Fakta Penting Vaksinasi Covid-19 untuk 18 Tahun ke Atas

JSC | 2 months ago

Sudah lebih dari setahun kita berada di tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini pun masih belum berakhir. Per 16 Juni 2021, kasus aktif di Jakarta mencapai 20.311 kasus. Smartcitizen, kamu pasti ingin pandemi Covid-19 ini segera berakhir, kan? Untuk semakin mendekati herd immunity atau imunitas kelompok, vaksinasi Covid-19 sangat penting dilakukan agar pandemi Covid-19 segera berakhir. 

Vaksinasi Covid-19 sudah berlangsung di Jakarta hingga tahap 2 untuk para lansia. Sekarang, vaksinasi tahap 3 untuk warga DKI Jakarta berusia 18 tahun ke atas sudah dibuka. Kini saatnya giliran kamu untuk divaksinasi Covid-19 buat melindungi diri, orang terdekatmu, dan membantu menekan penyebaran Covid-19. 

Kamu bisa mendaftar vaksinasi Covid-19 secara mandiri melalui aplikasi JAKI (Jakarta Kini) dan web corona.jakarta.go.id. Berikut ketentuan dan cara mendaftar vaksinasi Covid-19 buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Ketentuan Pendaftaran Vaksinasi Covid-19

Untuk dapat mendaftar vaksinasi Covid-19, kamu harus pastikan ketentuan berikut ya:

  1. Berumur 18 tahun ke atas;

  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta atau memiliki surat keterangan berdomisili/bekerja di Jakarta;    

  3. Dalam kondisi sehat sebagai penerima vaksinasi.
    .    

Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Melalui JAKI dan Website

Kamu telah memenuhi ketentuan di atas? Jika sudah, pastikan kamu telah mengunduh JAKI di Google Play Store atau App Store, lalu ikuti langkah-langkah ini untuk mendaftar vaksinasi melalui JAKI:    

  1. Buka aplikasi JAKI atau kunjungi menu vaksinasi di website corona.jakarta.go.id;

  2. Jika kamu memilih untuk mendaftar melalui website, klik ‘Daftar Vaksinasi’ dan langsung ikuti langkah kelima di panduan ini;

  3. Pilih Buat Akun jika baru menggunakan JAKI, atau login jika sudah memiliki akun;

  4. Pada fitur Jakarta Tanggap Covid-19, pilih Vaksinasi atau ketuk banner vaksinasi Covid-19 di bagian atas aplikasi;

  5. Masukkan nomor NIK dan nama lengkap untuk pengecekan jadwal vaksinasi, setelah itu pilih Periksa;

  1. Jika muncul status “Belum Terdaftar”, segera pilih Daftar Vaksinasi Covid-19. Jika kamu mendapat notifikasi “belum bisa mendaftar”, itu artinya kamu belum sesuai dengan usia yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi. Kamu bisa menunggu tahapan vaksinasi berikutnya. Namun, jika berhasil, kamu akan menemukan formulir pendaftaran vaksinasi Covid-19 yang harus kamu lengkapi;


   

  1. Lengkapi formulir pendaftaran vaksinasi dengan mengisi informasi data diri seperti nama lengkap sesuai KTP, alamat sesuai KTP, status pekerjaan, dan lainnya. Pada pilihan status pekerjaan, kamu bisa lengkapi jenis pekerjaan serta wilayah bekerja;

 

  1. Pada tahap selanjutnya, kamu harus memilih lokasi vaksinasi serta jadwal vaksinasi sesuai dengan fasilitas kesehatan yang masih menerima kuota vaksinasi. Untuk mempermudah mobilitas, kamu bisa memilih lokasi vaksinasi yang terdekat dengan alamat domisilimu. 

Jika kuota vaksinasi di lokasi yang kamu pilih sudah penuh, ganti lokasi vaksinasi sesuai dengan fasilitas kesehatan yang masih membuka kuota vaksinasi. 

 

  1. Setelah itu, pastikan kembali data yang kamu masukkan dan centang kotak pernyataan setuju, lalu pilih kirim.
       

    

  1. Selesai!
       

Kamu kemidan bisa melakukan tahap Pre-screening untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar kondisi kesehatanmu. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu dan terus cek jadwal vaksinasi secara berkala melalui aplikasi JAKI. Jika sudah terjadwal, kamu akan mendapatkan status “Siap Vaksinasi” dan informasi berupa tanggal serta lokasi vaksinasi. 

Persiapan Sebelum Vaksinasi Covid-19

Waktu terbaik untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 adalah sesegera mungkin. Apalagi di tahap ketiga dengan persediaan vaksin yang terbatas. Tapi, sebelum divaksinasi Covid-19, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan siapkan, seperti:

  1. Pastikan kamu sudah berusia 18 tahun ke atas; 

  2. Tidak termasuk dalam kriteria kelompok yang tidak boleh menerima vaksin;

  3. Mendaftar secara mandiri melalui JAKI atau web corona.jakarta.go.id;

  4. Siapkan KTP atau surat keterangan domisili/bekerja di Jakarta jika tidak memiliki KTP DKI;

  5. Jaga kesehatan dengan istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi.

Menuju Bebas Pandemi Covid-19

Bebas dari pandemi Covid-19 tentunya hal yang ditunggu-tunggu. Kamu bisa jadi bagian dari gerakan menuju bebas pandemi Covid-19 dengan segera mengikuti program vaksinasi. Saatnya telah tiba. Kamu tidak perlu ragu lagi, karena vaksin Covid-19 yang disediakan sudah dipastikan aman. Cara mendaftar juga sangat mudah dengan JAKI, kamu hanya perlu mendaftar secara daring di rumah dan menunggu jadwal vaksinasimu. Jika ingin tahu berbagai informasi tentang vaksinasi Covid-19, kamu bisa mengunjungi web corona.jakarta.go.id ya. Yuk, selalu terapkan protokol kesehatan dan dukung vaksinasi Covid-19!

 

 

------

Siti Sarah Sofyaningrat

Artikel lainnya

Cara Melapor Kantor Pelanggar Aturan PSBB

Perjuangan untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 di Ibu Kota masih berlanjut. Agar langkah pencegahan dan penanganan dapat berjalan efektif, Pemprov DKI Jakarta menerapkan Pemberlakuan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City