29 Jul 2022

Warna Baru Status Vaksinasi

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

29 Jul 2022

Sudah setahun lebih sejak vaksinasi pertama kali dilaksanakan. Tapi ketentuan terkait vaksinasi tetap diperbarui sampai sekarang. Sehubungan dengan ketentuan vaksinasi terbaru, per 17 Juli 2022, warna status vaksinasi di PeduliLindungidan JAKI(Jakarta Kini) diperbarui. Kini, ada empat warna status vaksinasi, yakni hijau, kuning, merah, dan hitam. Lalu, apa arti dari tiap warna ini? Yuk, cari tahu dengan baca artikel berikut.

Cara Cek Status Vaksinasi 

Sebelum mencari tahu arti warna status vaksinasi, kamu perlu tahu cara cek status vaksinasi terlebih dulu. Untuk cek status vaksinasi melalui PeduliLindungi, kamu perlu memasukkan nama lengkap dan NIK. Kemudian, centang kolom captcha, dan klik Periksa. Status vaksinasi serta informasi hasil tes Covid-19 dalam tiga hari terakhir akan langsung muncul.
 

Alternatif lainnya, kamu bisa cek status vaksinasimu dengan menggunakan super app Jakarta, JAKI. Langkah pertama, buka aplikasi. Setelah masuk laman utama, cek kumpulan banner yang ada di bagian atas laman. Kamu akan menemukan banner Pendaftaran Vaksinasi Covid-19. Klik banner, lalu login dengan memasukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP. Selesai, status vaksinasi kamu akan langsung muncul! 


 

Arti Warna Status Vaksinasi JAKI

Setelah status vaksinasi muncul, barangkali kamu akan bertanya, apa maksud warnanya? Nah, setiap warna tersebut mewakili kondisi kesehatan dari individu bersangkutan. Ada empat warna yang berpotensi muncul pada status vaksinasi kamu, yakni:
 

  1. Hijau

Status vaksinasi berwarna hijau menandakan bahwa kamu bisa bepergian ke tempat umum. Adapun yang termasuk dari penerima status vaksinasi hijau adalah:

Usia 18 tahun ke atas

  • Sudah vaksinasi booster sesuai jenis vaksin yang diterima
  • Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat
  • Hasil tes antigen (1x24 jam) atau PCR (3x24 jam) negatif
  • Sudah vaksinasi lengkap dan sembuh dari Covid-19 kurang dari 90 hari

Usia 6-17 tahun

  • Sudah vaksinasi lengkap (dua dosis) sesuai jenis vaksin yang diterima
  • Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat
  • Hasil tes antigen (1x24 jam) atau PCR (3x24 jam)
  • Sudah vaksinasi 1x dan sembuh dari Covid-19 kurang dari 90 hari 
     

  1. Kuning

Jika status vaksinasimu berwarna kuning, maka kamu boleh bepergian ke tempat umum dengan mengikuti regulasi pemerintah daerah dan area publik masing-masing. Status vaksinasi kuning menandakan bahwa kamu termasuk dalam salah satu kriteria ini:

Usia 18 tahun ke atas

  • Sudah vaksinasi lengkap (dua dosis) sesuai jenis vaksin yang diterima
  • Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat
  • Sudah vaksinasi 1x dan sembuh dari Covid-19 kurang dari 90 hari

Usia 6-17 tahun

  • Sudah vaksinasi 1x sesuai jenis vaksin yang diterima
  • Buka pasien Covid-19 atau kontak erat
  • Belum vaksinasi dan sembuh dari Covid-19 kurang dari 90 hari

  1. Merah

Mendapat status merah, kamu berarti tidak boleh bepergian ke tempat umum, karena termasuk dalam kriteria ini:

Usia 18 tahun ke atas

  • Belum divaksin atau baru vaksinasi 1x sesuai jenis vaksin yang diterima
  • Bukan pasien Covid-19 atau kontak erat

Usia 6-17 tahun

  • Belum pernah vaksinasi

 

  1. Hitam

Status vaksinasimu berwarna hitam? Tandanya kamu tidak boleh bepergian ke tempat umum. Sebab, kamu yang status vaksinasinya berwarna hitam tergolong kategori ini:

Usia 18 tahun ke atas

  • Positif Covid-19 kurang dari 10 hari 
  • Riwayat kontak dengan kasus positif kurang dari 14 hari

Setelah kenal dengan arti dari masing-masing warna status vaksinasi, kamu sekarang jadi tahu apakah kamu boleh berkunjung ke tempat umum atau tidak. Nah, buat kamu yang bisa divaksin tapi belum vaksin lengkap, yuk segera daftar vaksinasi! Dengan divaksin, kamu bisa beraktivitas lebih aman di tempat umum. Mau daftar enggak pakai ribet? Kunjungi fitur pendaftaran vaksinasi di JAKI sekarang. Kamu bisa unduh aplikasi JAKI di Google Play Storemaupun Apple App Store.

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!