21 Jul 2022

Aneka Kemeriahan Jakarta Fair 2022

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

21 Jul 2022

Jakarta Fair Kemayoran resmi ditutup pada 17 Juli 2022 lalu, setelah berlangsung selama 39 hari sejak 8 Juni 2022. Selama pameran terbesar, terlengkap, dan terlama se-Asia Tenggara ini berlangsung, banyak kegiatan menyenangkan serta aneka booth untuk dikunjungi. Belum sempat berkunjung? Jangan khawatir, kamu bisa baca artikel ini buat tahu hal-hal menarik sepanjang Jakarta Fair Kemayoran 2022.

Penyelenggaraan di Tengah Pandemi

Sebelum mengulik kegiatan sepanjang Jakarta Fair, ada baiknya kita tarik mundur sebelum pameran ini digelar. Sebenarnya apa alasan Jakarta Fair kembali diselenggarakan tahun ini, setelah dua tahun absen karena pandemi? Jakarta Smart City berkesempatan ngobrol dengan Roy Kumar dari Media Center JIExpo terkait hal ini. Ia mengungkapkan, ternyata sejak awal pandemi melanda, panitia Jakarta Fair sudah mempersiapkan event tersebut. “Jakarta Fair memang sempat absen pada 2020 dan 2021. Tapi sebenarnya saat itu kita sedang melanjutkan penjajakan, agar bisa mendapat izin penyelenggaraan dari berbagai pihak. Kemenparekraf, Gubernur DKI Jakarta, dan Satgas Covid-19, misalnya,” ungkap Roy. 

Barulah pada akhir Maret 2022, panitia mendapat surat perizinan serta siap kembali menghadirkan Jakarta Fair. Persiapan dilakukan sedemikian rupa, agar acara berjalan lancar dan aman. Pengunjung, tenant, serta petugas diwajibkan scan PeduliLindungi dan memakai masker. Disediakan pula hand sanitizer serta hand wash di luar dan dalam JIExpo. Satuan Petugas Covid-19 (Satgas Covid-19) juga ikut bersiaga untuk mengingatkan pengunjung, agar tetap memakai masker, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. 

Mengusung konsep Majulah Produk-produk Indonesia untuk Pasar Domestik dan Dunia, Jakarta Fair Kemayoran bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian lokal pasca-pandemi. Tak hanya memberdayakan 2.500 tenant yang 30% di antaranya merupakan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), tapi acara ini juga membuka kesempatan kerja bagi ribuan warga. 

Kegiatan dan Hari Paling Ramai Pengunjung

Setiap hari, Jakarta Fair selalu menyuguhkan hiburan bagi pengunjung, mulai dari pertunjukan barongsai, parade karnaval, hingga kebudayaan Betawi. Pengunjung pun bisa mengelilingi venue dan berbelanja beraneka produk di booth. Ada pula tempat vaksinasi yang bisa kamu kunjungi, jika ingin vaksin selagi berada di Jakarta Fair. Pembagian wilayah Jakarta Fair juga dibagi berdasarkan jenis kegiatan. Untuk kegiatan bersama keluarga, misalnya, ada wahana permainan anak atau spot-spot instagramable yang menark perhatian anak-anak muda. Pada beberapa hari penting, ada pula agenda spesial, seperti pesta kembang api. Namun, pengunjung hanya dapat menikmati kembang api ini pada malam pembukaan Jakarta Fair, malam HUT DKI Jakarta, serta malam penutupan Jakarta Fair. 

Sementara itu, panggung utama Jakarta Fair Kemayoran turut diisi dengan berbagai acara besar, dari konser musik, talkshow berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi seperti Jakarta Smart City, Grand Final Miss Jakarta Fair, hingga pengumuman pemenang Grand Prize berupa 32 unit motor dan 3 mobil. 

Tetapi, di antara sederet kegiatan tersebut, vaksinasi dan konser musik masih menjadi dua kegiatan yang paling ramai diikuti pengunjung.

