Sepuluh Karya Ismail Marzuki Dikenang Hingga Kini

JSC | 3 years ago

Siapa yang tidak pernah mendengar tembang Rayuan Pulau Kelapa, Sepasang Mata Bola dan Halo Halo Banding? Tembang klasik dengan semangat kebangsaan dan perjuangan karya Ismail Marzuki, salah satu komponis besar milik Indonesia yang menghasilkan karya-karya luar biasa. Bahkan karyanya masih dinyanyikan hingga kini oleh para musisi Indonesia. Begitu pula namanya diabadikan sebagai nama gedung kesenian di Jakarta.

Kejujuran hati dan kepedulian Ismail Marzuki terhadap keadaan bangsa saat itu terekspresikan dalam lirik lagu yang sederhana namun mempunyai syair harmoni yang kuat. Berikut 10 lagu ciptaan Ismail Marzuki yang masih dikenang hingga kini:

1. Gugur Bunga (1945) – Oldtimers

2. Rayuan Pulau Kelapa (1944) – Endank Soekamti

3. Juwita Malam (1950) – Slank

4. Indonesia Pustaka (1949) - Rossa

5. Wanita (1948) – Paul Latumahina

6. Sabda Alam (1950) – D’Masiv

7. Rindu Lukisan (1950)- Memes

8. Halo Halo Bandung (1946) – Cokelat

9. O Sarinah (1931) – Waldjinah

10. Sepasang Mata Bola (1946) - Sheila On 7

Dalam waktu rentang 27 tahun menjadi komponis, Ismail Marzuki telah menciptakan hingga 250 lagu. Banyak penghargaan seni yang diberikan kepada Ismail karena dedikasi, perjuangan dan kecintaannya pada Tanah Air. Salah satunya adalah Piagam Wijayakusuma yang diberikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1961.

Komunitas Masyarakat Peduli Indonesia (MPI) juga pernah merilis album kompilasi charity Tribute to Ismail Marzuki pada Agustus 2015 sekaligus memperingati 100 tahun kelahiran Ismail Marzuki, yang sebenarnya jatuh pada 2014. Beberapa persen dari hasil penjualan album akan disumbangkan untuk kegiatan sosial dan keluarga mendiang Ismail. (jsc-sy)

--- dari berbagai sumber ---

Artikel lainnya

Pentingnya Faktor Manusia untuk Membangun Kota Pintar

Smart city identik dengan penggunaan teknologi, mulai dari penggunaan berbagai aplikasi berbasis web atau sistem operasi di smartphone, hingga penerapan Internet of Things (IoT) pada berbagai aspek ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City