15 Des 2021

Festival #IniJakarta: Kolaborasi Membangun Kota

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

15 Des 2021

Pada 3-5 Desember 2021 lalu, Festival #IniJakarta digelar di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Festival ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan relawan +Jakarta, 21 komunitas, dan puluhan kolaborator lainnya. Bertujuan untuk menyebarkan serta membumikan identitas Jakarta sebagai kota kolaborasi, festival ini juga memberi kesempatan bagi warga untuk membangun kota dan bagi komunitas untuk menampilkan karya-karya terbaik. Terdapat pula berbagai agenda lain selama tiga hari penyelenggaraan. Penasaran ingin tahu rangkaian acaranya? 

[Kenalan dengan +Jakarta]

IniJakarta dan Identitas Kota

Sebelum menilik rangkaian kegiatan #IniJakarta, ada baiknya Smartcitizen mengetahui identitas kota Jakarta dan hubungannya dengan Festival #IniJakarta. Sebagai kota kolaborasi, Jakarta menekankan bahwa pembangunan Ibu Kota bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Perlu kolaborasi antara pemerintah dengan warga, pelaku usaha, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan lain-lain, agar Jakarta dapat menjadi kota yang maju dengan masyarakat yang bahagia.

Nah, Festival #IniJakarta merupakan perwujudan sekaligus wadah untuk memperkenalkan identitas tersebut. Karena merupakan hasil kolaborasi berbagai lapisan masyarakat dan turut merangkul komunitas dalam penyelenggaraannya, seperti talkshow, pameran, dan sebagainya, festival ini semakin jelas membuka lebar ruang kolaborasi bagi seluruh warga untuk membangun kota Jakarta.

Komunitas Jakarta Berkumpul Selama Tiga Hari

Jika menilik rangkaian Festival #IniJakarta, ada banyak sekali komunitas dan kolaborator yang terlibat. Komunitas maupun kolaborator tersebut tentunya adalah mereka yang memiliki semangat juang dalam memajukan kota Jakarta. Pada hari pertama, diselenggarakan talkshow bersama NGO Divers Clean Action bertajuk KolaborAksi: Jakarta Sadar Sampah, sharing session Gizipedia: Gizi Seimbang pada Masyarakat Urban, Kanal Komunitas: Kargo Baca - Harta Karun Buku, Dongeng Edukasi – Bale Buku Jakarta, performance Komunitas JDCNEO, performance Akustik Tarian Betawi dari Sanggar Binaan Dinas Kebudayaan DKI, Collaborators Meet Up +Jakarta, dan performance Bank DKI. 

Sementara itu, pada hari kedua terdapat sharing session Komunitas Potopoto Kota, writing class Komunitas Jejak Warna, performance Bale Buku Jakarta, Kenal Komunitas “Kargo Baca - Harta Karun Buku”, performance Komunitas Ukuiki, Dongeng Edukasi - Bale Buku Jakarta, sharing session Gizipedia, games Tebak Kata dari Marine Buddies Jakarta, sharing session “Potopoto Kota”, hunting dan lomba foto “Ayo ke Taman”, workshop Komunitas Peri Kertas, hingga performance musik. 

Kegiatan serupa juga berlangsung pada hari terakhir yang menandai puncak rangkaian Festival #IniJakarta. Dimulai dengan kegiatan Hunting Foto “Ayo ke Taman” pada pagi hari, kemudian sharing session Komunitas Potopoto Kota, talkshow Divers Clean Action “Ekowisata di Ujung Jakarta”, Mural Bale Buku Jakarta, writing class - Jejak Warna, Kargo Baca - Harta Karun Buku, sharing session Gizipedia, sharing session Komunitas Potopoto Kota, Elemwe Fashion Show, games Tebak Kata - Marine Buddies Jakarta, story telling - Bale Buku Jakarta, performance NonaRia, sharing session Komunitas Kumpul Baca, dan Temu Komunitas “Piknik” - Teman Piknikmu. 

Ada beragam kegiatan, bukan? Dari sekian banyak kegiatan tersebut, terdapat empat agenda besar yang ingin diperkenalkan selama perhelatan Festival #IniJakarta, yakni: 

  1. Sudut Pandang Jakarta.

Penampilan 50 lebih foto bertema resiliensi dan kolaborasi yang melibatkan warga dalam proses pengumpulan foto. 


  1. Panggung Komunitas.

Wadah bagi para komunitas untuk menampilkan karya, keahlian, dan semangat yang dimiliki.


  1. Ruang Kolaborasi.

Penampilan komunitas hasil kolaborasi dengan program +Jakarta untuk berbagi informasi, kegiatan, dan membuka kesempatan kolaborasi dengan pengunjung. 


  1. Peresmian +Jakarta.

Puncak acara peresmian +Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sekaligus peluncuran jingle Plus Jakarta. 
 

Melengkapi identitas Jakarta sebagai kota kolaborasi, hadir pula Jakarta Community Guidebook, sebuah panduan yang mengintegrasikan berbagai informasi dan kegiatan dari komunitas-komunitas di Jakarta. 

Sebuah Inisiatif dari Co-Creatorsuntuk Masyarakat

Selama tiga hari, Festival #IniJakarta tak hanya memberikan hiburan dan inspirasi bagi warga Ibu Kota, namun juga memfasilitasi interaksi antara warga dengan Pemprov DKI Jakarta. Dalam acara tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bercengkerama dengan warga yang berkunjung, melihat hasil karya seniman, serta mendatangi booth UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Ia menyebut bahwa wargayang mengunjungi Festival #IniJakarta mempunyai rasa memiliki yang begitu besar kepada kotanya.

Anies turut senang dan bangga dengan penyelenggaraan Festival #IniJakarta. Sebab, festival ini merupakan inisiasi langsung dari warga dan pemerintah daerah sebagai kolaborator, tanpa harus menunggu intervensi pemerintah. Artinya, warga Jakarta memiliki rasa kepemilikan yang begitu erat dalam membangun kemajuan kota di berbagai aspek, seperti ekonomi, seni, budaya, dan lainnya. Ia menambahkan, dengan Festival #IniJakarta, semoga Jakarta dapat menjadi kota yang tidak hanya memberikan penghidupan, namun juga dapat menjadi sumber kebahagiaan dan ketenangan bagi warganya. Kita doakan, semoga impian Gubernur DKI Jakarta terwujud dan warga dapat lebih mengenal, mencintai, serta berkolaborasi demi kemajuan kotanya ya, Smartcitizen. Jika kamu ingin melihat cuplikan lainnya dari Festival #IniJakarta, silakan mengunjungi media sosialJakarta Smart City.

Artikel Smart Branding Lainnya

Festival Ini Jakarta 2022 diselenggarakan pada 16-18 September 2022 di Kota Tua. Kamu sempat datang gak? Baca artikel ini buat tahu keseruannya, ya.

Jakarta International Stadium telah diresmikan! Intip kemeriahan acara grand launching-nya di sini!

Jakarta Fair resmi ditutup 17 Juli 2022. Ada banyak kegiatan serta aneka booth. Gak sempat berkunjung? Jangan khawatir, baca rangkuman di sini.

Bingung ke mana di Jakarta Fair? Wajib banget nih kamu ke anjungan Pemprov DKI Jakarta. Ada apa aja, ya? Baca di sini!

Bertajuk Jakarta Hajatan, sederet rangkaian acara menarik untuk merayakan HUT Jakarta akan berlangsung. Intip daftarnya di sini!

Mal Sarinah telah dibuka kembali. Ia hadir dengan konsep community mall yang menjual 100% produk lokal. Yuk, telusuri Sarinah lewat artikel ini!