14 Feb 2023

Cara Cari Lokasi Vaksin Booster di Jakarta

Oleh:Teresa Simorangkir, Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Aditya Gagat Hanggara

14 Feb 2023

Sejak awal Februari, pendaftaran vaksin booster kedua sudah bisa Smartcitizen lakukan lewat aplikasi JAKI. Tapi, kamu mungkin masih bertanya: kapan dan di mana saja vaksin booster tersedia? Tenang, lokasi dan jadwal vaksinasi booster di Jakarta bisa kamu pantau lewat situscorona.jakarta.go.id! Yuk, simak cara mencari lokasi dan jadwal vaksin booster lewat artikel berikut!

Pastikan Sudah Memenuhi Syarat Vaksinasi Booster

Vaksin Booster

MenurutSurat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/II/1180/2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Masyarakat Umum, untuk mendapat vaksin booster, seseorang harus memenuhi syarat berikut:

  1. menunjukkan NIK dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga;
  2. berusia 18 tahun ke atas;
  3. sudah mendapatkan vaksin primer lengkap minimal 3 bulan sebelumnya.

Selain itu, vaksin booster diberikan dengan memprioritaskan warga lanjut usia dan penderita masalah kekebalan tubuh (immunocompromised).

Sedangkan untuk vaksin booster kedua, berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan NomorHK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum terdapat beberapa penyesuaian sebagai berikut.

  1. Untuk penyintas Covid-19, baru bisa diberikan setelah menjalani perawatan selama tiga bulan atau setelah satu bulan mengalami gejala ringan.
  2. Ibu hamil boleh ikut vaksin setelah usia kehamilan diatas tiga minggu.
  3. Warga Negara Asing bisa mengikuti vaksin dengan syarat mengajukan permohonan melalui web Pedulilindungi serta menunjukkan Paspor dan Izin Tinggal (Sementara/Permanen).
  4. Sudah mendapatkan vaksin booster dosis pertama minimal 6 bulan sebelumnya.

Mencari Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster

Jadwal dan lokasi vaksin booster bisa Smartcitizen temukan lewatcorona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki. Sementara itu, untuk pendaftaran vaksin booster dapat dilakukan lewat aplikasi JAKI dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Daftar Vaksin Booster di JAKI

Lalu, bagaimana cara mencari jadwal dan lokasi vaksinasi booster sesuai keinginan? Inilah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungicorona.jakarta.go.id/id/kuota-vaksinasi-jaki.
  2. Gulir hingga kamu menemukan ‘Detail Data Lokasi Vaksinasi’. Di bagian ini, kamu bisa menyortir fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin berdasarkan lokasi vaksinasi, tanggal vaksinasi, serta dosis.
Cek Kuota Vaksin

  1. Untuk melihat fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin booster, klik pada bagian ‘Dosis’, dan centang ‘Keempat’. Kamu akan melihat sederet fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksin booster.

Cek Kuota Vaksin

  1. Kemudian, untuk mengecek lokasi vaksinasi, klik pada tombol ‘Nama Lokasi Vaksinasi’. Daftar yang tertera adalah lokasi-lokasi yang melayani vaksinasi booster. Bila kamu hanya ingin melihat satu lokasi, misalnya Puskesmas Kelurahan Rawa Buaya, pilih tombol ‘Only’.

Cek Kuota Vaksin

  1. Ingin melihat pelayanan vaksin booster berdasarkan tanggal? Cukup klik ‘Tanggal Vaksinasi’ dan klik ‘Only’ pada tanggal yang ingin kamu lihat. Contoh, kamu ingin vaksinasi di Puskesmas Kelurahan Rawa Buaya pada 17 Februari 2023, maka jadwal yang terlihat adalah sebagai berikut:

Cek Kuota Vaksin

  1. Saat mengecek jadwal dan lokasi vaksinasi booster, perhatikan juga sisa kuota yang ada. Bila sisa kuota sudah 0, maka kamu harus memilih jadwal atau lokasi yang lain saat hendak mendaftar melalui JAKI. Nah, kalau kuota vaksin masih tersedia di lokasi dan jadwal yang kamu inginkan, segera lakukan daftar ulang lewat JAKI supaya segera terjadwal di lokasi vaksinasi yang kamu inginkan, ya.

Apa Jenis Vaksin Booster yang Digunakan?

Jenis Vaksin

MengutipKementerian Kesehatan, masyarakat yang mendapat dosis primer (dosis pertama dan dosis kedua) Sinovac, maka diberikan vaksin AstraZeneca (separuh dosis, 0,25 ml), atau vaksin Pfizer (separuh dosis, 0,15 ml), atau vaksin Moderna (dosis penuh, 0,5ml). Jika kamu mendapat dosis primer AstraZeneca, maka kamu akan diberikan vaksin Moderna (separuh dosis, 0,25 ml), atau vaksin Pfizer (separuh dosis, 0,15 ml), atau vaksin AstraZeneca (dosis penuh, 0,5 ml).

Sedangkan untuk vaksin Booster kedua, saat ini tersedia vaksin Pfizer dan Zifivax. Bagi kamu yang sebelumnya diberikan vaksin Sinovac maka bisa menggunakan vaksin Zifivax untuk booster kedua. Untuk jenis vaksin lain, silakan lihat tabel di atas. Sebagai informasi, pemberian vaksin booster mengikuti ketersediaan vaksin di setiap fasilitas kesehatan.

Baca juga:Panduan Vaksinasi Booster Covid-19 di Jakarta

Seperti itulah cara mencari jadwal dan lokasi vaksinasi booster di Jakarta. Yuk, cek aplikasiJAKI kamu sekarang dan segera lakukan daftar ulang vaksinasi booster bila sudah memenuhi kriteria. Kalau belum punya JAKI, unduh aplikasinya secara gratis lewatPlay Store atauApp Store. Ajak pula teman serta kerabat untuk mendaftar vaksinasi booster lewat JAKI agar lebih gampang. Terakhir, meski sudah vaksin booster, kita harus tetap disiplin menjalankan 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan dan minum bersama) untuk memutus penyebaran virus Corona. Semangat!

 

 


 

Penulis dan Editor

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.