02 Jun 2022

5 Rekomendasi Spot WFA Seru di Jakarta

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

02 Jun 2022

Sejak dunia dilanda pandemi Covid-19, budaya bekerja dari rumah atau work from home mulai marak diterapkan oleh perusahaan. Bahkan saat ini, sistem kerja tersebut sudah berkembang menjadi work from anywhere atau bekerja dari mana saja. Sistem ini memungkinkan pekerja dan pegiat bisnis untuk bekerja dengan waktu yang lebih fleksibel, dengan kondisi yang lebih aman dan nyaman bagi kesehatan jasmani maupun mental. Gimana nih dengan kamu, Smartcitizen? Tertarikkah untuk kerja dari mana saja? Jika iya, ini beberapa rekomendasi tempat asyik yang bisa kamu gunakan untuk bekerja di Jakarta.

Tebet Eco Park

Kalau kamu butuh tempat kerja yang asri dan menyegarkan mata, Tebet Eco Park bisa jadi pilihan. Sebelum direvitalisasi, area hijau ini merupakan dua taman terpisah, yakni Taman Honda dan Taman Bibit yang letaknya berseberangan. Kedua taman tersebut dipisahkan oleh jalan raya yang padat kendaraan bermotor. Setelah direvitalisasi menjadi Tebet Eco Park, kedua taman tersebut menjadi lebih asri. Keduanya, yang dikenal sekarang dengan istilah Zona Utara dan Zona Selatan Tebet Eco Park, telah terhubung melalui Infinity Link Bridge, sebuah jembatan berlambang infinity (tak terhingga).

Di Zona Utara taman, kamu bisa menemukan Plaza, Thematic Garden, Community Lawn, dan Event Lawn. Thematic Lawn merupakan area yang ditumbuhi tanaman bertema. Community Lawn dan Event Lawn adalah tempat penyelenggaraan acara atau kegiatan komunitas. Nah, untuk kamu yang berencana kerja dari Tebet Eco Park, kamu bisa mengunjungi Plaza. Sebab, di area ini terdapat kios-kios UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) untuk jajan, toilet, serta musala yang mungkin akan kamu butuhkan selama bekerja.

Lelah bekerja? Jangan khawatir! Kalau naik ke jembatan infinity, kamu dapat beristirahat sejenak dengan foto-foto atau sekadar mengistirahatkan mata dengan melihat tumbuhan hijau. Jika berjalan di jembatan, kamu akan menuju Zona Selatan Tebet Eco Park. Pada sisi ini, kamu memang perlu lebih kreatif lagi mencari tempat yang bisa digunakan untuk bekerja. Namun, ada beberapa area yang bisa kamu jadikan tempat bersantai untuk melepas penat, misalnya Wetland Boardwalk, Children Playground, Community Garden, Community Pavilion, serta River Naturalization.

Di Wetland Boardwalk, kamu akan temukan sungai yang bebas sampah. Anak-anak yang datang ke taman ini juga dapat bermain, berlari ke sana kemari di area Children Playground berupa sebuah ruang lapang yang disertai dengan perosotan, panjat-panjatan, serta sederet mainan penunjang aktivitas anak lainnya. Hal unik lain tentang Tebet Eco Park adalah tersedia alat fitness yang bisa dipakai secara cuma-cuma oleh pengunjung. Para penggemar gowes juga tak perlu khawatir jika ke sini karena parkir sepeda sudah disediakan. Komplit sekali, kan?

Pokoknya, Tebet Eco Park cocok banget jadi tempat kerja buat kamu yang suka suasana asri. Kalau kamu memang tertarik bekerja dari Tebet Eco Park, cari lebih banyak informasi tentang taman ini terlebih dulu. Kamu bisa baca ulasan Jakarta Smart City ini.

Perpustakaan Kemendikbudristek

Enggak cocok bekerja di taman dan ingin suasana kerja di tempat indoor nan adem? Cobain kerja dari perpustakaan di Jakarta deh! Salah satu perpustakaan yang mumpuni dan sering dikunjungi banyak warga Jakarta untuk belajar ataupun bekerja adalah Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Perpustakaan ini berada di dalam kompleks gedung Kemendikbudristek serta dikelola langsung oleh Kemendikbud. Tak heran, ia dilengkapi dengan fasilitas lengkap yang dapat menunjang kenyamananmu bekerja.

