24 Nov 2021

Awali dan Kembangkan Kariermu Lewat Jaknaker

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

24 Nov 2021

Selain kesehatan, pandemiCovid-19 berdampak pada perekonomian di Jakarta. Hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah pengangguran akibat kondisi ekonomi yang tertekan dan pemutusan hubungan kerja. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta berupaya meningkatkan kompetensi dan menyediakan lapangan kerja melalui Jaknaker. Upaya ini juga menjadi salah satu perwujudan dari salah satu pilar kota pintar, smart economy, yaitu untuk mendukung iklim perekonomian yang berkelanjutan dengan meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga melalui penyediaan lapangan kerja. Lalu, apa itu Jaknaker? Mari simak artikel ini. 
 

Kehadiran Jaknaker untuk Penuhi Kebutuhan Warga Terkait Karir

Jaknaker merupakan portal karier kolaborasi antara Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) Pemprov DKI Jakarta dengan PT TopKarir Indonesia. Portal ini berisi informasi terkait lowongan pekerjaan dan magang, pelatihan keterampilan, kewirausahaan, serta sarana pengembangan diri untuk masyarakat, seperti tes minat bakat dan beasiswa. 

Kehadiran Jaknaker bertujuan untuk:

  • Mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing dalam dunia industri.
  • Memajukan perekonomian lewat Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang ada di Jakarta.
  • Menyediakan lapangan pekerjaan untuk menekan angka pengangguran yang ada di Jakarta. 


Lalu, bagaimana cara mengakses Jaknaker? Caranya mudah, kamu bisa buka aplikasi JAKI. Berikutnya, lihat banner yang bertuliskan Cari Lowongan Kerja di Jakarta, seperti tampilan berikut ini:


Setelah mengklik banner ini, kamu dapat melihat dan melamar pekerjaan melalui Jaknaker. Di situ, ada ribuan jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih dengan menyesuaikan spesialisasi kamu. Oke, gimana sih caranya buat melamar pekerjaan di Jaknaker? 

Langkah-langkah Melamar Pekerjaan dengan Jaknaker

Untuk melamar pekerjaan di Jaknaker, bisa melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu bisa klik Login, lalu pilih daftar untuk membuat akun terlebih dahulu.

  1. Lalu, lengkapi profil kamu, seperti nama, surat elektronik, pendidikan, spesialisasi, nomor telepon, tempat tanggal lahir, dan sebagainya. Setelah selesai mengisi profil dengan lengkap, klik Daftar. 

  1. Setelah daftar, kamu bisa login akun Jaknaker dan siap melamar pekerjaan. Kamu bisa memilih Lowongan Kerja ataupun Magang, sesuai dengan apa yang ingin kamu cari. 

4. Kamu bisa memilih beragam pekerjaan di sini. Kamu juga bisa memanfaatkan filter jika ingin mencari nama perusahaan atau spesialisasi pekerjaan. 

  1. Jika ada lowongan yang membuat kamu tertarik untuk melamar, kamu bisa klik Lamar. Atau kamu juga bisa melihat informasi persyaratannya terlebih dulu. Jika kamu sudah mengirim lamaran, nantinya tanda tombol akan berubah menjadi abu-abu.

  1. Untuk melihat perkembangan informasi lamaranmu, kamu bisa mengecek melalui “Akun Saya”. Di situ, akan terlihat laman profil kamu. Lalu, soal lamaran pekerjaan, kamu bisa klik bagian Pekerjaan, maka info status akan terlihat seperti ini. 

  1. Nah, sudah selesai, deh. Kamu tinggal melihat status terakhir dari lamaranmu saja. Selain melamar pekerjaan, kamu juga bisa mendaftar pelatihan, tes minat, bakat, atau melihat berbagai program beasiswa di sini! 


Portal Jaknaker menjadi angin segar buat masyarakat Jakarta yang kesulitan untuk mencari pekerjaan di tengah pandemi seperti ini. Beragam informasi soal ribuan jenis pekerjaan dihadirkan secara lengkap di sini. Selain itu, portal Jaknaker bisa juga dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi soal pelatihan atau melanjutkan pendidikan dengan beasiswa. Nah, gimana kamu tertarik buat berselancar dan memulai karier impianmu melalui Jaknaker? Caranya mudah banget, karena Jaknaker bisa diakses lewat aplikasi super JAKI. Unduh aplikasinya lewat Google Play StoreatauApp Store. 

Artikel Smart Economy Lainnya

Salah satu indikator kota cerdas adalah Smart Economy. Yuk cari tahu apa itu Smart Economy dan berbagai programnya di Jakarta!

Baca kisah-kisah pemilik UMKM Jakarta yang merintis bisnisnya bersama Jakpreneur lewat artikel berikut.

Kalau kamu belum akrab dengan program Jakpreneur, baca artikel ini terlebih dahulu, ya!

Kartu Lansia Jakarta (KLJ) tahun ini akan menjangkau 78.169 penerima. Cari tahu lebih lengkap soal KLJ lewat artikel ini, yuk!