Vaksinasi Covid-19

Terdapat enam titik lokasi vaksinasi yang tersebar di seluruh penjuru venue Jakarta Fair Kemayoran. Yang berbeda dari vaksinasi Covid-19 di Jakarta Fair adalah, pengunjung bisa mendapatkan voucher ataupun gift setelah divaksin. Tentunya, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga berhasil membantu program pemerintah terkait akselerasi vaksinasi sebagai upaya mitigasi pandemi Covid-19.

Konser Musik 

Konser musik merupakan kegiatan lain yang paling ditunggu-tunggu. Sebab, Jakarta Fair Kemayoran punya line-up musisi ternama dari segala genre musik. Setiap hari, selama sebulan penuh, band ataupun solois yang berbeda-beda tampil menghibur pengunjung. Sebut saja Noah, Maliq D’Essentials, hingga Slank. Ada satu hal yang sedikit berbeda dalam konser musik Jakarta Fair pada tahun ini. Karena dilaksanakan saat pandemi Covid-19, panitia membatasi kapasitas penonton konser musik menjadi 10.000 orang, dengan pembagian line sayap barat dan timur. Meskipun begitu, ini enggak menyurutkan semangat masyarakat untuk menonton. Terbukti, sekitar H-7 atau H-5 konser, tiket sudah habis terjual, sehingga panitia hanya bisa menyediakan tiket tambahan on the spot

Dengan hiburan yang beragam dan tiada henti ini, Jakarta Fair mampu menarik massa untuk berkunjung. Hingga hari terakhir, jumlah pengunjung Jakarta Fair Kemayoran mencapai puncaknya, yakni sebanyak 6,9 juta orang. Jumlah total nilai transaksi pun menembus angka Rp7,3 triliun. 

Beragam Boothdan Aktivasi di Anjungan Pemprov DKI Jakarta 

Anjungan Pemprov DKI Jakarta kembali memeriahkan Jakarta Fair tahun ini. Di anjungan ini, pengunjung bisa menemukan banyak booth Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), hingga mitra Pemprov DKI Jakarta. SKPD/OPD yang bergabung misalnya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. BUMD yang bergabung seperti Perumda Pasar Jaya, Bank DKI, dan lain-lain. Sementara dari mitra, Grab Indonesia turut meramaikan dengan booth berwarna hijau khasnya. Di masing-masing booth ini, ada aktivasi yang bisa kamu ikuti. Misalnya saja di booth Bank DKI Jakarta, kamu akan diajak bertransaksi digital menggunakan JakOne Pay. Mulai dari scan QRIS untuk melakukan pembayaran sampai aktivitas uang elektronik lainnya.
 

Mengenal Ekosistem Kota Pintar di Booth Jakarta Smart City 

Sementara itu, di booth Jakarta Smart City, kamu bisa eksplor dan kenali lebih jauh JSC serta penerapan ekosistem kota cerdas di Jakarta. Ada banyak aktivasi yang bisa dilakukan pengunjung dibooth JSC, seperti virtual tour Pulau Bidadari sebagai bagian dari program Digital Nomad Island yang sedang digarap oleh JSC. Selain itu, ada suatu sudut di booth yang menampilkan prestasi Jakarta Smart City pada ajang ITU WSIS Prizes 2022, IDC Smart City Asia Pacific Awards 2022, ASEAN ICT Awards 2021, dan lain-lain. Pengunjung juga bisa membeli merchandise JSC, seperti kaos dan vest JAKI serta lanyard

Program JSC Fun Learning dan Kelas dengan Peserta Terbanyak

Tak hanya mempromosikan program dan produknya, Jakarta Smart City juga berupaya memberi edukasi kepada masyarakat terkait transformasi digital dari hal-hal sederhana. Hal ini selaras dengan salah satu pilar kota cerdas, yakni smart people (masyarakat cerdas). Upaya ini diwujudkan dalam program Fun Learning, yakni program belajar skills yang dibutuhkan pada era digital secara gratis. Acara Fun Learning ditujukan untuk anak-anak, dengan harapan generasi muda Jakarta sudah mampu mengenal dan mengasah kemampuan berbasis teknologi sejak dini. Tema dari kelas yang diajarkan pun beragam dan sangat up-to-date, seperti kelas ilustrasi, copywriting, menulis blog, coding, hingga data science. Menarik, bukan? 

