14 Feb 2023

Begini Cara Cek Tiket Vaksin Booster

Oleh:Muhammad Raedyan Kahfi

Editor:Aditya Gagat Hanggara

14 Feb 2023

Tahun 2021 lalu menjadi penanda awal mula perjuangan melawan Covid-19 melalui program vaksinasi. Dimulai dengan pemberian vaksin dosis pertama secara bertahap, kemudian dilanjutkan dengan dosis kedua. Tahun 2022, melihat perkembangan kondisi dan situasi maka dimulai memberikan vaksin booster dosis pertama. Pada 2023, Pemerintah Pusat maupun Pemprov DKI Jakarta terus melaksanakan program vaksinasi lanjutan dengan mengadakan vaksin booster kedua. Tentunya bertujuan agar imun tubuh semakin optimal dalam menghadapi Covid-19 dan mempercepat proses pemulihan.

Berikut syarat-syarat untuk mendapatkan vaksin booster:

  1. memiliki KTP Indonesia;

  1. berusia 18 tahun ke atas;

  1. telah melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2 minimal 6 bulan setelah penyuntikan dosis 2; dan

  1. memiliki tiket vaksin booster .

Ada beberapa jenis vaksin yang digunakan untuk vaksin booster di Indonesia, yaitu setengah dosis vaksin Pfizer atau AstraZeneca untuk penerima vaksin primer (dosis 1 dan 2) jenis Sinovac. Adapun setengah dosis vaksin Moderna atau Pfizer akan diberikan untuk penerima vaksin primer AstraZeneca. Teruntuk vaksin booster kedua, saat ini terdapat vaksin Pfizer dan Zfivax. Smartcitizen yang sebelumnya menggunakan vaksin Sinovac dapat menggunakan vaksin Zifivax untuk vaksin booster kedua ini.

Seiring berjalannya waktu maupun program vaksinasi ini mulai muncul pertanyaan demi pertanyaan terkait vaksin booster, seperti bagaimana cara mendapatkannya? Untuk mendapatkan vaksin booster, kamu harus terlebih dahulu memiliki e-ticket vaksin booster yang dapat kamu lihat di aplikasi PeduliLindungi dan super-app Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, JAKI. Jika belum memiliki tiket vaksin booster, pastikan kamu mengecek aplikasi-aplikasi tersebut secara berkala, ya.

Untuk mengecek tiket vaksin booster milikmu, berikut caranya.

Cek Tiket Vaksin Booster di PeduliLindungi

Berikut cara mengecek tiket vaksin booster di aplikasi PeduliLindungi:

  1. Log in terlebih dahulu menggunakan NIK dan nama lengkapmu.
  2. Akan muncul tampilan utama seperti ini, lalu klik ikon akun di pojok kiri atas.
Aplikasi PeduliLindungi

  1. Pilih “Riwayat dan Tiket Vaksin”.

 

Cek Tiket Vaksin PeduliLindungi

  1. Apabila kamu belum mendapatkan tiket vaksin booster, maka hanya akan tampil riwayat vaksin hingga dosis 3. Namun, jika kamu sudah mendapatkan tiket, akan tampil tiket vaksin seperti berikut:

Tiket Vaksin PeduliLindungi

  1. Kamu bisa klik “Simpan sebagai gambar” untuk menyimpan tiket tersebut dan menunjukkannya di lokasi vaksinasi.

  1. Selesai.

Cek Tiket dan Daftar Vaksin Booster di JAKI

  1. Buka aplikasi JAKI dan klik banner “Pendaftaran Vaksinasi Covid-19”.

  1. Masukkan NIK dan nama lengkapmu, lalu klik tombol “Periksa”.

  1. Jika kamu belum memiliki tiket vaksin booster, maka tampilan akan menunjukkan seperti ini:

  1. Jika sudah memiliki tiket vaksin booster, kamu dapat melakukan pendaftaran vaksin booster di Jakarta dengan klik tombol “Daftar Ulang Vaksinasi Dosis 4”.

  1. Lengkapi data diri dan berbagai pertanyaan lanjutan pada laman berikutnya.

  1. Pendaftaran selesai. Silakan menuju fasilitas kesehatan pilihanmu pada jadwal yang telah ditentukan.

Yuk, Segera Vaksin Booster!

Kesempatan untuk melindungi diri dengan ekstra di tengah pandemi ini sudah terbuka lebar. Vaksin booster dapat dengan mudah kamu dapatkan. Segera unduh JAKI untuk cek status vaksinasimu dan mendaftarkan diri untuk vaksin kapan pun dan di mana pun. Setelah vaksinasi nanti, protokol kesehatan yang selama ini kamu terapkan juga jangan sampai kendur, ingatlah pandemi belum usai. Vaksinasi dan protokol kesehatan yang ketat merupakan usaha terbaik untuk mengantarkan kita menuju akhir pandemi dan beralih ke masa endemi.

 

Artikel Covid-19 Lainnya

Vaksinasi booster kedua ada di Puskesmas Kecamatan dan RSUD. Gak perlu daftar, kamu tinggal bawa KTP atau tiket vaksinasi. Baca selengkapnya di sini.

Sudah dapat vaksin booster kedua? Berikut panduan vaksinasi di Jakarta untuk jadi acuan kamu jika ingin mendaftar. Baca di sini.

Vaksin Covid-19 sudah ada di depan mata. Mari kita gali lebih dalam alasan mengapa kamu harus vaksinasi Covid-19!

Apakah kamu masih ragu untuk divaksinasi? Tidak perlu khawatir. Vaksinasi Covid-19 ini aman dan punya banyak manfaat, loh.

Booster kedua Covid-19 sudah ada di fasilitas kesehatan Jakarta. Punya pertanyaan terkait pendaftarannya atau vaksin? Dapatkan jawabannya di sini.

Vaksin booster kedua udah ada di Jakarta! Apa aja sih manfaatnya? Cari tahu di sini, ya.