Tindak Lanjut Laporan Warga Selama JuniĀ 2023
Smartcitizen, tahukah kamu, sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM) yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rata-rata menyelesaikan lebih dari 9.000 laporan permasalahan warga setiap bulan, dengan tingkat persentase penyelesaian di atas 95% selama 2022.
Laporan tersebut berasal dari 13 kanal pengaduan resmi yang dikelola Pemprov DKI Jakarta yang terdiri dari:
- Jakarta Kini (JAKI)
- Twitter @dkijakarta
- Facebook Pemprov DKI Jakarta
- Email dki@jakarta.go.id
- Media Sosial Pribadi Gubernur
- WhatsApp 08111272206
- Pendopo Balai Kota
- Kantor Inspektorat
- Kantor Wali Kota
- Kantor Camat
- Kantor Lurah
- Aspirasi Publik Media Massa
- LAPOR 1708
Integrasi 13 kanal pengaduan dengan sistem CRM memudahkan proses birokrasi, sehingga mempersingkat koordinasi antar-Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dengan demikian, penanganan aduan masyarakat pun lebih efektif dan efisien. Dilengkapi menu lacak laporan, kamu juga dapat melihat progres penangannya sudah sejauh apa dan di mana secara mudah, lewat fitur JakLapor atau yang sekarang dikenal sebagai fitur Laporan Warga di JAKI maupun website crm.jakarta.go.id.
Pada awal 2023, permasalahan Jalan merupakan kategori yang paling banyak dilaporkan masyarakat, yakni mencapai 9.371 laporan. Sebanyak 11.133 laporan masuk lewat fitur Lapor di super-app JAKI dari total 71.695 laporan sepanjang awal 2023.
Memasuki pertengahan 2023, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan aduan masyarakat. Lalu bagaimana tindak lanjut laporan selama Juni 2023? Yuk, cari tahu lebih lanjut.
Tindak LanjutĀ Laporan
Dalam menangani laporan, sistem CRM menempuh beberapa langkah atau proses sebelum akhirnya selesai ditindaklanjuti. Laporan masyarakat akan diterima dan dikonfirmasi, kemudian dikoordinasikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lalu akan diteruskan kepada petugas terkait untuk ditindaklanjuti. Setelah diverifikasi Biro Pemerintahan, akhirnya laporan dinyatakan selesai.
Pada Juni 2023, jumlah laporan yang diterima mencapai 13.000 laporan dengan pelapor sebanyak 4.755 orang. Hal ini menjadi salah satu bukti masyarakat Jakarta peduli dengan lingkungan sekitarnya. Bahkan setiap orang rata-rata mengirimkan 2ā3 laporan permasalahan melalui 13 kanal pengaduan resmi.
Pemprov DKI berkomitmen menyelesaikan laporan yang telah masuk. Terbukti selama periode 1ā31 Juni 2023, persentase penyelesaian laporan mencapai 98.4%, atau sejumlah 12.327 laporan dari 13.000 laporan yang diterima.
Waktu yang dibutuhkan oleh petugas untuk menyelesaikan laporan tercepat adalah 1 jam. Sedangkan rata-rata waktu laporan diselesaikan selama 3ā4 hari, lho! Waahh, cepat banget ya! Bikin makin yakin nih buat lapor dan bantu Jakarta lebih baik lagi.
Kategori Laporan
Laporan yang diterima berasal dari 13 kanal pengaduan resmi yang saling terintegrasi dalam sistem Cepat Respon Masyarakat. Berbagai laporan tersebut berlatar belakang kategori masalah perkotaan yang berbeda, mulai dari Jalan hingga Gangguan Kebisingan.
Selama periode 1ā31 Juni 2023, Parkir Liar menjadi kategori permasalahan terbanyak dengan jumlah 1.191 laporan. Diikuti kategori permasalahan tentang Pohon 1.144 laporan dan Jalan 1.100 laporan. Ketiganya menempati kategori teratas sebagai laporan terbanyak.
Di bawahnya kategori Gangguan Keamanan dan Kebisingan dengan 844 laporan, diikuti 823 laporan tentang Spanduk dan 789 laporan terkait Sampah. Lengkap kan kategorinya? Semua permasalahan kota dapat kamu temukan di sini.
Testimoni Masyarakat
Salah satu tujuan sistem Cepat Respon Masyarakat adalah menjadikan pelayanan maupun pelaporan publik lebih efektif dan efisien. Hal ini tentunya akan berdampak kepada masyarakat itu sendiri, khususnya warga Jakarta.
Seperti disampaikan Sri Lasmidjah, pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) berusia 68 tahun yang tinggal di Tebet, Jakarta Selatan. Ia mengungkapkan pengalamannya melapor permasalahan lewat salah satu kanal pengaduan resmi CRM, yakni datang langsung ke Pendopo Balai Kota. āSaya pernah punya pengalaman pompa air bermasalah. Saya datang ke Pendopo Balai Kota untuk melaporkan permasalahan itu. Setelah itu, enggak lama, beberapa hari kemudian petugas PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) datang dan periksa untuk memasang booster pomp. Persis pada waktu yang dijanjikan. Saya puas karena laporannya segera diproses dan mendapatkan hasil yang memuaskan,ā tuturnya.
Pendopo Balai Kota merupakan salah satu kanal aduan tatap muka yang terintegrasi dengan sistem Cepat Respon Masyarakat. Kanal ini disediakan untuk masyarakat yang ingin bertemu langsung dengan petugas untuk menyampaikan laporannya. Sri menambahkan, āLapor lewat Pendopo ini sangat baik, terutama bagi kita yang sudah gagap teknologi (gaptek).ā
Nah, demikian proses tindak lanjut laporan CRM selama Juni 2023. Tentunya, Pemprov DKI tidak bisa sendiri dalam membuat Jakarta lebih baik lagi. Diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk warga masyarakat. Dengan melapor melalui fitur Lapor di JAKI atau 12 kanal aduan lain, kamu bisa membuat perubahan untuk Kota Jakarta. Pantau terus media sosial CRM untuk info terbaru mengenai sistem pelaporan ataupun kinerja para petugas.