13 Mei 2022

Penting! Baca Ini Sebelum Piknik ke Tebet Eco Park

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Aditya Gagat Hanggara

13 Mei 2022

Menikmati suasana hijau di tengah kota bisa menjadi pilihan buat kamu untuk mengisi waktu luang atau menghabiskan akhir pekan. Ya, kamu bisa datang ke salah satu taman baru yang sedang hits di Jakarta, yaitu Tebet Eco Park. Namun, sebelum berpiknik ria di sana, ada beberapa hal yang penting untuk kamu catat, baca artikel ini ya!

Menuju Tebet Eco Park

Tebet Eco Park berlokasi di Jalan Tebet Timur Raya, Jakarta Selatan. Untuk bisa masuk ke taman ini, tidak dipungut biaya, lho! Taman ini dibuka setiap hari, mulai dari jam 06.00 sampai dengan jam 19.00 WIB. Selain itu, akses ke taman ini juga mudah banget! Kamu bisa menggunakan transportasi umum, karena lahan parkir yang disediakan terbatas. Misalnya KRL Commuter Line, lalu turun di Stasiun Tebet. Sesampai di Stasiun Tebet, kamu bisa berjalan selama sepuluh menit untuk bisa sampai di lokasi taman. Alternatif lainnya, bisa juga menggunakan Transjakarta koridor 5N (Kampung Melayu-Ragunan), Mikrotrans JAK18 (Stasiun Kalibata-Kuningan), dan Mikrolet M34 (Kalibata-Manggarai), lalu berhenti di halte terdekat Taman Tebet.

Aktivitas di Tebet Eco Park

Di taman seluas 7,3 hektare ini, tersedia beragam pilihan zona yang bisa dikunjungi, yang terbagi dalam dua sisi, yaitu utara dan selatan. Di sisi utara, kamu bisa menemukan plaza yang menyediakan kios makanan dan minuman, area rerumputan di community lawn, serta taman tematik yang menyediakan beragam jenis tanaman dan bunga. Lalu, di sisi selatan, ada beberapa spot yang juga bisa dikunjungi, seperti zona komunitas berkebun (community garden), zona edukasi di wetland boardwalk, zona bermain anak, serta area pepohonan di forest buffer. Nah, untuk bisa mengunjungi kedua sisi, kamu bisa melewati infinity link bridge yang menghubungkan antara taman bagian utara dan taman bagian selatan.

Di setiap zona ini, kamu bisa berpiknik di community lawn, berfoto di beberapa spot yang tersedia, jalan kaki di infinity link bridge, taman tematik, atau di wetland boardwalk. Di sini tersedia pula fasilitas lain seperti toilet, musala, dan bangku untuk bersantai.Selain itu, bagi yang membawa anak, area taman bermain bisa menjadi spot yang cocok saat berkunjung ke taman ini. Banyak banget kan pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di sini?

Lakukan Hal Ini Jika Berkunjung ke Tebet Eco Park

Nah, di tengah euforia liburan panjang dalam situasi pandemi yang belum usai kamu bisa tetap merasa nyaman, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, seperti berikut ini:

  • Pastikan tubuhmu sehat saat berkunjung ke area publik ini. Setelah beraktivitas, penting untuk mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, dan mengonsumsi vitamin untuk menjaga imunitas tubuh.
  • Menjauhi kerumunan dan menjaga jarak dengan memilih spot-spot yang tidak terlalu ramai.
  • Selalu menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.
  • Membawa peralatan pribadi seperti alat makan dan alat ibadah pribadi.

Intinya, saat berwisata di ruang terbuka, tetap penting untuk menerapkan protokol kesehatan. Terlebih untuk tetap menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, sehingga risiko penularan Covid-19 bisa ditekan. Nah, begitu pun apabila kamu ingin mengajak anak untuk berwisata di sini, perlu melakukan hal-hal berikut:

  • Memastikan kondisi anak sehat, baik sebelum pergi dan setelah kembali ke rumah, dengan memberikan makanan bergizi, tidur yang cukup, memberikan suplemen vitamin, dan melakukan vaksinasi.
  • Mengajarkan anak untuk taat pada protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan hingga bersih, dan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas dalam ruang publik.
  • Memberikan informasi kepada anak untuk tidak menyentuh area wajah saat tangan kotor dan bermain di area taman, agar tidak terinfeksi Covid-19.

Aturan Penting Saat di Tebet Eco Park

Selain menjaga protokol kesehatan, apabila kamu ingin berkunjung ke sini, penting untuk mengingat aturan yang ada di Tebet Eco Park, seperti.

  • Menjaga fasilitas di taman dan tidak melakukan vandalisme.
  • Membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.
  • Dilarang merokok di area taman.
  • Tidak boleh membawa minuman beralkohol.
  • Tidak membawa hewan peliharaan.
  • Tidak berteduh di dekat pohon.
  • Dilarang memberikan makanan ikan sembarangan.

Kemudian, kamu pun bisa menentukan tujuan sebelum berkunjung ke taman ini, seperti waktu kunjungan atau kegiatan apa saja yang ingin dilakukan. Hal ini berguna untuk menghindari kerumunan di area publik. Sedangkan buat makan atau minum setelah beraktivitas, ada area UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) di bagian plaza atau ada beberapa kafe maupun restoran di seputar Tebet yang bisa kamu nikmati.

Demikianlah hal-hal yang bisa kamu lakukan dan perlu kamu perhatikan, sebelum, saat, dan setelah berkunjung ke taman ini. Aktivitas yang dapat dilakukan di sini cukup beragam. Namun, jangan lupa untuk tetap mengutamakan dan menjalankan protokol kesehatan 6M, karena pandemi belum berakhir. Pastikan juga untuk mengikuti vaksinasi hingga dosis booster. Semoga kita selalu tetap aman dan sehat ya saat berpiknik ria di Tebet Eco Park!

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!