Seperti perpustakaan pada umumnya, ketika baru masuk, kamu akan diminta untuk menitipkan tas dan barang bawaan. Begitu memasuki ruangan, kamu dapat memilih spot terpewe untuk kamu kerja, bisa di kursi ataupun sofa. Ruang tersebut juga dilengkapi dengan AC, sehingga kamu akan tetap adem, bahkan setelah kerja berjam-jam. Tak perlu khawatir ketika kamu membutuhkan akses internet, sebab tersedia WiFi gratis selama 60 menit yang tentunya dapat diperpanjang. Ada cukup banyak stop kontak juga untuk kamu yang bekerja menggunakan gadget.

Mengingat tempat ini adalah perpustakaan, hiburan yang bisa kamu dapatkan jika ingin rehat sejenak dari kerjaan tentu berkaitan dengan buku. Koleksi buku Perpustakaan Kemendikbudristek memang lebih fokus pada pendidikan, budaya, dan riset, sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan buku ataupun jurnal bertema serupa. Namun, jangan khawatir, tetap ada buku non-akademis yang lebih ringan, kok. Selain buku, terdapat alternatif hiburan lain yang perpustakaan ini sediakan, yakni e-book, audiobook, dan koleksi film.

Jika ingin refreshing sejenak dari kerjaan, kamu bisa memanfaatkan berbagai hiburan tersebut. Ingin menonton film? Datangi teater mini. Teater ini memiliki daya tampung hingga 27 orang, loh. Kamu juga dapat duduk di ruang audiovisual jika ingin menikmati media audiovisual yang disediakan oleh perpustakaan. Butuh mencetak dokumen? Perpustakaan Kemenbudristek punya mesin fotokopi yang bisa dipakai.

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan lain yang bisa kamu kunjungi untuk work from anywhere adalah Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Berlokasi di Taman Ismail Marzuki, perpustakaan ini terdiri dari 3 lantai. Di lantai 1, kamu bisa menemukan ragam koleksi buku. Di lantai 2, tersedia playground yang beroperasi pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada jam tertentu. Selain itu, terdapat pula ruang membaca khusus anak-anak. Berkat adanya buku-buku anak, karpet, serta tempat duduk di sana, anak-anak yang berkunjung dapat membaca dan bermain dengan puas, tanpa harus takut mengganggu ketenteraman pengunjung lain. Naik ke lantai 3, kamu akan menemukan aneka referensi khusus. Namun, yang satu ini hanya bisa dibaca di tempat saja, ya.

Jika ingin berkunjung, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah menukar KTP dengan kunci loker, lalu menitipkan barang-barangmu di sana. Setelah itu, barulah kamu dapat menjelajah ruang satu per satu. Melihat fungsi ruang yang ada, tentunya kamu bisa menggunakan ruang baca di lantai 1 sebagai tempat bekerja. Kamu bebas duduk di kursi ataupun karpet. Ruang perpustakaan senyap, dilengkapi dengan AC dan pencahayaan yang terang, sehingga bekerja pun lebih nyaman. Untuk mengakses WiFi, kamu bisa menanyakan password kepada petugas terlebih dulu.

Jika kamu tak hanya ingin bekerja, cobalah baca buku yang tersedia. Ada berbagai koleksi, baik dari luar maupun dalam negeri. Tapi, untuk dapat meminjam dan membawa pulang buku-buku tersebut, kamu wajib menjadi anggota perpustakaan. Oh ya, keanggotaan hanya bisa diproses jika kamu memiliki KTP Jakarta, ya.

Thamrin 10

Bekerja dari pagi hingga sore tentu membuat energimu terkuras. Terkadang, kamu pun perlu cemilan untuk mengisi perut atau sekadar membuatmu tak lagi ngantuk. Kalau kamu butuh tempat kerja yang menyediakan banyak pilihan makanan, Thamrin 10-lah solusinya! Sebelum menjadi food & creative park, Thamrin 10 merupakan lahan parkir bagi pekerja di sekitarnya. Tetapi, seiring anjuran Pemprov DKI Jakarta agar masyarakat menggunakan transportasi umum, lahan parkir ini disulap menjadi ruang terbuka yang menyediakan beragam gerai makanan dan minuman milik UMKM serta bagi acara komunitas.

