09 Feb 2023

Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua Tersedia di JAKI

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

09 Feb 2023

Pemprov DKI Jakarta terus melakukan berbagai macam cara dan dukungan untuk membantu mempercepat proses pemulihan pandemi Covid-19, salah satunya melalui penyediaan vaksin booster kedua. Sejak Januari 2022, program vaksinasi booster memang telah dilakukan secara bertahap. Hal ini senada dengan kebijakan pemerintah pusat yang menjadikan vaksin booster sebagai salah satu syarat wajib melakukan perjalanan jauh.

Kini, vaksinasi booster kedua telah hadir dan sudah bisa diberikan kepada masyarakat umum. Hal ini tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 yang ditetapkan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 20 Januari 2023.

Vaksin booster kedua ini bermanfaat untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh kita terhadap Covid-19 lebih lama sehingga dapat meminimalkan risiko sakit parah, rawat inap, dan menekan angka kematian.

Apa saja syarat dan bagaimana daftarnya? Simak artikel ini, ya.

Vaksinasi Booster di JAKI

Fitur JakSehat

Vaksinasi Covid-19 booster kedua ini diberikan untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas, dan sudah melewati masa enam bulan sejak vaksinasi booster pertama. Para penyintas Covid-19 juga bisa ikut booster kedua ini, dengan syarat telah melewati masa tiga bulan sejak dirawat atau satu bulan sejak menunjukkan gejala ringan. Sedangkan bagi ibu hamil, vaksin booster bisa disuntikkan setelah usia kehamilannya di atas 13 minggu. Vaksinasi dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau pos pelayanan vaksinasi Covid-19 yang tersedia.

Berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, JAKI mempunyai fitur JakSehat . FItur ini menyediakan beragam fasilitas kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, mulai dari layanan darurat ambulans, antrean fasilitas kesehatan (faskes), sampai vaksinasi Covid-19.

Untuk kamu yang sudah melakukan vaksinasi booster pertama, kamu juga dapat melihat tiket vaksinasi booster kedua disini, lho. Bukan hanya itu, kalau kamu sudah terjadwal untuk vaksinasi dan mendapatkan tiket, maka kamu dapat langsung mendaftar ulang untuk vaksinasi booster kedua melalui fitur JakSehat pada bagian Vaksin Covid-19.

Cek Kuota dan Jadwal Vaksinasi

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya untuk mengecek kuota dan jadwal vaksinasi Covid-19 terlebih dulu yang bisa kamu lakukan melalui websiteJakarta Tanggap Covid-19. Berikut ini caranya.

  1. Buka website corona.jakarta.go.id;
  2. Di bagian header, pilih menu “Vaksinasi” dan klik dropdown “Kuota Vaksinasi JAKI”;
  3. Kamu akan tiba di “Dashboard Monitoring Faskes Penjadwalan Vaksinasi Melalui JAKI”
  4. Dalam dashboard ini, scroll ke bawah, lalu kamu bisa melihat berbagai informasi mengenai dosis vaksin, kuota vaksin per wilayah atau lokasi, hingga statistik pendaftar lewat JAKI.
Website Corona

Setelah kamu mengecek ketersediaan kuotanya, kamu bisa langsung daftar, lho. Caranya pun cukup mudah. Tinggal pakai aplikasi JAKI aja. Jadi, kamu enggak perlu repot keluar rumah untuk antre dan bisa langsung sat-set daftar untuk divaksin. Ikuti aja langkah-langkah di bawah ini.

Cara Daftar Booster Kedua lewat Aplikasi JAKI

  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Gulirkan ke bawah hingga menu “Jakarta Sehat”;
  3. Pilih ikon “Vaksin Covid-19”;
  4. Masukkan NIK, nama Lengkap sesuai KTP, dan klik “Periksa”;
  5. Jika kamu sudah boleh mendapatkan dosis booster, maka akan muncul tampilan “Bisa Daftar Vaksinasi Dosis 4”;
  6. Silakan klik “Daftar Ulang Vaksinasi Keempat” untuk melihat jadwal dan lokasi vaksinasi yang Smartcitizen inginkan;
  7. Isi kategori lalu pilih jadwal dan lokasi yang tersedia, lalu klik selanjutnya;
  8. Lengkapi identitas dan alamatmu hingga selesai.
Vaskinasi Booster di Jaki

Setelah itu, kamu akan mendapatkan bukti pendaftaran yang bisa ditunjukkan saat datang ke fasilitas kesehatan nanti.

Nah, smartcitizen sudah vaksinasi booster kedua belum? Yuk, buruan daftar vaksinasi booster untuk menjaga diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Vaksin ini tetap penting supaya kamu makin tenang dan nyaman waktu beraktivitas sehari-hari. Jangan lupa juga ya untuk download JAKI, supaya kamu enggak kehabisan kuota dan bisa mendaftar vaksinasi sesuai lokasi yang dinginkan. Kami tunggu kamu di lokasi vaksinasi, ya!

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.