Hari Lingkungan Hidup Menyambut Jakarta Hajatan

Oleh:Syora Alya Eka Putri

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

15 Jun 2022

Dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495, Pemprov DKI Jakarta punya beberapa rangkaian kegiatan seru di Tebet Eco Park untuk meningkatkan kesadaran mencintai lingkungan. Bagaimana keseruannya? Simak dalam artikel berikut ini.

Festival Udara Bersih untuk Jakarta

sumber: Beritajakarta

Pada 5 Juni 2022 lalu, telah berlangsung Festival Udara Bersih untuk Jakarta yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan beberapa kolaborator. Kolaborator yang terlibat seperti Vital Strategies, Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Ayo ke Taman, Bicara Udara, Nafas, Nekropolis, dan UNICEF Indonesia. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian acara peringatan HUT DKI Jakarta (Jakarta Hajatan) ke-495 yang mengangkat isu lingkungan hidup.

Tema udara bersih ini dipilih dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait pengendalian kualitas udara di wilayah DKI Jakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan melalui kampanye di media sosial yang menjadi bagian acara pre-event di Instagram dan podcast. Salah satu materi untuk adalah ajakan menggunakan transportasi publik seperti MRT dan Transjakarta. Kampanye juga dilakukan secara luring yang berlangsung di Tebet Eco Park.

Acara luring tersebut merupakan rangkaian acara puncak. Kegiatan yang telah berlangsung berupa talkshow dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan anak muda terkait aksi yang bisa dilakukan untuk mengurangi pencemaran udara, penampilan musik Cikini Tropical Sound, Keroncong Batavia Hood, Vinyl DJ Kurasi oleh Studiomaja, instalasi seni dengan tema polusi udara, kegiatan riding dengan BikeShare oleh Gubernur DKI Jakarta, serta aktivasi oleh kolaborator seperti instalasi kendaraan listrik, panel surya, atau penggunaan sepeda. Harapannya acara ini menjadi bentuk aksi kolektif untuk mengurangi pencemaran udara di Jakarta.

Selain acara Udara Bersih untuk Jakarta, Pemprov DKI Jakarta juga memiliki kegiatan acara Jakarta Hajatan yang mengangkat isu lingkungan hidup, yaitu Pekan Gerakan Sadar Sampah mulai dari 20–25 Juni 2022. Nantinya dalam kegiatan ini akan ada rangkaian kegiatan pengelolaan sampah rumah tangga dengan melibatkan 2.743 RW di Jakarta. Aksi tersebut seperti kegiatan pemilahan sampah, komposting komunal, kerja bakti, dan menyiapkan bank sampah.

Cara Sederhana untuk Menjaga Lingkungan

Nah, kamu bisa banget lho buat berpartisipasi menjaga lingkungan di Jakarta, sesederhana menggunakan transportasi umum yang disediakan Pemprov DKI selama bermobilitas seperti naik MRT, LRT, atau Transjakarta. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki di jalur-jalur yang telah disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Dengan begitu, kamu sudah berpartisipasi untuk mengurangi pencemaran udara di Jakarta. Kamu bisa pula memantau pencemaran udara lewat fitur JakISPU yang ada di aplikasi JAKI. Bahkan, kamu juga bisa berpartisipasi untuk menjaga lingkungan dengan memantau emisi harianmu dari sampah yang dihasilkan. Caranya mudah banget, bisa gunakan fitur JakEmisi di JAKI.

Gimana? Yuk, lakukan langkah-langkah sederhana menjaga lingkungan bersama Pemprov DKI Jakarta ya, Smartcitizen!

Artikel Smart Environment Lainnya

Sungai di Jakarta merupakan sumber kehidupan warga. Untuk itu, kamu perlu tahu tiga pencemar utama sungai. Baca juga cara meminimalkannya di sini.

Bertransformasi menjadi kota global, Jakarta perlu terus menjaga lingkungannya. Inilah hal-hal yang dilakukan supaya emisi karbon berkurang.

Musim hujan di Jakarta bikin lingkungan rentan terhadap banjir. Inilah yang dilakukan Pemprov DKI supaya warganya tetap aman.

Curah hujan yang tinggi berpotensi mengakibatkan banjir. Memasuki musim hujan, ini cara mencegah banjir yang perlu kamu tahu.

Tata kelola suatu smart city berjalan berkat salah satu pilarnya, Smart Environment. Dari sini, lahir pula inovasi-inovasi yang membantu warga.

Ada alasan ilmiah di balik cuaca panas saat ini. Simak penyebab dan cara menghadapinya, yuk!