08 Sep 2023

Mengulik Fitur Transportasi Publik di JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

08 Sep 2023

Smartcitizen, apakah kamu sudah mulai beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi publik? Menggunakan transportasi publik untuk bermobilitas merupakan salah satu kontribusi yang bisa kita lakukan demi menyelesaikan tantangan terbesar Jakarta, yakni kemacetan dan polusi udara.

Fitur Transportasi Publik di JAKI

Agar lebih siap menggunakan transportasi publik Jakarta, kamu perlu mengetahui informasi terkait rute dan jadwal transportasi publik maupun ongkos yang perlu disiapkan. Informasi ini bisa kamu akses melalui fitur Transportasi Publik di JAKI. Apa saja informasi yang disediakan fitur Transportasi Publik? Gimana pula cara mengaksesnya? Yuk baca artikel ini untuk cari tahu selengkapnya.

Akses Informasi Menyeluruh lewat Fitur Transportasi Publik

Fitur Transportasi Publik di JAKI merupakan fitur kolaborasi dengan PT JakLingko yang memuat informasi mengenai rute, jadwal, hingga tarif MRT Jakarta, LRT Jakarta, TransJakarta, dan Mikrotrans. Sejak 2022, fitur Transportasi Publik telah dikunjungi pengguna sebanyak 635.504 kali. Sementara, terhitung 164.053 akun menggunakan fitur Transportasi Publik hingga Mei 2023.

Cara Akses Fitur Transportasi Publik di JAKI

Ada banyak cara mengakses fitur Transportasi Publik, seperti melalui search bar (bilah pencarian), daftar menu di Beranda, kategori layanan Transportasi, persona Pekerja Kantoran, hingga pada bagian Keliling Jakarta dengan JAKI di bagian Rekomendasi Buat Kamu. Agar makin gampang menemukannya, ingat bahwa fitur ini digambarkan dengan logo bus, ya.

Fitur Transportasi Publik di JAKI

Untuk mengakses fitur Transportasi Publik melalui search bar, ikuti langkah-langkah berikut:

Fitur Transportasi Publik di JAKI
  1. Buka aplikasi JAKI. Kalau belum punya, unduh lewat Google Play Store atau Apple App Store;
  2. Ketik “Transportasi” pada bilah pencarian di beranda jika kamu menggunakan JAKI dalam Bahasa Indonesia, atau ketik “Transportation” jika menggunakan JAKI dalam Bahasa Inggris;
  3. Klik fitur. Laman utama fitur Transportasi Publik akan muncul.

Kamu juga bisa mengakses fitur Transportasi Publik lewat daftar menu dengan tahapan sebagai berikut:

Fitur Transportasi Publik di JAKI
  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Klik fitur Transportasi Publik pada daftar menu JAKI di Beranda.

Jika ingin mengakses fitur Transportasi Publik lewat kategori layanan, lakukan langkah-langkah ini:

Fitur Transportasi Publik di JAKI
Fitur Transportasi Publik di JAKI
  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Klik Semua pada daftar menu di Beranda;
  3. Pada tab Unggulan, gulir hingga menemukan fitur Transportasi Publik. Klik fitur; atau
  4. Pilih tab Kategori, klik kategori Transportasi Publik.

Untuk mengakses fitur Transportasi Publik melalui persona di JAKI, contek tahapan berikut:

Fitur Transportasi Publik di JAKI
  1. Buka aplikasi JAKI;
  2. Gulir Beranda hingga menemukan bagian Cari Fitur yang Paling Pas Buat Kamu;
  3. Klik persona Pekerja Kantoran;
  4. Pilih fitur Transportasi Publik.

Skenario Cari Rute, Jadwal, dan Tarif

Supaya kamu lebih mudah menggunakan fitur Transportasi Publik, berikut contoh jika kamu ingin ke Kampung Melayu dan butuh informasi mengenai rute, jadwal, serta tarif transportasi umum. Pertama, buka aplikasi JAKI. Anggaplah kamu memilih mengakses fitur lewat daftar menu pada Beranda, maka dari itu klik menu Transportasi Publik di Beranda. Kamu akan masuk ke laman yang memuat opsi layanan informasi MRT Jakarta, LRT Jakarta, TransJakarta, dan Mikrotrans. Ketik tujuanmu yakni “kampung melayu” pada bilah pencarian di halaman tersebut. Lalu, klik ikon kaca pembesar.

Kamu akan diberi informasi terkait stasiun MRT dan LRT, serta halte TransJakarta dan Mikrotrans di sekitar Kampung Melayu. Setelah mengklik nama stasiun atau halte, kamu akan diberi informasi rute-rute transportasi umum yang melintasi stasiun atau halte di sekitar Kampung Melayu. Jika rute tersebut diklik, kamu juga bisa melihat estimasi ketibaan rute tersebut. Pada bagian deskripsi di atas rute, terdapat pula hari dan jam operasional, serta tarif dan cara pembayaran transportasi.

Jaga Lingkungan lewat Fitur Transportasi Publik di JAKI

Dengan informasi menyeluruh yang bisa didapatkan lewat fitur Transportasi Publik di JAKI, enggak ada alasan lagi bagi Smartcitizen untuk tak mencoba layanan trasnportasi umum di Jakarta. Selain karena ada sistem tarif integrasi JakLingko, dengan naik transportasi umum, kamu juga bisa berkontribusi untuk mengurangi kemacetan dan meminimalkan polusi udara di Jakarta. Yuk, jaga lingkungan mulai dari cara kita bermobilitas! Jangan lupa cek rute dan jadwal transportasi umum pilihanmu di JAKI, ya.

Artikel JAKI Lainnya

Hari Pendidikan Nasional dirayakan setiap 2 Mei, bertepatan dengan ulang tahun tokoh terpentingnya. Simak sejarahnya di sini, yuk!

Mudik pas Lebaran butuh perhatian khusus. Mau liburan di Jakarta? Bisa pakai JAKI. Yuk, cek semua tipsnya di sini!

Selamat Tahun Baru 2024! JAKI bisa #bikingampang meraih resolusi-resolusi kamu, lo. Begini caranya!

Ada yang baru dari JAKI! Sebagai kado ulang tahun untuk Jakarta, JAKI merilis versi terbaru. Yuk, kenalan dan intip tampilannya!

Meski jarang dilaporkan, kelima kategori permasalahan ini kerap kamu temukan dan perlu dilaporkan lewat JAKI, loh. Apa saja? Simak berikut ini.

Perlu menghubungi kontak darurat saat keadaan genting? JAKI punya fitur yang membantu kamu. Cek di sini, ya!