04 Jul 2022

Monas Kembali Dibuka, Baca Dulu Aturan Ini

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

04 Jul 2022

Siapa yang tidak kenal Monas atau Monumen Nasional? Ya, monumen yang telah menjadi ikon kota Jakarta sejak 1975 kini sudah kembali dibuka! Pastinya ini menjadi kabar baik. Karena setelah menanti dua tahun ditutup, kamu sudah bisa kembali menjelajahi salah satu bangunan paling ikonik di ibu kota. Kawasan Monas sudah kembali dibuka sejak 16 Juni 2022. Namun, ada beberapa aturan baru untuk masuk ke kawasan Monas yang wajib banget kamu tahu. Apa saja aturannya? Baca dulu artikel berikut ini, ya! 

Monas atau Monumen Nasional dari sisi luar pada siang hari

Monumen Nasional, Ikon Penting di Jakarta

Tugu Monas pertama kali dibuka untuk umum mulai tahun 1975. Monumen ini dimulai dibangun pada tahun 1961, yang dirancang oleh Soedarsono dan Frederich Silaban. Ikon kota Jakarta ini menyimpan makna untuk mengingat perjuangan yang tak pernah padam, yang bentuk tugunya merepresentasikan kekuatan tertinggi dan bagian api di atas tugu melambangkan semangat bangsa Indonesia yang tidak pernah luntur. 

Kawasan Monas telah mengalami beberapa kali revitalisasi oleh gubernur DKI Jakarta dari masa ke masa. Tempat ini saat masa Gubernur Ali Sadikin pernah menjadi arena Jakarta Fair, sebelum dipindahkan ke Kemayoran. Lalu, saat masa Gubernur Sutiyoso, kawasan ini ditambah pagar, membangun taman, dan menambahkan beberapa kijang untuk menjadi kawasan hijau di Jakarta. Setelah itu, saat masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, membangun beberapa kios untuk pedagang di sekitar Monas, namun saat masa Djarot Syaiful Hidayat, kawasan Monas disterilisasi. Lalu, saat masa Gubernur Anies Baswedan, kawasan ini ditambah spot menarik yaitu kolam yang terletak di Plaza Selatan Monas. Adanya revitalisasi Monas ini untuk menambah nilai kegunaan sebagai ruang terbuka bagi masyarakat. 

Papan wayfinding di area Monas atau Monumen Nasional pada siang hari

Catat Aturan Ini Bila Berkunjung ke Monas

Jika kamu ingin mengunjungi Monas, ada beberapa aturan baru yang perlu kamu ketahui selama pembukaan yang masih dalam tahapan uji coba. Dimulai dari jam kunjungan, kawasan ini dibuka Selasa-Minggu pada pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. Namun, pengunjung hanya bisa memasuki area terbuka di luar tugu Monas. Sedangkan layanan naik ke tugu Monumen Nasional, sudah dibuka namun perlu mengisi formulir: bit.ly/kunjungantugumonas. 

Kamu bisa memasuki kawasan ini melalui pintu Lenggang Monas yang berada di dekat parkir IRTI Monas. Sebelum pintu masuk, petugas akan mengecek suhu tubuhmu dan kamu harus scan QR PeduliLindungi atau via JAKI Selain itu, pengunjung juga diwajibkan sudah vaksinasi booster dan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjauhi kerumunan, serta menjaga jarak. Jika kamu belum memenuhi syarat vaksinasi, ada gerai vaksinasi yang telah disediakan di dekat pintu masuk. 

Cara Menuju ke Monumen Nasional

Untuk berkunjung ke Monas, kamu bisa menggunakan angkutan publik. Kamu bisa menggunakan MRT, lalu turun di Stasiun Bundaran HI, kemudian dilanjutkan dengan Transjakarta dengan rute Kota-Blok M atau Ragunan-Monas dan turun di Halte Monas. Atau pun, kamu bisa naik Transjakarta dengan rute yang sama dan turun di Halte Monas. Jika berkunjung di akhir pekan, kamu bisa naik bus BW2 atau BW4, lalu turun di Monas. Buat anker alias anak kererta, kamu bisa naik KRL jurusan Jakarta Kota, kemudian turun di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Juanda. Jika kamu dari Stasiun Gondangdia, kamu tinggal naik Transjakarta rute Stasiun Gondangdia-Balaikota dan turun di Balai Kota, lalu menyeberang dari Balai Kota ke kawasan Monas. 

Nah, sebelum kamu melancong ke tugu kebanggaan warga Jakarta satu ini, catat ya aturan baru di atas. Mengingat sekarang masih dalam situasi pandemi, pastikan kamu sudah vaksinasi booster dan memperketat protokol kesehatan selama beraktivitas di kawasan Monas. Untuk memantau kondisi terkini seputar pandemi, kamu bisa dapatkan dalam fitur Jakarta Tanggap Covid-19 di JAKI. 


Selamat berekreasi atau berolahraga kembali di area Monas, ya! 

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!