22 Mei 2024

Apa Bedanya JakLingko dengan Mikrotrans?

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

22 Mei 2024

Suka keliling Jakarta? Pasti kamu akan mencari cara yang paling efisien. Di Jakarta, kamu bisa merasakannya berkat sistem JakLingko. Ada banyak moda transportasi yang bisa menjadi pilihan, bukan hanya angkot Mikrotrans. Supaya enggak ketukar, cek perbedaan antara JakLingko dan Mikrotrans, yuk!

 

Mikrotrans, salah satu moda transportasi dari JakLingko. Sumber: Jakarta Smart City

Mikrotrans, salah satu moda transportasi dari JakLingko. Sumber: Jakarta Smart City


 

Tentang JakLingko dan Mikrotrans

 

JakLingko

JakLingko adalah sistem transportasi terintegrasi di Jakarta. Artinya, fisik, layanan, manajemen, dan pembayaran transportasi di Jakarta terhubung/terintegrasi satu sama lain. JakLingko menjalankan berbagai moda transportasi, yaitu:

  1. bus: 

  • Transjakarta,
  • Metrotrans, dan
  • Mikrotrans.

  1. berbasis rel:

  • MRT Jakarta, dan
  • LRT Jakarta.

 

Selain itu, JakLingko juga melayani pembayaran KRL Commuterline. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan KUE (Kartu Uang Elektronik) atau kartu e-moneyJakLingko

Kamu perlu naik ojek online ke stasiun atau halte? Nah, kamu bisa memesan Grab lewat aplikasi JakLingko, lo! Silakan cek caranya di sini, ya.

Kenapa namanya JakLingko? Ia adalah perpaduan antara Jak (Jakarta) dan Lingko. Lingko  berarti sistem pembagian sawah masyarakat Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Pembagiannya berbentuk jaring laba-laba, terhubung satu sama lain di titik tengah. Bentuk itulah yang mencerminkan sistem integrasi transportasi di Jakarta, yaitu moda transportasi yang saling terhubung. 

 

Baca juga: Begini Cara Mendapatkan Kartu JakLingko

 

Mikrotrans

Mikrotrans adalah salah satu moda transportasi yang dijalankan oleh PT Transportasi Jakarta. Ia berbentuk angkot (angkutan kota) yang memiliki desain logo JakLingko. Mungkin itulah sebabnya kita dahulu memanggilnya sebagai “angkot JakLingko”. 

Tarifnya Rp0, tetapi kamu perlu menggunakan KUE untuk menaikinya. Kode rute Mikrotrans ada di atap mobil. Contohnya, kode rute JAK-10A  melayani Gondangdia–Cikini. Jangan lupa untuk turun di halte Metrotrans/layanan non-BRT, ya. 

Mikrotrans. Sumber: Jakarta Smart City

Mikrotrans. Sumber: Jakarta Smart City

 

Pembayaran Mudah Berkat JakLingko

Saat bepergian, ongkos bisa menjadi pertimbangan kita. Nah, JakLingko pun bisa memudahkan kita soal ini berkat program Tarif Integrasi. Ongkos perjalanan maksimal terintegrasi hanya sebesar Rp10.000, semuanya untuk bus (Transjakarta, Metrotrans, dan Mikrotrans) serta transportasi berbasis rel (MRT Jakarta dan LRT Jakarta). 

Jika kamu hanya menaiki satu moda transportasi, kamu dikenakan harga normal. Contohnya, tarif maksimal MRT Jakarta adalah Rp14.000.

Cara Membayar dengan Sistem JakLingko

Tertarik buat merasakan Tarif Integrasi? Selain dengan aplikasi JakLingko, kamu pun bisa menggunakan KUE (Kartu Uang Elektronik) atau e-money untuk perjalananmu. Namun, jangan lupa untuk mengubah status kartumu menjadi Kartu Transportasi JakLingko, ya. Kamu bisa melakukannya dengan BCT (Balance Check Terminal) yang tersedia di stasiun MRT, stasiun LRT, dan halte Transjakarta. Setelah itu, baru deh, sistem Tarif Integrasi bisa dirasakan.


Berdasarkan penjelasan di atas, kita pun paham bahwa JakLingko adalah suatu sistem yang menjalankan beberapa moda transportasi di Jakarta, contohnya Mikrotrans. Dengan sistem transportasi terintegrasi, kita bisa menikmati perjalanan yang lebih efisien. Pilihlah moda transportasi favoritmu dan turun di halte atau stasiun terdekat dengani tujuan. Butuh jadwal transportasi publik di Jakarta? Silakan pakai fitur Transportasi Publik di JAKI, ya. Jangan lupa ikuti juga media sosial @jsclab  untuk informasi lainnya!

Penulis dan Editor

Artikel Smart Mobility Lainnya

Transjakarta sekarang bisa dilacak secara live di Google Maps! Yuk, ketahui cara live tracking, supaya perjalananmu lebih menyenangkan.

Walaupun berhubungan, JakLingko dan Mikrotrans adalah dua hal yang berbeda. Jangan sampai keliru, ya!

Rute Transjakarta dan JakLingko mengalami penyesuaian. Buat kamu pengguna setia moda transportasi publik ini, yuk cek rute terkininya!

MRT Jakarta sudah lima tahun beroperasi. Baru mau mencoba? Ini cara beli tiket dan tarifnya.

Selamat Hari MRT! Diperingati setiap 24 Maret, ternyata ada kisah perjalanan yang panjang, lo. Cek di sini!

Kamu pengguna setia Transjakarta? Ini rute Transjakarta 2024 untuk bus listrik yang perlu kamu catat.