17 Jun 2022

Acara Seni di Jakarta Hajatan, Semua Diundang!

Oleh:Teresa Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

17 Jun 2022

Kamu anak seni banget? Bergembiralah, bulan ini kita bakal dibanjiri banyak acara seni dalam rangkaian acara Jakarta Hajatan. Yuk, persiapkan diri dan lihat apa aja yang hits di Jakarta!

Merayakan Ultah Jakarta ke-495 di TIM Wajah Baru

Akses transportasi umum: Stasiun Cikini, Transjakarta 5M (Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini), Transjakarta 6H (Lebak Bulus-Senen).

Alamat Taman Ismail Marzuki:  Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Sebuah sepatu kuning keemasan di atas arang akan menyita perhatian kita ketika memasuki Galeri Annex, Taman Ismail Marzuki. Instalasi Dwi Rustanto ini satu dari 40 karya perupa yang mengikuti pameran bertajuk Betawi Masa Kini, Masa Gitu?! Berlangsung pada 3-12 Juni 2022, pameran yang dihela Kilau Art Studio bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta tersebut merupakan bagian dari acara Bulan Seni Rupa dalam rangka Jakarta Hajatan ke-495 selama Juni ini.

Naik ke lantai atas, kita bisa menikmati secara dekat dua karya yang digantung di dinding tangga, suatu hal unik di Taman Ismail Marzuki setelah tiga tahun direvitalisasi. Di sini, kita akan melihat hasil cukil kayu Dida Natalsya, putri perupa legendaris Amrus Natalsya yang bersetia dengan teknik dan medium cukil kayunya. Judulnya “Akulturasi”, menggambarkan sepasang pengantin Betawi yang dipengaruhi budaya Tionghoa dan Arab. Sebuah refleksi tentang orang Indonesia yang bermoyang dari migran Yunan di Cina Selatan, lalu berakulturasi dengan pedagang Arab dan India serta penjajah Eropa dalam perjalanan zaman, tak terkecuali etnis Betawi di Jakarta. 

Foto: E-Katalog Pameran

Dalam lukisan Together with Us, Rhafika Adelia merekam dua tradisi orang Betawi, nyambat (bergotong royong) dan nyorong (saling mengantarkan makanan saat Hari Raya). Dengan warna-warna cerah di kanvas, mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Mercu Buana asal Baturaja, Sumatera Selatan, itu melukiskan keguyuban masyarakat lokal Jakarta di tengah individualisme kota.  

Bukan hanya romantisme etnik Betawi, problem Jakarta juga mengemuka dalam pameran ini. Hagung Sihag, misalnya, melukis tokoh punakawan wayang, Petruk, berlari membawa ikan bermata silang merah. Dalam lukisan hitam putih berjudul “Ecology Jangan Lupa Yee”,  Dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara tersebut prihatin terhadap sampah.

“Petruk melihat Jakarta dengan sungai yang bermuara penuh sampah di Kepulauan Seribu, kiriman orang daratan Jakarta. Orang pulau dan habitatnya tercemar sampah plastik, styrofoam, dan lain-lain,” katanya.

Dalam pameran yang berlangsung hingga 30 Juni 2022, di lantai dua Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki, kita akan dibuat terpesona dengan patung ekspresif Bambang Win yang terbuat dari fiberglass, “Balap Karung”. 

Di lantai satu, Mushaf Al Quran Betawi menggoda mata kita. Firman Tuhan yang ditulis dengan bahasa Arab, tetapi dihiasi dengan bingkai bercorak khas Betawi seperti gambang kromong.

Asyik, kan? Dari instalasi, cukil kayu, lukisan, patung, hingga Mushaf Al-Qur’an dapat kamu nikmati. Temanya pun beragam, dari keunikan tradisi Betawi, problem metropolitan Jakarta, sampai keriangan anak-anak bermain. Nah, tertarik melihat pameran Bulan Seni Rupa di Taman Ismail Marzuki yang berwajah baru?

JIExpo Music Concert, JIExpo Kemayoran

Akses transportasi umum: Stasiun Kemayoran, Halte Kemayoran Landas Pacu Timur (Transjakarta rute 14, JIS 3, dan 12), Halte JIExpo Kemayoran (hanya tersedia saat Pekan Raya Jakarta).