Terdapat dua area yang bisa kamu gunakan untuk duduk dan bekerja, yaitu area bawah yang dikelilingi gerai makanan dan minuman serta area atas yang berada di atas gerai-gerai tersebut. Makanan dan minuman yang dijual sangat beragam serta terjangkau. Dari makanan ringan hingga berat ada. Jika sudah lelah bekerja, selain bisa makan dan minum, kamu juga dapat foto-foto di area atas yang memiliki spot-spot instagrammable. Namun, kalau kamu ingin bekerja di Thamrin 10, pastikan baterai gadget sudah terisi penuh, ya. Tidak tersedia stop kontak kecuali di gerai. Untuk keadaan darurat, kamu bisa menitipkan gadget kamu kepada penjual untuk di-charge di sana. Overall, Thamrin 10 tetap oke kok buat kamu yang ingin bekerja hanya dua sampai tiga jam saja.

Bakoel Koffie

Tempat makan, kafe, atau kedai kopi biasanya jadi pilihan utama kalau ingin bekerja dari luar rumah ataupun kantor. Ruang yang adem, bisa makan dan minum, serta tak perlu takut kehabisan daya baterai gadget adalah alasannya. Bahkan, di sebagian tempat makan, kita diperbolehkan duduk untuk jangka waktu yang lama. Nah, salah satu tempat yang bisa memfasilitasi hal ini adalah Bakoel Koffie.

Berawal dari sebuah warung nasi, Bakoel Koffie didirikan pada 1870-an oleh seorang imigran dari Tiongkok bernama Liaw Tek Siong. Pada 1878-an, barulah ia menjual kopi di kedai Tek Sun Ho Eerste Weltevredensche Koffiebranderi di dekat Kali Ciliwung. Kini, kedai kopi tersebut sudah pindah tangan ke generasi keempat dan berlokasi di sebuah ruko daerah Menteng.

Baru masuk ke kedai kopinya saja, kita sudah disuguhi dengan desain ruang ala zaman kolonial. Terdapat cukup banyak meja dan kursi, baik di lantai 1 maupun 2. Karena letaknya yang strategis di dekat Kantor Pos Cikini dan Taman Ismail Marzuki, cukup banyak orang yang datang untuk sekadar bertemu teman, makan siang, kerja, hingga meeting di Bakoel Koffie. Nah, kamu bisa memilih salah satu sudut yang tenang untuk menjadi tempat kerja. Untungnya, ada banyak stop kontak yang bisa kamu gunakan.

Kamu tak minum kopi? Engak perlu khawatir! Bakoel Koffie juga memiliki minuman non-kopi seperti teh dan jus buah. Makanan yang dijual juga sangat beragam, yakni cita rasa Indonesia dan internasional, dari jajanan pasar, makanan berat, sampai makanan penutup. Harganya juga bervariasi dan cukup terjangkau untuk ukuran kedai kopi di kota Jakarta, sekitar Rp50.000 sampai Rp100.000 per orang. Bakoel Koffie sendiri buka sejak pukul 09.00 pagi hingga 23.30 malam. Kamu bisa duduk di sana berjam-jam, tapi mungkin harus memesan lagi jika ingin tinggal sampai malam. Namun, mengingat harganya yang masih terjangkau, Bakoel Koffie worth it kok untuk jadi tempat kerja!

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat buat Smartcitizen yang mau work from anywhere. Jakarta punya beragam ruang, baik yang dikelola pemerintah ataupun swasta, yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bekerja. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta pun sedang mencanangkan Digital Nomad Jakarta, yakni sebuah program yang memfasilitasi kebutuhan pekerja dan pegiat bisnis untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja. Ingin tahu lebih banyak tentang programnya? Tonton video berikut, ya. Akhir kata, selamat menjelajahi spot-spot kerja dari mana saja di Jakarta!

Artikel Smart People Lainnya

Lebaran makin dekat! Enggak perlu panik, ini fitur-fitur JAKI yang bisa bikin persiapan dan perayaanmu makin gampang.

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Sering naik Transjakarta? Catat halte-halte Transjakarta yang dilengkapi musala ini untuk memenuhi kebutuhan ibadahmu.

Bosan beli takjil di situ-situ saja? Coba deh, berburu takjil di pasar, masjid, hingga sekitar stasiun ini.

Kamu naik transportasi publik setiap hari? Mau berbuka puasa di Transjakarta atau MRT Jakarta? Boleh! Ikuti aturannya, ya.

Mau tetap produktif selama bulan Ramadan? Aplikasi JAKI punya fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, cek di sini.