Brizzi (BRI), JakCard (Bank DKI), JakLingko (Bank DKI/BNI)

Tarif LRT Jabodebek

Penumpang LRT Jabodebek akan dikenakan biaya Rp5.000 untuk perjalanan pertama sejauh satu kilometer. Setiap kilometer berikutnya pun akan dikenai biaya sebesar Rp700. Biaya perjalanan ini ditentukan oleh Kementerian Perhubungan. Pada masa musim coba, penumpang dapat menikmati perjalanan dengan tarif 1 Rupiah. Uji coba ini pun disebut dengan joy trip.

“Pada tapping itu ternyata nol rupiah tidak terdeteksi sistem. Makanya kami terapkan tarif Rp1, sehingga kami bisa lihat apakah sistem yang kami terapkan itu bisa jalan atau tidak, normal atau tidak,” jelas Kuswardojo, Manager Public Relation LRT Jabodebek.

 

Jadi, itulah perbedaan antara LRT Jakarta dan LRT Jabodebek. Dengan menaiki transportasi umum seperti LRT, kamu berarti turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan menciptakan kota yang lebih berkelanjutan. Kamu bisa mengurangi jejak karbon, memperbaiki kualitas udara, dan mengurangi kemacetan di jalan.

Buat kamu yang tinggal di wilayah Jabodebek, selamat menikmati inovasi mobilitas ini sebentar lagi! Untuk informasi terbaru seputar LRT Jakarta dan LRT Jabedebek, silakan cek media sosial masing-masing di LRT Jakarta danLRT Jabodebek, ya!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Mobility Lainnya

Jangan kesasar, inilah 14 koridor Transjakarta dan nama-nama halte terbarunya, per 2024.

Jakarta makin ramah disabilitas! Ada lima unit bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang baru diluncurkan. Baca informasinya di sini.

Beberapa halte Transjakarta punya nama baru, lho! Apakah halte langgananmu salah satunya? Cek di sini.

PT Transjakarta menyesuaikan beberapa rute untuk optimalisasi pelayanan. Inilah rincian rute Transjakarta terbaru sejak Desember 2023.

Gimana sih, biar cepat datang ke konser idola? Intip caranya di sini!

Mau naik Transjakarta gratis? Pastikan kamu salah satu dari 15 golongan ini.