27 Apr 2021

Akses Nomor Darurat di Jakarta Lebih Cepat dan Mudah dengan JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

27 Apr 2021

Sebagai warga yang tinggal dan aktif berkegiatan di Jakarta, tentunya kamu ingin keamanan di lingkungan sekitarmu terjamin, bukan? Tingkat keamanan kota yang baik akan menunjang kamu agar semakin nyaman melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, terkadang ada saja hal-hal tak bisa terprediksi yang dapat mengancam keselamatan kita. Oleh karena itu, setidaknya dibutuhkan penanganan yang cepat tanggap.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan tugasnya terkait hal ini dengan mengintegrasikan nomor-nomor telepon darurat yang wajib dimiliki warga Jakarta pada fitur JakSiaga di aplikasi JAKI. Nomor ini dapat dihubungi semisal kamu mengalami kejadian yang mengancam keselamatanmu. Lalu, mengapa harus mengakses nomor telepon layanan darurat melalui JakSiaga? Nomor apa saja yang tersedia? Yuk, simak penjelasan berikut!

JakSiaga: Menghemat Waktu dalam Menghubungi Layanan Darurat

Dalam kejadian darurat yang mengancam keselamatan, dibutuhkan penanganan yang cepat dan tanggap. Waktu adalah kunci utama dalam hal ini. Jika kamu telat meminta pertolongan, akan semakin lama tanggapan dari petugas layanan. Padahal, selisih respons selama beberapa detik saja bisa berpengaruh besar terhadap keadaan hidup dan mati seseorang. 
 




 

Fitur JakSiaga pada JAKI bisa mengantisipasi hal tersebut agar tak terjadi. Kini, kamu tak perlu lagi mencari nomor darurat pada mesin pencari, menyimpannya sebagai kontak terlebih dulu, dan sebagainya. Tinggal buka aplikasi JAKI, pilih fitur JakSiaga, dan nomor-nomor darurat di Jakarta telah tersedia. Selanjutnya, kamu tinggal pilih layanan yang kamu butuhkan. Dengan satu klik, nomornya langsung tampil disertai dengan pilihan untuk melakukan dial. Cukup menghemat waktu, bukan? 

Daftar Nomor Darurat Wilayah DKI Jakarta di JakSiaga

Berikut layanan-layanan darurat di JakSiaga beserta nomornya yang bisa kamu hubungi kalau sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan darurat.

  1. Jakarta Siaga

Pusat pelayanan ini menerima aduan kejadian-kejadian yang mengancam nyawa seperti darurat medis, kebakaran, gangguan keamanan, bencana alam, kecelakaan, kekerasan dalam rumah tangga, juga kecenderungan bunuh diri. Layanan ini dapat dihubungi di nomor 112. 

  1. Layanan Informasi dan Nomor

Kamu bisa menghubungi layanan Penerangan dan Informasi umum ini kalau membutuhkan informasi terkait nomor telepon pelanggan Telkom, kode area domestik, kode area internasional, ataupun informasi umum lainnya. Layanan ini bisa dihubungi di nomor 108. 

  1. PMI (Palang Merah Indonesia)

PMI dibutuhkan bila kamu mengalami kejadian mengancam nyawa ataupun bencana yang mana korbannya membutuhkan donor darah. Kamu dapat menghubungi layanan ini di (021) 3906666.

  1. Polisi

Jika kamu menjadi korban kriminalitas dan butuh bantuan segera, kamu bisa menghubungi call center polisi di 110. Jika pengaduan terbukti valid, operator akan langsung menghubungkan kamu ke Polres.


  1. Posko Bencana Alam

Posko Bencana Alam dapat memberikan bantuan bila kamu mengalami bencana alam. Kamu dapat menghubungi layanan ini untuk meminta pertolongan sandang, pangan, ataupun tempat berlindung yang dibutuhkan. Posko ini dapat dihubungi di nomor 129. 


  1. Posko Kewaspadaan Nasional

Layanan ini menyediakan bantuan terkait keamanan yang berskala nasional dan dapat dihubungi di nomor 122.


  1. SAR (Search and Rescue)

Layanan ini menyediakan bantuan dalam mencari, menolong, atau menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang dalam bencana. Kamu bisa menghubungi SAR di 115.


  1. Sentra Informasi Keracunan 

Bila orang di sekitarmu mengalami keracunan, kamu bisa meminta bantuan informasi ke Sentra Informasi Keracunan. Layanan ini dapat dihubungi di nomor (021) 4250767.

[Layanan Darurat 112, Cara Cerdas Jakarta untuk Melindungi Warga]

 

Nah, itu tadi nomor darurat yang bisa kamu akses di JakSiaga bila membutuhkan pertolongan. Meskipun kita sudah berupaya agar terhindar dari kejadian-kejadian yang mengancam keselamatan, akses terhadap nomor darurat tetap perlu diperhatikan untuk mengantisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Untuk mendapatkan akses nomor darurat dengan satu klik saja lewat JakSiaga, kamu hanya perlu mengunduh JAKIdi Google Play Storeatau Apple Store. Yuk, manfaatkan kemudahan ini agar kita bisa lebih sigap lagi untuk melindungi diri dan sesama!

Artikel JAKI Lainnya

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Ada apa saja di situs web JAKI? Semakin fresh, di sini kamu jadi paham semua yang bikin super!