Yuk, Kenalan Dengan Aplikasi Super JAKI
JSC membawa kabar baik buat warga Jakarta! Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) milik Pemprov DKI yang dikembangkan oleh Jakarta Smart City merilis versi terbarunya, yakni JAKI 3.0. Peluncuran versi terbaru JAKI ini dilakukan tepat pada hari ulang tahun Jakarta, 22 Juni 2023 lalu. Harapannya, JAKI 3.0 dapat menjadi kado ulang tahun untuk Jakarta yang makin #bikingampang warganya untuk mengakses layanan publik digital.
Sebagai super-app Jakarta, JAKI mengintegrasikan lebih dari 50 layanan publik digital dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Nah, di JAKI 3.0 terdapat beberapa pembaruan, seperti JAKI dwibahasa, personalisasi layanan, dan kategorisasi layanan. Seperti apa sih tampilannya? Yuk, sama-sama kita cari tahu!
JAKI Dwibahasa
Saat ini, Jakarta tengah berbenah dan bersiap menjadi kota global. Karena itu, aplikasi JAKI 3.0 dilengkapi dengan fungsi dwibahasa, yakni dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk mengganti bahasa aplikasi, kamu dapat mengakses menu Profil, lalu klik EN untuk memilih Bahasa Inggris dan ID untuk memilih Bahasa Indonesia pada bagian Bahasa/Language. Secara otomatis, JAKI akan tampil dengan bahasa yang kamu pilih. Dengan ketersediaan dua bahasa ini, aplikasi JAKI diharapkan dapat merangkul para ekspatriat maupun turis mancanegara, untuk mengakses layanan publik digital selama berada di Jakarta.
Personalisasi Layanan
Tampilan terbaru JAKI disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang datang dari berbagai latar belakang, loh. Ada beberapa latar belakang atau profil pengguna yang bisa kamu temukan di JAKI 3.0, yakni pelajar atau mahasiswa, pekerja kantoran, pencari kerja, wirausaha, dan pengelola rumah tangga. Pengguna dapat memilih jenis profil yang paling sesuai dengannya. Kemudian, pengguna akan ditawarkan fitur dan layanan yang paling cocok untuk menunjang kebutuhan sesuai profil tersebut.
Kategorisasi Layanan
Selain personalisasi layanan, tampilan aplikasi JAKI 3.0 juga hadir dengan pengkategorisasian layanan, seperti kesehatan, transportasi, kependudukan, pendidikan, laporan dan kedaruratan, karier dan usaha, sosial dan ekonomi, rekreasi, olahraga, lingkungan, informasi publik, kemitraan, serta manajemen pemerintahan. Saat menggunakan JAKI 3.0, pengguna dapat memilih kategori sesuai dengan topik atau kegiatan yang diminatinya. Setelah memilih kategori yang diinginkan, pengguna akan disuguhkan dengan fitur, rekomendasi layanan, hingga pintasan ke aplikasi milik kolaborator yang paling sesuai dengan kategori tersebut.
Bilah Pencarian dan Rekomendasi untuk Pengguna
Pada JAKI 3.0, terdapat pula dua fitur baru di Beranda, yaitu bilah pencarian (search bar) dan Rekomendasi Buat Kamu. Bilah pencarian dapat memudahkan pengguna untuk mencari fitur dan layanan berdasarkan kata kunci. Sementara Rekomendasi Buat Kamu memuat rekomendasi yang bisa dijadikan panduan untuk empat kelompok pengguna JAKI, yaitu pendatang baru di Jakarta, pengguna baru JAKI, pengguna yang ingin berolahraga di Jakarta, dan pengguna yang ingin mengeksplor Jakarta.
Inovasi JAKI tak akan berhenti sampai di sini. Ke depannya, layanan publik digital yang diintegrasikan oleh JAKI diharapkan akan kian banyak dan beragam, sehingga JAKI makin #bikingampang warga Jakarta, pelaku bisnis, atau wisatawan dalam mengakses informasi dan layanan resmi. Mau cobain pengalaman baru menggunakan JAKI? Yuk, perbarui JAKI atau unduh melalui Google Play Storemaupun Apple App Store.