5 Fakta Mobil Vaksin Keliling di Jakarta

JSC | 2 months ago

Menapaki kuartal ketiga tahun 2021, program vaksinasi Covid-19 semakin intens dilaksanakan di penjuru Jakarta. Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan sebanyak 8 juta warga mendapatkan dosis vaksinasi. Target ini kemudian dikerucutkan lagi dengan 100.000 vaksin per hari di Jakarta. Sebagai langkah akselerasi program ini, mobil vaksin keliling pun hadir di tengah-tengah kita. Mobil vaksin keliling beroperasi dari pagi hingga sore di wilayah-wilayah ibu kota sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Apakah kamu salah satu warga Jakarta yang memanfaatkan fasilitas ini, Smartcitizen?

Melihat Mobil Vaksin Keliling Lebih Dekat

Mobil vaksin keliling diluncurkan di Balai Kota Jakarta pada 8 Juli 2021. Total ada 16 mobil vaksin keliling yang akan mendistribusikan vaksin ke seluruh Jakarta, lengkap dengan kru yang bertugas. Mobil vaksin keliling  merupakan hasil kolaborasi dengan Jakarta Experience Board, berbagai pemangku kepentingan, serta dunia usaha. 

Mobil-mobil ini akan menyambangi area-area di Jakarta dan memfasilitasi vaksinasi mulai dari pukul 8 pagi. Jadwal serta lokasi mobil vaksin keliling akan terus diperbarui setiap hari melalui fitur JakWarta di aplikasi JAKI (Jakarta Kini) serta media sosial Jakarta Smart City. Bagi Smartcitizen yang berniat vaksinasi di mobil vaksinasi keliling, disarankan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu lewat JAKI. Hal ini diperlukan karena stok vaksin yang dibawa oleh mobil vaksin keliling terbatas dan kuotanya disesuaikan dengan jumlah dosis yang akan diberikan per hari. Dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu lewat JAKI, calon penerima vaksin bisa mendapat kepastian mengenai jatah vaksinnya. Saat ini, vaksin yang didistribusikan dengan mobil vaksin keliling adalah Sinovac.

[Kelebihan Daftar Vaksinasi Covid-19 Lewat JAKI]

Cari Tahu Jadwal dan Lokasi Harian Mobil Vaksin Keliling lewat JakWarta

Kamu yang sudah menggunakan JAKI, pasti tidak asing dengan menu JakWarta. Yup, ini adalah pusat informasi resmi dan terkini dari Pemprov DKI Jakarta yang menyediakan segala info mengenai ibu kota setiap hari. Untuk memudahkan pengguna JAKI mencari jadwal harian mobil vaksin keliling, JAKI akan mengirimkan notifikasi setiap hari lewat handphone kamu sekitar pukul 8 pagi.

Selain lewat JakWarta, jadwal mobil vaksin keliling juga rutin disebarkan melalui akun Instagram, Facebook dan Twitter Jakarta Smart City. Pantau media sosialnya supaya tidak ketinggalan jadwal ya, Smartcitizen!

Bagaimana Cara Daftar Vaksinasi Mobil Vaksin Keliling?

Lewat aplikasi JAKI, pastinya! Pertama, pastikan sudah ada aplikasi JAKI di handphone kamu. Jika belum punya, unduh di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, ikuti langkah berikut:

  1. Ketuk banner Pendaftaran Vaksinasi Covid-19; 

  1. Isi NIK dan nama lengkap. Pendaftar usia 12-17 tahun dapat melihat NIK pada Kartu Keluarga;

  2. Khusus peserta di lokasi mobil vaksin keliling, masukkan kode dari petugas pada kolom yang disediakan;

  1. Isi identitas, alamat, kategori penerima vaksin, dan jadwal serta lokasi vaksinasi;

  2. Isi formulir pre-screening (berisi pertanyaan kesehatan yang diisi oleh calon peserta vaksinasi) dan unduh hasilnya beserta kartu vaksinasi. Kedua kartu ini wajib kamu cetak dan dibawa saat vaksinasi. 

Perlu kamu ketahui, antrean khusus pendaftar JAKI dibuka pada awal waktu operasional. Jadi, pastikan kamu sudah tiba di lokasi pada pukul 8 pagi. Tak hanya registrasi lewat JAKI, kamu juga bisa mendaftar vaksinasi melalui vaksinasi-corona.jakarta.go.id. Satu lagi, seluruh proses vaksinasi melalui mobil vaksin keliling tidak dipungut biaya sama sekali. Yuk, sebarkan informasi ini ke orang-orang di sekitarmu!

Siapa yang Bisa Menikmati Fasilitas Mobil Vaksin Keliling?

Warga Jakarta tentu menjadi target utama mobil vaksin keliling. Tapi, enggak hanya untuk warga Jakarta, kamu yang tinggal di daerah perbatasan Jakarta juga bisa menikmati mobil vaksin keliling. Selain itu, mereka yang berusia 12 tahun ke atas juga bisa ikut vaksinasi dengan mobil vaksin keliling. Jadi, kalau kamu punya adik atau kenal siapapun yang berusia 12 tahun ke atas, sarankan mereka untuk ikut mobil vaksin keliling, ya! Intinya, siapapun yang berkegiatan di Jakarta, baik ber-KTP DKI maupun tidak, bisa dilayani mobil vaksinasi keliling. Dengan beroperasi mobil vaksin keliling ini, diharapkan akses untuk vaksin Covid-19 lebih mudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat, kapan saja dan di mana saja.

Kolaborator di Balik Mobil Vaksin Keliling

Kehadiran mobil vaksin keliling tak lepas dari kolaborator yang mendukung di belakangnya. Dari total 16 unit mobil vaksin keliling, 5 di antaranya berasal dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 3 dari Polda Metro Jaya, 3 dari Kodam Jaya, 3 dari PT Magenta Media Tama, dan 2 dari Kemendikbudristek. Seluruh tenaga yang bekerja menyukseskan program ini juga lahir berkat kolaborasi dengan Aprindo, Apindo, Hippindo, serta Kadin.

Untuk kamu yang sudah divaksinasi, terima kasih ya! Langkah kecil tapi penting ini niscaya bisa membawa kita segera keluar dari pandemi. Bila kamu baru mendapat dosis pertama vaksinasi, pastikan kamu selalu up to date dengan informasi vaksin kedua. Bagi kamu yang masih mencari informasi vaksinasi Covid-19, semoga mobil vaksin keliling menjadi jawaban untuk ikhtiar baikmu ya, Smartcitizen!

 

 

------

Teresa Simorangkir

Artikel lainnya

Mengenal Lebih Dekat Vaksin AstraZeneca

Setelah masyarakat lanjut usia, kini saatnya masyarakat usia 18 tahun ke atas ikut ambil bagian dalam program vaksinasi Covid-19 di Jakarta. Tahukah kamu? Pada program vaksinasi massal kali ini, ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City