22 Jun 2023

Ada Apa Aja di Jakarta Fair Kemayoran?

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

22 Jun 2023

Halo Smartcitizen, Jakarta Fair Kemayoran 2023 sudah resmi dimulai, lho! Didampingi Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Presiden Joko Widodo meresmikan pameran terbesar, terlengkap, dan terlama di Asia Tenggara ini pada 14 Juni 2023 lalu.. Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang sebelumnya dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) merupakan salah satu acara tahunan yang paling dinantikan masyarakat ibu kota dan sekitarnya.

Banyak acara maupun hiburan yang turut memeriahkan event yang berlangsung hingga 16 Juli 2023 ini, seperti artis dan grup musik terkini. Bukan hanya itu, berbagai jenis barang dan kuliner bisa kamu nikmati. Beragam diskon dan promo ikut menambah keseruan, sehingga pengeluaranmu dapat lebih terjaga. Berikut ini beberapa hal menarik yang dapat kamu temukan di Jakarta Fair Kemayoran tahun ini.

Pameran Produk dan Bisnis

Pameran Produk

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fair Kemayoran menampilkan berbagai pameran produk dan bisnis. Pameran ini memberi kesempatan bagi kamu untuk melihat dan membeli produk-produk terbaru dari berbagai industri seperti teknologi, mode, otomotif, furnitur, dan banyak lagi. Selain itu, pengunjung dapat pula menjalin hubungan bisnis dengan para pengusaha lokal maupun internasional yang turut berpartisipasi dalam JFK.

Beraneka promo menarik dan grand prize miliaran rupiah pun hadir menambah keseruan event ini.

Aneka Kuliner Lezat

Pameran Kuliner

Jakarta Fair Kemayoran tak lengkap tanpa kehadiran ragam kuliner lezat. Di area makanan, kamu dapat menemukan berbagai stan makanan yang menawarkan beragam hidangan khas Nusantara maupun mancanegara. Termasuk kudapan Betawi seperti kerak telor, selendang mayang, hingga dodol bisa kamu temukan di sini. Jelajah kulinermu untuk menikmati beragam cita rasa yang memanjakan lidah.

Pertunjukan Seni dan Hiburan

Pameran Budaya

JFK pun menawarkan beragam pertunjukan seni dan hiburan yang menarik. Mulai dari konser musik dengan menghadirkan artis dan grup musik terkini, hingga tarian tradisional seperti tari kicir-kicir khas Betawi. Salah satu seni tradisional yang ditunjukkan memang hasil budaya Betawi, sebagai bagian dari kota Jakarta yang dilestarikan.

Selain pertunjukan seni tradisional, Jakarta Fair Kemayoran menyajikan pula hiburan yang sesuai dengan selera masyarakat. Dari artis lokal seperti Rizky Febian, Tiara Andini, hingga Fiersa Besari, sampai grup musik Virgoun, Padi, maupun Ungu bisa kamu nikmati di sini.

Zona Permainan dan Wahana

Arena Hiburan

Bagi pengunjung yang mencari kesenangan, Jakarta Fair Kemayoran menyediakan zona permainan serta wahana yang menghibur. Taman hiburan mini, wahana permainan air, atraksi berbasis teknologi, serta berbagai permainan karnaval akan memastikan adrenalin kamu meningkat dan memberikan pengalaman seru yang tak terlupakan serta ramah anak.

Pameran Budaya dan Kreativitas

Pameran Kreativitas

Pameran budaya dan kreativitas adalah bagian penting dari Jakarta Fair Kemayoran. Kamu dapat menjelajahi dan mempelajari berbagai budaya dari seluruh Indonesia melalui pameran seni, kerajinan tangan, kostum tradisional, serta pertunjukan khas daerah. Ini adalah kesempatan yang sempurna buat kamu untuk mengenal lebih dekat kekayaan budaya Indonesia.

Tidak ketinggalan, Jakarta Fair Kemayoran juga menawarkan diskon dan promosi menarik dari berbagai produk serta layanan. Beraneka penawaran menarik dari berbagai merek terkenal dapat ditemukan di area pameran. Cocok buat kamu yang ingiin mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga terbaik.

Anjungan Pemprov

Kegiatan Booth

Jakarta Fair Kemayoran 2023 diadakan sebagai bagian dari merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-496. Dengan mengusung tema ‘Jadi Karya Untuk Nusantara’, event ini juga menyediakan pameran atau anjungan dari berbagai provinsi sebagai bentuk pengenalan budaya daerah

Anjungan provinsi tersebut bisa kamu temui di Hall C, JIExpo Kemayoran. Salah satu anjungan terbesar di sana adalah milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang terletak di Hall C1, berisi berbagai booth dinas ataupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ikut meramaikan dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti Jakarta Smart City yang tidak hanya sekadar menghadirkan booth tapi juga mengisinya dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan seperti games dan merasakan tur virtual melalui Digital Xperience serta mendapatkan stiker khas JSC akan memberikan kenangan tersendiri bagimu.

Dengan beragam acara dan keunikan yang ditawarkan, Jakarta Fair Kemayoran 2023 adalah tempat yang sempurna buat kamu yang mencari hiburan, kuliner, budaya, serta kesenangan dalam satu tempat. Acara ini menjanjikan pengalaman berkesan dan kesempatan tak terbatas untuk menjelajah sambil belajar serta bersenang-senang.

Jalan-jalan naik busway keliling Jakarta, jangan lupa menikmati pemandangan. Yuk, ajak teman dan keluarga, ke Jakarta Fair Kemayoran! Jangan lupa pula mengikuti media sosial JSC dan Jakarta Fair buat mendapatkan info menarik lainnya. Sampai bertemu di sana, Smartcitizen.

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!