14 Feb 2023

Cara Gampang Mencari Lokasi Vaksinasi Booster

Oleh:Teresa Simorangkir, Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Ramdan Malik Batubara, Aditya Gagat Hanggara

14 Feb 2023

Sudah kurang lebih setahun ini, kehidupan kita kembali berjalan seperti semula. Sekolah, kampus, kantor, hingga pusat perbelanjaan kembali dibuka untuk umum. Transportasi publik terlihat padat dengan penumpang, jalan raya pun kembali dipenuhi kendaraan bermotor.

Pemberian Vaksin

Sayangnya, perjuangan kita untuk benar-benar bebas dari Covid-19 masih terus diuji. Kasus Covid-19 naik lagi. Kementerian Kesehatan menemukan varian baru Covid-19, yaitu BA.4 dan BA.5, sebagai salah satu penyebab kasus Covid-19 di Indonesia kembali merebak. Selain itu, rendahnya persentase masyarakat yang mendapat vaksinasi booster juga turut menyumbang angka kenaikan kasus Covid-19.

Vaksin Menyelamatkan, Segera Vaksinasi Booster

Vaksinasi booster Covid-19 menjadi salah satu cara efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sekaligus sebagai langkah pencegahan penyakit. Tetapi, vaksin bukanlah obat yang bisa menyembuhkan penyakit dan tidak ada vaksin yang memberikan perlindungan 100%. Kemungkinan tertular masih ada, namun efeknya tidak akan seberat bila tidak divaksin. Intinya, vaksin Covid-19 akan membentuk kekebalan tubuh, sehingga tubuh kita siap apabila terpapar virus Corona.

Kekuatan vaksin untuk melindungi tubuh kita juga akan melemah seiring perjalanan waktu. Apalagi virus Covid-19 terus bermutasi, sehingga imun tubuh harus terus meng-upgrade dirinya agar bisa terus melindungi tubuh kita. Jadi, kalau Smartcitizen sudah mendapat vaksin pertama dan vaksin kedua, jangan lupa untuk mengikuti vaksinasi booster, ya! Di Jakarta sudah banyak tempat-tempat yang melayani pemberian vaksinasi booster dan semuanya bisa kamu cek lewat corona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki.

Cara Mencari Lokasi Vaksinasi Booster di corona.jakarta.go.id

Lokasi vaksinasi booster tersedia di corona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki. Untuk mencari lokasinya, Smartcitizen bisa ikuti langkah-langkah ini:

  1. Kunjungi corona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki.
  2. Gulir hingga kamu menemukan ‘Detail Data Lokasi Vaksinasi’. Di bagian ini, kamu bisa menyortir lokasi vaksinasi yang menyediakan vaksin berdasarkan lokasi vaksinasi, tanggal vaksinasi, serta dosis.
Cek Kuota Vaksin

  1. Untuk melihat fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin booster, klik bagian ‘Dosis’ dan centang ‘Keempat’. Kamu akan melihat sederet fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin booster.

Cek Kuota Vaksin

  1. Kemudian, untuk mengecek lokasi vaksinasi, klik tombol ‘Nama Lokasi Vaksinasi’. Daftar yang tertera adalah lokasi-lokasi yang melayani vaksinasi booster.

Cek Kuota Vaksin

  1. Ingin melihat pelayanan vaksin booster berdasarkan tanggal? Cukup klik ‘Tanggal Vaksinasi’ dan klik ‘Only’ pada tanggal yang ingin kamu lihat.

Cek Kuota Vaksin

  1. Saat mengecek jadwal dan lokasi vaksinasi booster, perhatikan juga sisa kuota yang ada. Bila sisa kuota sudah 0, maka kamu harus mencari jadwal atau lokasi yang lain.

Seperti itulah cara mencari lokasi vaksinasi booster kedua di Jakarta. Gampang, kan? Sekarang Smartcitizen enggak perlu bingung lagi kalau ingin vaksinasi booster. Selain website corona.jakarta.go.id, JAKI juga akan secara berkala mengirimkan notifikasi informasi vaksinasi lewat smartphone-mu. Kalau belum punya JAKI, segera download di Play Store dan Apps Store.

Sebelum vaksin, pastikan kamu sedang dalam kondisi sehat dan sudah melewati tiga bulan setelah vaksinasi kedua. Terakhir, jangan lupa sebarkan informasi ini kepada siapapun yang membutuhkan, ya! Yuk, segera akhiri pandemi ini bersama-sama!

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.