11 Jul 2022

Jalan-jalan ke Perpustakaan Jakarta yang Baru

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

11 Jul 2022

Ada area baru nih di kawasan TIM yang wajib banget dikunjungi! Apalagi kalau kamu suka membaca buku atau yang lagi cari lokasi work from anywhere. Nah, kamu bisa cobain datang ke Perpustakaan Jakarta di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan perpustakaan ini pada 7 Juli 2022 dan dibuka untuk umum sejak 8 Juli 2022. Nah, seperti apa sih suasana membaca di Perpustakaan Jakarta dan apa saja yang bisa dilakukan di sini? Baca artikel ini, ya!

Mau Berkunjung? Jangan Lupa Reservasi Dulu

Nah, untuk bisa masuk ke sini, kamu perlu melakukan reservasi melalui situs perpustakaan.jakarta.go.id, karena kuota per hari dibatasi hanya 300 orang. Nanti, kamu bisa membuat akun terlebih dulu, lalu kamu bisa mengisi buku tamu di menu Jelajahi. Setelah itu, pilih tanggal untuk berkunjung ke sini. Kamu bisa mendaftar sebagai individu atau rombongan lebih dari tiga orang. Nanti kamu akan mendapatkan barcode untuk di-scan di depan pintu masuk Perpustakaan Jakarta.  Jika kamu ingin mendapatkan akses ke fasilitas ruang multimedia dan meminjam buku, kamu bisa mendaftarkan keanggotaan melalui situs Perpustakaan Jakarta dan tunggu verifikasi keanggotaan 1x24 jam yang dikirim ke alamat surel milikmu. 

Kamu bisa berkunjung ke sini dari Senin sampai Minggu, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Untuk menemukan lokasinya ini, Perpustakaan Jakarta berada di Lantai 3, Taman Ismail Marzuki. Kamu dapat menaiki lift yang sudah disediakan. Lalu, ikuti petunjuk jalan, jadi kamu enggak akan nyasar ke sini. Untuk menikmati koleksi bacaan, kamu bisa naik ke lantai 4, 5, dan 6. 

Koleksi Bacaan yang Super Beragam

Pilihan buku di Perpustakaan Jakarta ini banyak banget! Temanya juga beragam, mulai dari novel cinta anak SMA, kebahagiaan berumah tangga, komputer, pengembangan diri, koleksi bacaan tentang Jakarta, atau bernostalgia dengan  membaca buku anak-anak. Jika kamu ingin mencari buku tertentu, kamu bisa datang ke pusat informasi yang terletak di setiap lantai atau mencarinya lewat komputer dekat pintu masuk. Di setiap lorong pun tersedia kategori tema, sehingga kamu enggak akan kesulitan mencari buku dengan topik tertentu. 


Kamu bisa membaca di ruang eksplorasi dengan lesehan, ruang membaca privasi, atau di kursi yang view-nya menghadap ke luar ruangan. Pokoknya dijamin deh kamu bakal dapat membaca buku dengan nyaman. Selain itu, jika kamu membawa gadget, tenang saja di sini ada spot charging dan fasilitas Wi-Fi. Jadi, mau baca sembari kerja tipis-tipis, me-time, atau perpus-date, bisa banget! 


 

Selain Membaca, Ada Fasilitas Lain yang Bisa Dinikmati

Enggak cuma bisa menikmati suasana membaca, di sini ada pula fasilitas ruang bermain buat anak-anak yang berada di lantai 4. Ada ruang permainan edukasi juga lho, tepatnya di samping rak buku koleksi anak berbagai usia. Buku cerita sampai buku pengetahuan umum berbentuk ensiklopedia tersedia di sana. 

Di samping itu, ada pula ruang multimedia yang terletak di lantai 6. Namun, untuk bisa mengakses ruang komputer ini, kamu perlu mendaftarkan diri sebagai anggota Perpustakaan Jakarta. Nanti, kamu akan diminta menunjukkan barcode keanggotaan untuk di-scan. Setelah itu, kamu akan diantar petugas untuk dapat menikmati area multimedia ini. 
 

Jika kamu suka dengan biografi dan sastra, disarankan banget nih buat datang ke Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin yang berada di Lantai 4. Lokasinya berseberangan dengan Perpustakaan Jakarta. Di situ kamu bisa melihat koleksi surat dan buku puisi Chairil Anwar serta H.B. Jassin. Di lantai 5, kamu pun bisa membaca koleksi PDS H.B. Jassin lainnya. 

Seru dan nyaman kan Perpustakaan Jakarta? Nah, buat kamu yang ingin berkunjung ke sini bisa naik transportasi publik.  Kalau MRT, kamu turun di Stasiun Bundaran HI, lalu dilanjutkan dengan transportasi lain yaitu ojek daring. Sedangkan KRL, kamu turun di Stasiun Cikini, lalu berjalan kaki selama 10 menit. Kamu pun dapat menaiki Transjakarta koridor 5M (Kampung Melayu-Tanah Abang) atau 6B (Senen-Lebak Bulus), kemudian turun di Halte TIM. Oh ya, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan selama di Perpustakaan Jakarta. Jika ada informasi lain yang mau kamu kepoin seputar Perpustakaan Jakarta, bisa cek di situs perpustakaan.jakarta.go.idatau Instagram @perpusjkt.

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!