Kelas berlangsung pada 8-10 Juli dan 15-17 Juli 2022. Untuk mengikuti kelas-kelas ini, pengunjung hanya perlu datang ke booth JSC dan akan langsung diajarkan oleh mentor berpengalaman di bidangnya. Pada akhir kelas, pengunjung juga bisa bertanya seputar topik yang diajarkan. Sebagai alternatif, kelas ini juga bisa diikuti secara online. Dari sekian banyak kelas yang disediakan, kelas Illustration for Beginners menjadi kelas yang paling banyak diikut. Sementara itu, sampai Jakarta Fair ditutup 17 Juli lalu, tercatat 382 pengunjung Jakarta Fair mengunjungi booth Jakarta Smart City. 

Kemudahan Akses Jakarta Fair Kemayoran

Akses biasanya menjadi tantangan tersendiri dalam event besar. Untuk mengantisipasi hal ini, dari jauh hari panitia Jakarta Fair telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, agar dapat meminimalkan penumpukan saat kendaraan ingin masuk area parkir. Salah satu kolaborasi yang berhasil dilakukan adalah membuka rute Transjakarta khusus ke dan dari Jakarta Fair selama 39 hari pameran berlangsung. Adapun rute-rute menuju JIExpo sebagai berikut: 

  • Monas - JIExpo Kemayoran;
  • PGC 1 - JIExpo Kemayoran;
  • Kampung Melayu - JIExpo Kemayoran;
  • Pulo Gadung 1 - JIExpo Kemayoran.

Panitia pun tak letih-letih mengimbau warga yang ingin berkunjung via media sosial, supaya menggunakan transportasi umum demi kemudahan dan kenyamanan bersama.

Jakarta Fair: Harapan dan Proyeksi untuk Unggul di Kancah Internasional

Melihat antusiasme masyarakat terhadap event tahun ini, Jakarta Fair dapat dikatakan sukses menghadirkan pameran terbesar, terlengkap, dan terlama se-Asia Tenggara. Lalu, apa lagi harapan untuk tahun-tahun mendatang? Menutup wawancara, Roy menyampaikan harapannya, “Kami dari panitia sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat dan upaya mereka tetap jaga prokes di tengah antusiasme tersebut. Harapannya, yang bagus dari event tahun ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya, atau bahkan lebih baik dari segala aspek.” Amin. Semoga pada tahun-tahun mendatang, kita bisa menikmati Jakarta Fair lagi, tapi enggak dalam keadaan pandemi, ya, Smartcitizen. 
 

Artikel Smart Branding Lainnya

Festival Ini Jakarta 2022 diselenggarakan pada 16-18 September 2022 di Kota Tua. Kamu sempat datang gak? Baca artikel ini buat tahu keseruannya, ya.

Jakarta International Stadium telah diresmikan! Intip kemeriahan acara grand launching-nya di sini!

Jakarta Fair resmi ditutup 17 Juli 2022. Ada banyak kegiatan serta aneka booth. Gak sempat berkunjung? Jangan khawatir, baca rangkuman di sini.

Bingung ke mana di Jakarta Fair? Wajib banget nih kamu ke anjungan Pemprov DKI Jakarta. Ada apa aja, ya? Baca di sini!

Bertajuk Jakarta Hajatan, sederet rangkaian acara menarik untuk merayakan HUT Jakarta akan berlangsung. Intip daftarnya di sini!

Mal Sarinah telah dibuka kembali. Ia hadir dengan konsep community mall yang menjual 100% produk lokal. Yuk, telusuri Sarinah lewat artikel ini!