27 Sep 2023

Makin Fresh, Ini Tampilan Baru Situs Web JAKI!

Oleh:Eva Simorangkir

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

27 Sep 2023

Pengumuman, pengumuman! Ada yang baru! Bertujuan untuk melayani warga Jakarta dengan lebih baik, aplikasi super JAKI meluncurkan versi 3.0 pada ulang tahun ke-496 Jakarta. Sekarang, situs webnya juga menyambut pengunjung dengan tampilan barunya, meningkatkan perjalanan digital para pengguna. Smartcitizen mau lihat? Yuk, gulir-gulir ke bawah!

Disambut dengan Video Profil

Situs web JAKI dimulai dengan video profil. Di sini, kamu akan memahami bahwa JAKI memang merupakan platform serba guna untuk berbagai kebutuhan kamu di Jakarta. Di kota sibuk seperti Jakarta, kita perlu kemudahan. Itulah sebabnya JAKI hadir untuk membantu kebutuhan sehari-hari kamu, mulai dari melapor permasalahan, bepergian, mencari peluang, bahkan sampai menjadi lebih hemat. Kamu dapat menonton video ini langsung di saluran YouTube Jakarta Smart City.

Tampilan bagian video profil JAKI 3.0 di situs web JAKI

Paham Persona JAKI

Kamu minta, JAKI kasih. Ketika kamu tahu apa yang lagi dibutuhkan, JAKI bakal siap bantu! Di bagian Persona JAKI dalam situs web, kamu akan melihat kategori-kategori pengguna JAKI: Mahasiswa, Pekerja Kantoran, Pencari Kerja, Wirausahawan, bahkan Pengelola Rumah Tangga. Kamu termasuk dalam kategori apa, nih? Tengok fitur terbaik untuk kamu di sini!

Tampilan bagian Persona JAKI di situs web JAKI

Pelajar/Mahasiswa

Mimpi sebesar-besarnya dan belajarlah dengan tekun. Lalu, biarkan JAKI menjadi pemandu kamu menuju masa depan yang lebih cerah! Dengan menjelajahi kategori Pelajar/Mahasiswa, JAKI akan membantu kamu dalam sesi belajar dan menemukan tempat-tempat santai. Apakah perpustakaan tempat favoritmu? Kamu bisa cari salah satu yang terdekat dari lokasi. Kamu perlu mencari bahan daftar pustaka? Pinjam secara digital, dong! Ada banyak fitur bermanfaat lainnya untuk kamu. Kamu juga dapat menjelajahi lebih lanjut dengan membaca kisah sehari-hari dalam kehidupan seorang pelajar.

Pekerja Kantoran

Di dunia yang tidak pernah berhenti, JAKI memastikan pekerjaan kamu berjalan lancar, tidak peduli hari, minggu, atau musim. Melalui kategori Pekerja Kantoran, kamu dapat menemukan kebutuhan pekerjaan kamu setiap hari. Kamu perlu datang tepat waktu ke tempat kerjamu? Fitur Transportasi Publik akan membantu kamu sampai ke tujuan dengan informasi jadwal transportasi umum andalanmu, seperti yang dijelaskan oleh salah satu pekerja kantoran ini. Apakah kamu penasaran tentang apa yang lagi berlangsung di Jakarta? Coba baca berita terbaru menggunakan fitur Berita selama perjalanan di bus atau kereta.

Pencari Kerja

Dengan satu klik, kamu bisa mendapat jalan menuju pekerjaan impian dan peningkatan keterampilan! Kamu dapat memulai perjalanan karier kamu dengan JAKI. Gunakan kategori Pencari Kerja untuk menemukan apa yang kamu butuhkan. Siapa pun yang membutuhkan lowongan pekerjaan, pelatihan, atau beasiswa dapat menjelajah dengan menggunakan fitur Karier di Jakarta. Apakah kamu perlu berselancar di internet? Cari lokasi WiFi gratis terdekat dengan fitur WiFi Gratis. Sebelum kamu mendalami kategori ini, kamu bisa membaca bagaimana seorang pencari kerja mendapatkan pekerjaan impian dengan menggunakan JAKI.

Wirausahawan

Mari kita tingkatkan dan perluas bisnis kita! Dengan kategori Wirausaha di JAKI, kamu dapat menemukan cara untuk mengembangkan bisnis di Jakarta. Fitur Perizinan akan mengurus berbagai izin yang kamu butuhkan. Apakah kamu perlu menjadi wirausahawan yang lebih terampil? Jadwalkan sesi pelatihan kamu dengan Jakpreneur menggunakan fitur Pelatihan Usaha. Ada banyak kemudahan yang diberikan dalam kategori ini, seperti kisah dari seorang wirausahawan yang berdedikasi di Jakarta.

Pengelola Rumah Tangga

Kamu selalu sibuk mengurus rumah? JAKI akan memudahkan segalanya. Berapa biaya belanjaan saat ini? Mari kita cari tahu menggunakan fitur Harga Pangan. Kamu juga dapat merencanakan janji dengan dokter secara digital. Dengan cara ini, kamu tidak perlu datang lebih awal untuk mendapatkan nomor antrean. Cukup gunakan fitur Antrean Faskes dan kamu bisa langsung siap-siap. Semuanya sangat gampang digunakan, bahkan seperti pengelola rumah tangga ini.

Telusuri Kemudahan dari Akun Warga JAKI

JAKI mengerti kamu! JAKI juga menjadi kunci untuk informasi warga yang dipersonalisasi. Dengan mendaftarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) di fitur Akun Warga, kamu dapat mengakses semua datamu: keluarga, tempat tinggal, dan banyak lagi. Di bagian situs web JAKI ini, tercantum layanan-layanan yang dapat kamu gunakan:

  • Pendidikan: memungkinkan kamu memeriksa data KJMU (Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul) dan KJP (Kartu Jakarta Pintar) dengan mudah;
  • Kesehatan: memudahkan kamu menemukan vaksinasi dan Bantuan Jaminan Kesehatan;
  • Sosial: memberikan akses ke status terbaru dan informasi Data Terbaru Kesejahteraan Sosial kamu;
  • Status DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial): menyimpan semua bantuan sosial kamu sesuai kebutuhan; dan
  • Ketahanan Pangan: memberikan informasi tentang program bantuan pangan yang disubsidi.

Tampilan bagian Akun Warga JAKI di situs web JAKI

Fitur Akun Warga di aplikasi ini dibuat untuk melayani warga Jakarta. Jadi, saat ini, semua fitur yang tercantum di atas dapat diakses oleh pemilik KTP (Kartu Tanda Penduduk) Provinsi DKI Jakarta.

Intip Testimoni Pengguna JAKI

Apa sih, tanggapan warga Jakarta tentang JAKI? Jika kamu menggulir ke bawah situs web, kamu akan menemukan ocehan dari para pengguna tercintanya. Belum cukup yakin untuk mulai menggunakan super-aplikasi ini? Biarkan orang-orang ini “mendorong” kamu!

Tampilan bagian Testimonial dari pengguna JAKI

JAKI akan selalu memikirkan tentang masa depan pelayanan publik digital yang luas. Berkomitmen untuk terus berinovasi, JAKI ingin membantu mahasiswa, profesional, wisatawan, pengelola rumah tangga, dan berbagai warga di Jakarta. Apakah kamu siap untuk dilayani? Unduh JAKI sekarang di Play Store atau App Store, yuk! Pantau situs web JAKI dan media sosial untuk pembaruan-pembaruan yang akan datang!

 

Penulis dan Editor

Artikel JAKI Lainnya

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!