28 Des 2021

10 OPD Tercepat Tanggap Laporan Warga di 2021

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

28 Des 2021

Sebelum 2021 berakhir, telah ada ratusan ribu laporan yang diterima dari warga untuk diselesaikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Jakarta. Laporan dari warga Jakarta bermacam-macam, dari gangguan ketertiban, jalan, parkir liar, pohon, sampah, jaringan listrik, sampai pungutan liar. Nah, buat kamu para Smartcitizen, kira-kira penasaran enggak sih OPD mana yang paling cepat melakukan tindak lanjut laporan kamu di Jakarta pada 2021? Berikut ini daftarnya, ya. 

Seberapa Cepat Laporan Warga Terselesaikan?


Melihat grafik yang tertera di atas, kita dapat melihat bahwa rata-rata keseluruhan laporan sepanjang 2021 dari warga dapat diselesaikan kurang dari dua hari. Untuk waktu penyelesaian tercepat terjadi pada Januari yaitu 30,62 jam dan yang paling lama pada Desember yaitu 59,18 jam atau hampir tiga hari. Selebihnya pada bulan lainnya, laporan dari warga dapat diselesaikan oleh OPD dengan waktu maksimal 2 hari. 


Sepanjang 2021, lebih dari 5.000 laporan diselesaikan kurang dari seminggu setiap bulannya. Jumlah laporan dengan kategori waktu penyelesaian kurang dari seminggu terbanyak jatuh pada Februari, yaitu 13.970 laporan. Setelah Februari, laporan paling banyak kedua jatuh pada Maret, yaitu 12.743 laporan. Laporan paling banyak ketiga jatuh pada Juli, yaitu 11.144 laporan. 

Untuk jumlah laporan paling sedikit diselesaikan kurang dari satu minggu jatuh pada Juni, yaitu 5.866 laporan. Sedangkan pada bulan lainnya, terdapat lebih dari 7.000 laporan yang diselesaikan kurang dari tujuh hari. Lalu, pihak mana saja yang menyelesaikan laporan paling cepat? 

Perangkat Daerah dengan Penyelesaian Laporan Tercepat 

Kamu sekarang mungkin penasaran OPD mana yang paling sigap pada 2021? Ya, jawabannya adalah Kecamatan Gambir, dengan rata-rata waktu penyelesaian empat menit. Setelah itu, yang menempati posisi kedua adalah Unit Pengelola Data dan Informasi Sumber Daya Air, yaitu dengan rata-rata waktu penyelesaian 7,75 menit. Di tempat yang ketiga, Unit Pengelola Kawasan Pusat Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah serta Pemukiman Pulogadung, yaitu dengan waktu rata-rata penyelesaian 38 menit. 

Kelurahan Cipayung menjadi organisasi perangkat daerah tercepat keempat yang menyelesaikan laporan warga, yaitu 48,8 menit. Berikutnya, organisasi perangkat daerah kelima tercepat adalah Kecamatan Makasar, dengan rata-rata waktu penyelesaian laporan 53 menit. Selanjutnya, OPD tercepat lainnya secara berturut-turut yaitu Kelurahan Roa Malaka (64,46 menit), Unit Pengelola Museum Seni Rupa Jakarta (67 menit), Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (68,71 menit), Kelurahan Duri Pulo (71,14 menit), dan terakhir Kelurahan Pekayon (82,69 menit atau kurang dari 1,5 jam). Wah, luar biasa ya!

Selain organisasi yang telah disebutkan, masih banyak OPD di Jakarta yang terus bekerja keras untuk melayani dan menyelesaikan laporan yang diberikan oleh warga melalui aplikasi JAKI atau kanal aduan lainnya. Jadi, dari data terkait kecepatan tindak lanjut laporan serta deretan perangkat daerah yang menyelesaikan laporan paling cepat, kita bisa melihat apa yang kita laporkan ditanggapi secara sigap oleh petugas terkait. Apresiasi pun layak diberikan atas kinerja OPD sepanjang 2021.

Karena itu, jika kamu menemukan permasalahan di Jakarta, jangan segan untuk laporkan melalui fitur JakLapor, ya!  Fitur JakLapor ini lebih akurat dan aman karena ada fitur geotagging, bisa melihat laporan secara real time, dan keamanan terjamin dengan privacy by default. Dapatkan fitur tersebut lewat aplikasi JAKI di Google Play Store atau Apple Apps Store

Artikel CRM Lainnya

CRM (Cepat Respon Masyarakat) Jakarta terus menindaklanjuti permasalahan yang dilaporkan. Inilah perjalanannya selama 2023.

Cepat Respon Masyarakat mengintegrasikan 13 kanal aduan Pemprov DKI. Mau dengar apa kata pelapor soal CRM? Baca di sini.

Selama tiga bulan terakhir, CRM menerima berbagai permasalahan publik dari pelapor-pelapor di Jakarta. Ayo, cek di sini!

Pakai Twitter atau Facebook untuk melapor, CRM atau Cepat Respon Masyarakat mengintegrasikan saluran yang sesuai untuk kamu. Ayo, cek di sini!

Sering liat parkir liar? Kamu bisa loh lapor parkir liar yang kamu temukan di Jakarta lewat JAKI. Yuk, cari tahu caranya di sini.

Tahukah kamu, selama Juni 2023, 13.000 laporan masuk ke kanal pengaduan dan 98.4 persen selesai? Simak laporan lengkapnya di rekap CRM Juni 2023.