25 Jul 2022

Alasan Terowongan Kendal Kini Makin Hits

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

25 Jul 2022


 

sumber: Tren Asia

Terowongan Kendal. Ya, kawasan transit di bawah Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, ini sedang digandrungi kalangan anak muda, terutama dari Citayam, Bojonggede, dan Depok. Mereka berkumpul sekaligus adu outfit yang terkenal dengan Citayam Fashion Week di kawasan ini. Sebelum ada fenomena anak muda SCBD (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok), Terowongan Kendal juga sudah diminati warga Jakarta dan sekitarnya. Hmm, kira-kira apa sih yang bikin warga betah untuk menghabiskan waktu di hits spot satu ini? Ini dia alasannya! 

Mudah Diakses Transportasi Umum

Untuk bisa datang ke kawasan ini, banyak pilihannya, bisa naik KRL, MRT, Transjakarta, atau kereta api bandara. Bagi yang menggunakan KRL dari jalur Bekasi, bisa turun di Stasiun Sudirman, apabila dari jalur Bogor, bisa transit di Manggarai untuk bisa sampai ke Stasiun Sudirman. Untuk yang ingin menggunakan MRT, nanti bisa turun di Stasiun Dukuh Atas BNI. Adapun bagi yang ingin pergi ke luar kota menggunakan pesawat, bisa naik kereta bandara, di Stasiun BNI City. Jikalau ingin naik Transjakarta, ada halte terdekat dengan kawasan ini, di Halte Tosari. Rute Transjakarta lain yang melewati halte-halte ini diantaranya 1 (Blok M-Kota), 6B (Ragunan-Monas Via Semanggi), 1N (Tanah Abang-Blok M), 1P (Terminal Senen-Blok M) dan juga bus wisata. Jadi, dalam satu kawasan ini ada berbagai macam tempat pemberhentian dari transportasi publik. Nah, Dukuh Atas memang dirancang sebagai kawasan Transit Oriented Development (TOD). Tak heran jika di kawasan ini warga bisa dengan mudah untuk beralih moda transportasi, dari KRL, mau lanjut naik MRT, atau transportasi lainnya. Akses transportasi umum yang mudah dijangkau membuat siapapun bisa datang ke kawasan ini. 

Punya Spot Ciamik dan Instagramable

Selain mudah dijangkau oleh beragam transportasi umum, kawasan Dukuh Atas memiliki banyak spot foto yang ciamik. Di Terowongan Kendal, misalnya, ada mural yang memanjakan mata, atau lampu warna-warni jika melintasi kawasan ini pada malam hari. Pilihan lainnya, tentu saja gedung-gedung pencakar langit di depan Stasiun Sudirman dan Stasiun MRT Dukuh Atas BNI. Nah, pada spot ini, banyak anak muda yang gemar pamer outfit dan berlagak seperti model papan atas. Makanya enggak heran, kalau salah satu rekomendasi spot foto ter-instagramable jatuh pada kawasan transit ini. 

Bisa Jadi Meeting Point 

Karena kawasan Terowongan Kendal sangat strategis, maka cocok banget buat dijadikan tempat titik ngumpul favorit warga. Apalagi jika ada yang memiliki teman yang tinggalnya di sekitar Jakarta, bisa buat ketemuan di spot ini. Bisa banget kan buat mengisi waktu dengan berinteraksi atau bahkan membuat konten di media sosial bersama. Selain itu, kawasan ini merupakan ruangan terbuka, jadi warga dapat pula membuat pertunjukan musik, olahraga sepeda, atau bermain skateboard di sini. Enggak hanya itu, kawasan di sekitar Terowongan Kendal kian menarik berkat berbagai pilihan kedai makanan atau penjual makanan dan minuman bersepeda. Jadi makin betah deh ngobrol berlama-lama di sini sembari icip-icip kuliner enak. 

Nyaman Bagi Pejalan Kaki

Kawasan Dukuh Atas memiliki fasilitas yang nyaman bagi warga untuk berjalan kaki. Dalam terowongan yang lebar bisa terlihat banyak orang yang berlalu lalang, entah untuk bepergian, bekerja, atau nongkrong. Tepat di area terowongan, kendaraan bermotor tidak diperkenankan masuk, karena hanya diprioritaskan untuk pejalan kaki. Alhasil, para pejalan kaki tidak perlu merasa was-was dan bisa jalan santai di tempat satu ini. 

Siapapun Bisa Masuk ke Terowongan Kendal

Untuk masuk ke area Terowongan Kendal, warga tidak dipungut biaya, karena ruang publik ini terbuka bagi siapa saja. Pilihan kegiatan yang bisa dilakukan oleh warga juga beragam, bisa untuk berinteraksi, beraktivitas bersama komunitas, berpergian ke suatu tempat naik MRT, KRL, maupun Transjakarta, atau bahkan mengabadikan momen di spot ini. Namun, bagi kamu yang berkunjung ke Terowongan Kendal, jangan membuang sampah sembarangan dan merusak fasilitas dengan vandalisme ya. Selain itu, kamu juga tetap mematuhi protokol kesehatan, untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19. 

Enggak salah lagi, ya kalau area Terowongan Kendal yang terletak di kawasan Dukuh Atas, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, ini menjadi populer. Akses transportasinya super gampang, tempatnya estetik, nyaman banget buat yang ingin mengisi quality time dengan ngobrol-ngobrol, nyobain kuliner, atau bahkan mengembangkan komunitas di sini. Namun, kenyamanan dalam area ini perlu dijaga. Karena kalau bukan kita, siapa lagi? Jika menemukan pelanggaran, kamu bisa juga untuk melapor lewat fitur JakLapor di JAKI. Aplikasinya dapat diunduh lewat Google Play Storeatau Apps Store, ya!

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!