Alamat JIExpo Kemayoran: Jalan Benyamin Suaeb No. 1, Pademangan Timur, Pademangan, Pademangan Tim., Pademangan, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta


Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair biasanya identik dengan belanja dan diskon besar-besaran. Tapi, selain belanja, kita juga selalu disuguhi acara hiburan dan pameran. Bedanya, tahun ini akan ada konser musik besar-besaran di JIExpo yang disebut the longest concert. Deretan musisi-musisi Indonesia seperti  Endah N Rhesa, NOAH, Jason Ranti, serta MALIQ & D’Essentials akan membawakan karya-karya mereka, siap memeriahkan Jakarta Hajatan. Konser musik ini berlangsung mulai 9 Juni hingga 17 Juli dan tiketnya bisa Smartcitizen dapatkan secara online di jakartafair.co.id. Ikuti @jakartafairiddi Instagram supaya enggak ketinggalan kabar terbaru!

Konser +Jakarta, Teater Besar Taman Ismail Marzuki

Akses transportasi umum: Stasiun Cikini (beroperasi hingga pukul 00.04), Transjakarta 5M: Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini (beroperasi setiap hari mulai  05:00 WIB hingga 21:00 WIB dari Kampung Melayu, dan sekitar pukul 22:00 WIB dari Tanah Abang), Transjakarta 6H (Lebak Bulus-Senen).  

Alamat Taman Ismail Marzuki:  Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Bertajuk “Tenteram Jiwa Dalam Suara”, pada Sabtu, 11 Juni 2022, Teater Besar Taman Ismail Marzuki akan diselimuti alunan syahdu dari musisi tanah air. Dijelaskan dalam akun Instagram @plusjakarta, agenda musik ini mendamaikan hati lewat suara, mengajakmu mengenal, menghargai, dan menyayangi diri sendiri. Kamu yang ingin healing sejenak dari ingar-bingar kehidupan, cobalah merapat ke sini.

Jakarta Punya Cerita, Hotel Borobudur

Akses transportasi umum: Halte Transjakarta Pasar Baru (Transjakarta rute 3, 5C, dan M3, beroperasi hingga pukul 22.00 WIB), Stasiun Juanda (beroperasi hingga pukul 23.56)

Alamat Hotel Borobudur:  Jl. Lap. Banteng Selatan No.1, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

Memeriahkan Jakarta Hajatan, Hotel Borobudur mulai mengadakan perayaan bertema Jakarta Punya Cerita sejak 2 Juni 2022 lalu. Tema yang diusung ini merupakan wujud dari semangat Hotel Borobudur untuk memelihara kebudayaan Jakarta. Kalau kamu berkunjung ke sini, perhatikan saja area lobi yang langsung menyambutmu dengan dekorasi elegan dan mewah ala Betawi tempo dulu. Perayaan ini juga diharapkan dapat mewadahi pegiat seni dan budaya untuk unjuk gigi dengan karya mereka, sekaligus untuk menggaungkan dukungan terhadap produk dalam negeri. Selama pameran berlangsung, Hotel Borobudur juga mengadakan kegiatan seni lain seperti Art Seminar & Workshop pada 12 Juni 2022 dan akan ditutup dengan Art Competition bertema Hotel Borobudur dan Kota Jakarta pada 17 Juni 2022.

Itulah agenda seni Jakarta Hajatan yang akan menghibur kita untuk merayakan hari jadi Jakarta. Tetap gunakan masker, jaga jarak, serta bawa hand sanitizer selama jalan-jalan supaya aman dan nyaman.

Penulis dan Editor

Artikel Events Lainnya

Kalau lagi nyari event-event asyik buat isi libur panjang, coba cek ini!

Hobi nonton acara kesenian dan kebudayaan? Jakarta punya banyak. Yuk, cek di sini!

Tak lagi menjadi ibu kota pada 2024, Jakarta siap menjadi kota global. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan? Cari tahu di sini!

Kegiatan utama Hack4ID x JAKI rampung minggu lalu! Selama dua hari, startup founders berinovasi mengembangkan JAKI. Simak keseruannya di sini.

Dalam tiga hari, Berlin dan Jakarta menampilkan kesuksesan hasil kerja sama sebagai sister cities. Yuk, simak keseruannya!

Ini adalah daftar event di Jakarta yang dikuratori khusus untukmu. Enggak bakal bosan deh, minggu ini!