02 Agt 2022

Cek Jadwal Donor dan Stok Darah di JAKI

Oleh:Amira Sofa

Editor:Aditya Gagat Hanggara

02 Agt 2022

Sebagai super app Jakarta, JAKI menyediakan layanan publik dari berbagai aspek, termasuk kesehatan. Tak hanya berpusat pada penanganan pandemi Covid-19, JAKI juga menyediakan fitur pintasan penyediaan darah, hasil kolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Lewat fitur tersebut, Smartcitizen dapat mengecek jadwal donor darah hingga melihat stok darah yang tersedia di PMI. Yuk, intip fitur ini lebih lanjut! 

Bagaimana Cara Akses Fiturnya di JAKI?

Saat membuka aplikasi JAKI, mungkin kamu akan melihat banyak fitur. Ini beberapa langkah yang bisa diikuti agar dapat menemukan fitur stok darah dan jadwal donor lebih mudah: 

  1. Buka aplikasi JAKI.
  2. Gulir laman utama ke bawah hingga menemukan sub-menu Layanan Pemprov DKI Jakarta.
  3. Geser ke kiri hingga menemukan fitur PMI. Klik fitur.
  4. Pilih layanan yang kamu inginkan.
  5. Beres! Kamu akan langsung diarahkan menuju laman Stok Darah ataupun Jadwal Donor yang ada di websitePMI Provinsi DKI Jakarta.
  6. Selanjutnya, kamu tinggal mencari stok darah ataupun jadwal donor mengikuti instruksi di website

Apa Saja Informasi yang Tersedia? 

Jika memilih layanan stok darah, kamu akan menemukan laman yang memuat informasi ketersediaan darah di seluruh wilayah DKI Jakarta. Untuk mempermudah kamu dalam menemukan darah dengan golongan yang tepat dan lokasi terdekat, terdapat fitur filter yang bisa dipakai. Penyaringan akan dilakukan berdasarkan lokasi. Kamu tinggal memilih wilayah yang diinginkan, lalu tabel akan menunjuk jumlah stok masing-masing golongan darah yang tersedia di tiap rumah sakit wilayah tersebut. 

Kalau memilih layanan jadwal donor, laman akan memunculkan informasi jadwal dan lokasi donor darah pada hari akses serta beberapa hari ke depan. Kamu dapat melakukan filtering dengan memilih tanggal donor yang diinginkan. Tabel akan langsung memuat setiap lokasi donor di Jakarta pada tanggal tersebut beserta masing-masing jam mulai, calon donor, dan jumlah donor. 
 

 

JAKI: Integrasikan Layanan Kesehatan Jakarta

Selain layanan penyediaan darah, JAKI juga menyediakan beberapa fitur untuk memenuhi kebutuhan kesehatan darurat warga. Sebut saja fitur cek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, donor plasma, hingga pemanggilan Ambulans Gawat Darurat (AGD). 

Fitur Ketersediaan Tempat Tidur 

Selama pandemi, jumlah kasus rawat inap di rumah sakit Jakarta membludak. Warga yang butuh dirawat inap pun kesulitan mencari rumah sakit dengan ruang opname kosong. Untuk membantu agar pencarian ruang opname lebih mudah, Pemprov DKI Jakarta mengembangkan fitur Ketersediaan Tempat Tidur untuk pasien Covid-19 maupun non-Covid-19. Fitur ini dapat ditemukan di sub-menu Jakarta Tanggap Covid-19 pada laman utama JAKI yang terintegrasi langsung dengan lamanKetersediaan Tempat Tidur di website Jakarta Tanggap Covid-19. 

Fitur Donor Plasma

Satu fitur lagi yang lahir dari bercermin pada situasi pandemi yakni Donor Plasma. Pasien Covid-19 dengan tingkat keparahan tinggi dapat menjalani donor plasma konvalesen dari penyintas Covid-19. Saat kasus Covid-19 memuncak beberapa bulan lalu, banyak pasien kritis yang kehabisan donor plasma konvalesen. Kondisi ini menjadi penggerak pengembangan fitur Donor Plasma di JAKI. Melalui fitur ini, kamu bisa mendapatkan informasi seputar donor plasma dan mendaftarkan diri menjadi pendonor. Cukup klik fitur Donor Plasma pada sub-menu Jakarta Tanggap Covid-19 di laman utama JAKI, kamu akan langsung diarahkan ke lamanDonor Plasma di website Jakarta Tanggap Covid-19.

Fitur JakAmbulans

Demi mengupayakan kesehatan dan keselamatan warga, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan fitur JakAmbulans di JAKI. Fitur ini memungkinkan kamu memanggil ambulans hanya dalam satu sentuhan tombol darurat (panic button) untuk menangani kondisi medis darurat. Yang dimaksud kondisi darurat seperti kecelakaan lalu lintas, bencana alam, kriminal, korban kebakaran, atau kejadian luar biasa lainnya. Kamu dapat menemukan fitur ini dalam fitur utama JAKI. Kamu akan diminta memasukkan nomor handphone yang dapat dihubungi. Lokasi tempat kamu berada saat mengakses pun akan langsung terdeteksi. Selanjutnya, kamu akan diminta menekan tombol darurat selama tiga detik, sebelum ambulans akan langsung dikirim ke tempatmu. Sangat membantu, kan? Tapi ada yang perlu diingat nih, Smartcitizen. Gunakanlah fitur ini hanya untuk kondisi darurat, ya. 

Itu tadi pengenalan fitur pelayanan penyediaan darah beserta beberapa fitur genting terkait kesehatan lainnya di JAKI yang barangkali kamu butuhkan. Pemprov DKI Jakarta akan terus memperbarui fitur-fitur ini sesuai kebutuhanmu. Belum punya aplikasi JAKI? Unduh di Google Play Storeatau Apple App Store. Gratis! 

Artikel Smart Living Lainnya

Mau pinjam buku di Perpustakaan Jakarta tapi bingung pilih yang mana? Ini tiga rekomendasi buku yang insightful untukmu.

Mau healing ke taman? Pakai JAKI, kamu bisa cari taman di Jakarta, mulai dari cek lokasi sampai daftar kunjungan. Simak caranya di sini.

Memang bisa akses layanan ini itu di kompleks atau apartemen lewat aplikasi? Bisa! Kenalin, City Mobile Apps, inovasi terbaru buat integrasi layanan.

Tebet Eco Park masih ramai dikunjungi sampai hari ini. Di sana kamu bisa olahraga atau piknik. Gimana cara masuk Tebet Eco Park? Baca di sini ya.

Takjil jadi hal yang tak boleh terlewatkan saat berbuka puasa. Berikut ini lima tempat hunting takjil rekomendasi Jakarta Smart City. Baca di sini.

Musim hujan gini, kamu bisa lho laporin genangan atau banjir di sekitarmu. Yuk, cari tahu caranya dengan baca di sini!