12 Okt 2021

Apa yang Baru dari JAVA di JAKI?

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

12 Okt 2021

Smartcitizen, pernahkah kamu, saat mencoba mengakses layanan informasi terbaru terkait vaksinasi atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta, kamu menghadapi kendala. Kamu juga terkadang merasa bingung untuk bertanya atau kesulitan mencari tempat yang bisa memberikan informasi tersebut dengan cepat. Nah, tenang saja, karena ada asisten baru bernama JAVA yang dapat membantumu untuk memberikan informasi terkait layanan publik melalui apliaksi JAKI. Lalu, hal apa yang bisa dilakukan oleh asisten baru di JAKI ini?


 

JAVA, Asisten yang Siap Membantu

JAVA atau Jakarta Virtual Assistant merupakan chatbot yang bisa membantumu untuk menyediakan informasi dan solusi tentang kendala yang kamu temukan selama mengakses layanan masyarakat di Jakarta. Cara mengakses bantuan dari JAVA ini bisa dilihat pada aplikasi JAKI di bagian pojok kanan atas. Setelah mengetuk ikon bergambar headset tersebut, lalu akan muncul tombol “Yuk Ngobrol” untuk bisa mengobrol dengan JAVA. Kemudian, kamu bisa bertanya tentang solusi atas kendala yang kamu temui saat mengakses layanan di Jakarta ataupun mencari informasi terkait program dari Pemprov DKI Jakarta. 



 

Yang Baru dalam JAVA


 

Sesuai dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat, fitur asisten ini mengalami beberapa pembaruan. Tentunya agar para pengguna JAKI bisa mendapatkan layanan yang lebih spesifik dan akurat. Pembaruan yang akan ditemukan saat kamu mengobrol dengan JAVA adalah informasi yang lebih terfokus pada kendala dan informasi mengenai vaksinasi, PPKM, ataupun layanan terkait pajak. Lalu, informasi apa saja yang bisa kamu dapat nanti? Misalnya, jika kamu mengalami kendala seputar vaksinasi seperti kuota vaksinasi, status pendaftaran vaksinasi yang tidak berubah, ataupun tak bisa mengunduh hasil pre-screening, semua itu bisa kamu tanyakan dengan mudah di JAVA. Nanti, JAVA akan memberikan respons cepat serta jawaban yang akurat sehingga kamu bisa mengetahui solusi atas kendala yang kamu alami dan segera mengetahui langkah apa yang bisa kamu lakukan selanjutnya. 


 


 

Adanya pembaruan ini bisa menjadi alternatif untukmu dalam mendapatkan jawaban yang lebih cepat atas kendala yang kamu hadapi. Kamu nggak perlu lagi kebingungan dalam mencari informasi yang ingin kamu ketahui. Kamu cukup memberi tahu informasi apa yang ingin kamu tanyakan kepada JAVA dan JAVA siap memberikan informasi sesuai dengan yang kamu butuhkan. 


 

Nah, sekarang kamu sudah tak perlu merasa bingung lagi kala memiliki kendala seputar vaksinasi atau aturan yang berlaku selama masa PPKM di Jakarta. JAVA akan membantumu memberikan setiap jawaban melalui pengalaman digital yang baru di JAKI. Dapatkan aplikasi kebanggaan Jakarta ini via Google Play StoreatauApp Store

Artikel JAKI Lainnya

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.